Tutorial migrasi cPanel ke DirectAdmin

  1. Home
  2. Blog
  3. Tutorial migrasi cPanel ke DirectAdmin
BlogHostingTutorial
Proses migrasi dari cPanel ke DirectAdmin bisa kamu lakukan dengan memakai alat konversi. Karena saat ini belum tersedia alat konversi untuk memigrasikan akun Plesk ke DirectAdmin secara langsung.Tutorial migrasi cPanel ke DirectAdmin

Tutorial migrasi cPanel ke DirectAdmin

Terlebih dulu sebelum kamu melakukan migrasi pastikan menggunakan akun root untuk masuk. Ada beberapa hal lain yang harus dipertimbangkan antara lain:

  • DirectAdmin mendukung fitur yang berbeda dengan cPanel, seperti nginx atau openlitespeed, MySQL8, rspamd. Namun tidak memiliki dukungan terhadap PostgreSQL atau Ruby.
  • Panjang nama pengguna maksimal 16 karakter untuk MySQL secara default dan 10 karakter untuk pengguna sistem. Panjang nama penguna maksimal dapat ditingkatkan di /usr/local/DirectAdmin/conf/DirectAdmin.conf. Kamu dapat menemukan panjang maksimal nama pengguna kamu di cPanel dengan mudah:
ls /var/cpanel/users | awk '{print length, $0}' | sort -nr | head -n1

Kamu juga harus memastikan hardware server tujuan lebih besar atau sama dengan spesifikasi hardware sumber. Kamu dapat memilih berbagai konfigurasi dari server khusus atau CloudVPS. Pastikan juga Kamu telah masuk ke lisensi DirectAdmin serta memiliki jumlah alamat IPv4 yang sama di server tujuan dengan server sumber.

  • Silahkan buat cadangan semuakan cPanel kamu di server cPanel dan letakan di /home/all-bakups ( pastikan kamu memiliki cukup ruang untuk akun tersebut)
mkdir -p /home/all_backups
for user in `ls /var/cpanel/users/`; do { /scripts/pkgacct ${user} /home/all_backups; }; done
  • Silhakan transfer /home/all_backups ke DirectAdmin server
sync -avt --delete /home/all_backups/ root@your_DirectAdmin_server.com:/home/all_backups/

Jika sudah maka sekarang kamu sudah selesai dengan sever cPanel, selanjutnya untuk menghubungkan ke server DirectAdmin.

  • Silahkan konversikan semua cadangan ke format DirectAdmin, silahkan tempatkan di /home/admin/admin_backups dan tetapkan izin yang sesuai
  1. Instal skrip converter
mkdir -p /root/cpanel_to_da
wget -O cpanel_to_da.sh http://www.custombuild.eu/cpanel/cpanel_to_da.sh
hmod +x cpanel_to_da.sh
wget -O cpanel_da_roundcube.php http://www.custombuild.eu/cpanel/cpanel_da_roundcube.php.txt
wget -O php_sql_parser.tar.gz http://www.custombuild.eu/cpanel/php_sql_parser.tar.gz
tar xzf php_sql_parser.tar.gz
rm -f php_sql_parser.tar.gz
  1. Silahkan konversikan semua cadangan dan tempatkan di /home/admin/convert_backups
mkdir -p /home/admin/converted_backups
for i in `ls /home/all_backups/`; do { ./cpanel_to_da.sh /home/all_backups/$i /home/admin/converted_backups; }; done
chown -R admin. /home/admin/converted_backups
  • Pada saat ini kamu sudah memiliki backup DirectAdmin di /home/admin/convert_backups. Selanjutnya cukup untuk ke DirectAdmin “Admin Backup / Transfer” bagian, perksa “Backup / Restore Settings” di tingkat Admin dan mengembalikan semua backup dari “/direktori home/admin/convert_backups”.

Jika kamu memiliki cukup ruang, lebih baik beralih /home/all_backups/ masih ada di server DirectAdmin selama beberapa minggu atau bulan, jika ada sesuatu yang hilang DirectAdmin, kamu selalu memilikinya di cadangan tersebut.

Jika server cPanel kamu tidak memiliki cukup ruang, kamu dapat dengan mudah mentransfer akun satu per satu secara langsung ke folder induk di server baru. Cara ini paling mudah untuk melakukan ini yaitu dengan menghasilkan kunci SSH pada server cPanel dengan menggunakan

ssh-keygen

kemudian, kamu akan mendapatkan kunci kamu di /root/.ssh/id_rsa.pub. Kamu cukup menyalin konten kamu ke server DirectAdmin milik kamu, file /root/.ssh/authorized_keys (jika direktori /root/.ssh directory tidak ada silhakan kamu buat). Cara ini akan memungkinkan kamu untuk terubung ke server DirectAdmin tanpa menggunakan tanpa kata sandi (dari server cpanel kamu). Jika kamu sulit dnegan tahap diatas silahkan and adapt menggunakan ini untuk mempermudah

for user in `ls /var/cpanel/users/`; do { /scripts/pkgacct ${user} /home/all_backups; rsync -avt /home/all_backups/cpmove-${user}.tar.gz root@your_DirectAdmin_server.com:/home/all_backups/cpmove-${user}.tar.gz; rm -f /home/all_backups/cpmove-${user}.tar.gz ; }; done

Jika kamu masih bingung, silahkan segera hubungi kami untuk membantu kamu.

Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

blank
Cara Install Plugin Site Kit di WordPress
blank
Definisi Zoom Meeting dan Cara Menggunakannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu