Belajar Use Case Diagram di UML

  1. Home
  2. Blog
  3. Belajar Use Case Diagram di UML
BlogInformasi Teknologi

Belajar Use Case Diagram di UML | Warung Koputer. Hallo! Selamat datang kembali ke Tutorial UML. Nah, kali ini kami bakal membuat contoh dari diagram Use case. Bagi Kamu yang belum membaca artikel sebelumnya, silahkan baca terlebih dahulu di Pengenalan UML. Oke langsung kita mulai aja. Untuk softwate membuatnya, kami menggunakan UMLet

Belajar Use Case Diagram di UML

Belajar Use Case Diagram di UML

Use Case Diagram adalah gambaran graphical dari beberapa atau semua actor, use case, dan interaksi diantaranya yang memperkenalkan suatu sistem. Use case diagram tidak menjelaskan secara detil tentang penggunaan use case, tetapi hanya memberi gambaran singkat hubungan antara usecase, aktor, dan sistem.Didalam use case ini akan diketahui fungsi – fungsi apa saja yang berada pada sistem yang dibuat.

Cara Membuat

Belajar Use Case Diagram di UML

Setelah membuka UMLet silahkan klik bagian kanan atas lalu pilih Use Case.

Belajar Use Case Diagram di UML

lalu buatlah desain dengan cara men-drag komponen-komponen yang berada di kanan.

Belajar Use Case Diagram di UML

Berikut merupakan contoh dari Use Case Diagram

Belajar Use Case Diagram di UML

Element – elemen pada Use Case Diagram

Screenshot_17Actor : Mempresentasikan seseorang atau sesuatu(seperti perangkat,sistem lain) yang berinteraksi dengan sistem.Actorhanya berinteraksi dengan use case tetapi tidak memiliki kontrol atas use case.

Screenshot_14Use Case :Adalah gambaran fungsionalitas dari suatu sistem, sehingga customer atau pengguna sistem paham dan mengerti mengenai kegunaan sistem yang akan dibangun.

Screenshot_15Association :Menghubungkan link antar element.

Screenshot_16<<Include>> :Yaitu kelakuan yang harus terpenuhi agar sebuah event dapat terjadi, dimana pada kondisi ini sebuahuse caseadalah bagian dariuse caselainnya.

Relasi Dalam Use Case

Ada beberapa relasi yang terdapat pada use case diagram: 1. Association, menghubungkan link antar element. 2. Generalization, disebut juga inheritance (pewarisan), sebuah elemen dapat  merupakan spesialisasi dari elemen lainnya. 3. Dependency, sebuah element bergantung dalam beberapa cara ke element lainnya. 4. Aggregation, bentuk assosiation  dimana sebuah elemen berisi elemen lainnya.

Penjelasan

Pada use case diatas, actornya adalah guru pendidik dan tenaga kependidikan. Tugas – tugas dari setiap actor berbeda-beda, dan dicantumkan pada use case yang ada. Tetapi, sebelum mereka bisa melakukan tugas tersebut ada include yang mengharuskan mereka untuk login kedalam system.

Penutup

Oke, mungkin cukup yang kami sampaikan. Kami harap Kamu bisa mulai membuat desain sistem sendiri. Sampai jumpa lagi, nantikan juga tutorial – tutorial menarik dari kami selanjutnya!

Sumber: codepolitan

Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

Aplikasi Terminal untuk Windows
Tips Kompres Ukuran oneDrive

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu