Tips Mengatasi Black Screen Ketika Booting

  1. Home
  2. Blog
  3. Tips Mengatasi Black Screen Ketika Booting
BlogInformasi Teknologi

Tips Mengatasi Black Screen Ketika Booting | Warung komputer. Halo Sahabat Arena, kali ini kita jumpa lagi nih untuk membahas Tips Mengatasi Black Screen Ketika Booting.

Tips Mengatasi Black Screen Ketika Booting

Tips Mengatasi Black Screen Ketika Booting

Black screen merupakan keadaan dimana layar computer kamu hanya mengeluarkan warna hitam di seluruh layar. BIasanya black screen ini sering muncul pada saat booting Windows 10. Ini sangat mengganggu, belum lagi kita sulit mendiagnosa kesalahannya dimana karena tidak ada sama sekali informasi yang muncul. Untuk itu dalam artikel ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasiu black screen yang sangat menyusahkan pengguna.

Untuk memecahkan masalah pada computer, mulailah dengan pemeriksaan mendasar seperti memastikan kabel sudah tersambung dan monitor sudah dipastikan hidup. Kemudian dilanjutkan dengan langkah yang lebih jauh seperti boot ke safe mode untuk menghapus driver display.

1. Lakukan Pemeriksaan Dasar

Jika Anda mengalami black screen tidak ada apa-apa sama sekali, bahkan ketika komputer sedang booting pertama, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa koneksi display. Pastikan kabel terhubung dari PC ke monitor, dan tidak longgar. Jika masih belum, coba gunakan VGA yang lain.

Tips Mengatasi Black Screen Ketika Booting

Jika memungkinkan coba hubungkan monitor ke PC yang berbeda dan lihat apakah bekerja. Jika tidak, ada kemungkinan bahwa monitor Anda mengalami kerusakan. Atau coba dengan monitor lain, kalau masih tidak muncul gambar, berarti ada kesalahan pada PC.

2. Unplud Device

Pada komputer Anda, lepaskan semua perangkat eksternal Anda. Termasuk mouse, keyboard, hard drive eksternal, dan sebagainya. Restart komputer Anda dan lihat apakah Anda masih mengalami black screen. Jika tidak, pasang masing-masing perangkat dalam satu per satu sampai Anda menemukan apa yang menyebabkan masalah.

Tips Mengatasi Black Screen Ketika Booting

Jika ditemukan perangkat bermasalah, coba perbarui driver-nya.

3. Sesuaikan Pengaturan Proyeksi

Mungkin pengaturan proyeksi sistem anda tidak diatur dengan benar. Tekan tombol Windows + P untuk membuka menu Proyeksi. Dari atas ke bawah pilihannya adalah: PC screen only, Duplicate, Extend, dan Second screen only. Sementara yang pertama adalah default.

Tips Mengatasi Black Screen Ketika Booting

Tekan P untuk memindahkan pilihan ke bawah dan Enter untuk memilih. Ulangi ini empat kali untuk kembali ke pengaturan awal, dengan ini kemungkinan ada salah satu pengaturan yang pas.

4. Install Ulang Driver Display

Untuk menginstal ulang driver layar kita harus boot ke Safe Mode. Dalam safe mode hal yang bias Anda lakukan terbatas, namun ini bias menyelesaikan masalah untuk reinstall driver.

Lakukanlah langkah-langkah di atas, jika memang masih black screen, mungkin ada penyebab yang belum diketahui. Selamat mencoba.

Sumber: pintarkomputer

Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.
blank

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

blank
Beberapa Hal Tentang Edge berbasis Chromium
blank
Cara Membuat Start Screen Windows 8.1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu