Aplikasi Terminal untuk Windows

  1. Home
  2. Blog
  3. Aplikasi Terminal untuk Windows
BlogInformasi Teknologi

Aplikasi Terminal untuk Windows | Warung Komputer. Dibandingkan dengan command line yang di sediakan oleh Unix (Apple dan Linux), command prompt milik Windows tidak sehebat mereka, baik dalam segi fungsi perintah maupun tampilan. Namun, bagi kalian pengguna Windows tidak perlu khawatir, karena terminal-terminal berikut mengatasi kekurangan cmd.exe dengan kemampuan seperti Unix. Berikut adalah aplikasi terminal untuk Windows:

Aplikasi Terminal untuk Windows

Aplikasi Terminal untuk Windows

Cmder

Aplikasi Terminal untuk Windows

Cmder adalah sebuah terminal portable untuk pengguna Windows yang dibuat oleh Benjamin Staneck dan dibangun karena kurangnya emulator konsol yang baik di Windows. Cmder dibangun didasarkan dengan emulator konsol terkenal lainnya, ConEmu dan disempurnakan dengan Clink. Sehingga, dari penampilan dan fitur menggunakan ConEmu, sedangkan clink digunakan untuk perintah-perintah linux dan git. Kemampuan utama Cmder adalah portabilitas, karena benar-benar portable, pembaca dapat menjalankan Cmder dari USB drive yang pembaca gunakan tanpa menginstall file pada local hard drive . Selain itu, ada juga beberapa kelebihan dari Cmder, yaitu sebagai berikut:

  • Dapat mengakses ke beberapa shell dengan menggunakan satu jendela tab.
  • Konfigurasi pengguna Cmder Portable Shell, konfigurasi khusus pengguna dengan menggunakan file konfigurasi Cmder Shell yang spesifik.
  • Linux seperti ‘profile.d’ mendukung semua jenis shell yang didukung, pembaca dapat menulis skrip .cmd|.bat, .ps1, dan.sh lalu hanya letakkan di dalam folder %CMDER_ROOT%\config\profile.d untuk menambahkan konfigurasi startup ke Cmder.
  • Alias (nama lain), pembaca dapat mendefinisikan alias yang sederhana untuk sesi cmd.exe dengan perintah seperti nama alias=command .
  • Dan masih banyak lagi fitur-fitur menarik lainnya.

ConEmu

Aplikasi Terminal untuk Windows

ConEmu atau juga dikenali sebagai ConEmu-Maximus5 adalah emulator konsol Windows dengan tab, yang meyediakan beberapa konsol dan aplikasi GUI sederhana sebagai satu jendela GUI yang dapat disesuaikan dengan berbagai fitur.

Berikut adalah beberapa fitur dari ConEmu:

  • Kemampuan menjalankan GUI lainnya di dalam tab.
  • Mengubah ukuran jendela yang smooth dan friendly.
  • Teks dan blok selection yang user friendly.
  • BufferHeight, scrolling konsol buffer dengan menggunakan keyboard.
  • Drag and drop file dan folder di dalam Far Manager.
  • Dan fitur-fitur lainnya yang tentunya sangat menarik.

Babun

Aplikasi Terminal untuk Windows

Babun, sebuah aplikasi terminal yang dibuat oleh Lukasz Pielak hadir dengan bash dan zsh, menyediakan tools yang dapat digunakan oleh pemula dan pengguna tingkat lanjut. Babun dibangun diatas Cygwin (Cygwin sebagai dasarnya), mem-porting gaya antarmuka Unix ke Windows 10. Pembaca dapat menggunakan oh-my-zsh untuk mengkonfiguasi berbagai pilihan zsh, memberi pembaca kontrol lebih besar terhadap fungsi shell, juga termasuk pact package dan HTTP proxying.

Sumber: Codepolitan

Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.
blank

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

blank
Download Video di Facebook Lite dengan Mudah dan Cepat
blank
Belajar Use Case Diagram di UML

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu