Linux Command Line DiHadirkan di Windows 10 | Warung Komputer

Linux Command Line DiHadirkan di Windows 10

  1. Home
  2. Blog
  3. Linux Command Line DiHadirkan di Windows 10
BlogInformasi Teknologi

Linux Command Line DiHadirkan di Windows 10 | Warung Komputer. Baru saja beberapa waktu lalu Warung Komputer mereview CASH, software Bash shell third party seperti Cygwin yang membawa Linux Command Line ke Windows.

Linux Command Line

Linux Command Line DiHadirkan di Windows 10

Kini melalui event BUILD 2016 kemarin Microsoft mengumumkan telah bekerja sama dengan Canonical (perusahaan dibalik distro Linux Ubuntu) untuk membawa Linux Command Line ke Windows 10 secara built-in. Kehadiran Linux Command Line ke Windows memang sudah dirindukan banyak pengguna, khususnya para open source developer, dan dihadirkannya Bash shell ke Windows tentu menjadi kabar yang sangat mengejutkan.

Menjalankan Linux Command Line, di Windows

Linux Command Line

Bash di Windows ini bukan VM, bukan juga cross-compiled tools, tetapi benar-benar native dan terintegrasi dengan Windows. Ini artinya kamu bisa menjalankan Bash script, Linux command line seperti sed, awk, grep, dsb. Bahkan kamu juga bisa menjalankan Linux tool seperti Ruby, Git, Python, dsb. Dan tentu saja kamu bisa memanajemen file sama seperti yang bisa kamu lakukan di Linux.

Powered by Ubuntu

Linux Command Line

Bash dan Linux Command Line yang diintegrasikan di Windows 10 merupakan hasil pengembangan bersama antara Microsoft dan Canonical, dimana tentu saja yang dibawa merupakan Bash dari Ubuntu. So gaes, buat kamu yang terbiasa menggunakan Terminal di Ubuntu, maka kamu bakal familiar untuk menggunakan Bash Command Line di Windows 10.

Untuk Developer Toolset, Bukan Server

Linux Command Line

Jika kamu basisnya adalah server admin seperti saya, mungkin tangan kamu gatal untuk segera setup server melalui Bash di Windows. Tetapi maap gaes, karena Linux Command Line di Windows 10 ini diperuntukkan sebagai developer toolset, bukan untuk server. Fungsi utama dan tujuannya adalah untuk memudahkan kamu dalam development dan menyiapkan environment seperti yang bisa kamu lakukan di Linux, langsung dari Windows. Ini bakal sangat memudahkan open source developer yang terbiasa menggunakan Ruby, PHP, Python, dsb.

Tidak Bisa Berinteraksi dengan Windows App

Bash dan Linux tool ini tidak bisa berinteraksi dengan aplikasi Windows dan sebaliknya. Misalkan saja kamu tidak bisa menjalankan Notepad dari Bash, atau menjalankan Ruby melalui Bash dari PowerShell.

Tidak Bisa Berinteraksi dengan Windows App

Bash dan Linux tool ini tidak bisa berinteraksi dengan aplikasi Windows dan sebaliknya. Misalkan saja kamu tidak bisa menjalankan Notepad dari Bash, atau menjalankan Ruby melalui Bash dari PowerShell.

Microsoft Love Linux

Linux Command Line

Diintegrasikannya binary Ubuntu dan Linux Command Line di Windows 10 benar-benar membuktikan bahwa Microsoft memang mencintai Linux, persis seperti yang mereka kumandangkan sejak di BUILD 2015 lalu.

Windows 10 untuk Developer

Ditanamkannya Linux Command Line di Windows 10 membuktikan bahwa Microsoft ingin Windows 10 selalu terdepan sebagai OS untuk developer.
Bagaimana tanggapan kamu dengan ditanamkannya Linux Command Line di Windows 10? Apakah kamu penasaran dan ingin segera mencobanya?

Sumber: Winpoin

 

Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

Tutorial Export Power Plan Di Windows 10
Ini Aplikasi Pengganti WhatsApp yang Sering Error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu