Ketika Percakapan Pelanggan Menopang Bisnis Perusahaan

  1. Home
  2. Blog
  3. Ketika Percakapan Pelanggan Menopang Bisnis Perusahaan
BlogInformasi Teknologi

Ketika Percakapan Pelanggan Menopang Bisnis Perusahaan | Warung Komputer. Di tengah bisnis yang berpusat pada konsumen atau pelanggan, memahami dan memperoleh insight mereka adalah prioritas. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan Social Listening Tools. Dan insight tersebut dapat dimanfaatkan oleh berbagai sisi bisnis.

Ketika Percakapan Pelanggan Menopang Bisnis Perusahaan

Ketika Percakapan Pelanggan Menopang Bisnis Perusahaan

DENGARKAN sebelum bicara, begitu nasihat bijak orang tua kita dulu. Sebagai individu, kita mungkin sudah belajar bagaimana mendengar dan berkomunikasi dengan baik. Namun brand, organisasi, atau perusahaan tidak selalu bisa mendengarkan apa yang dikatakan pengguna, konsumen, atau pelanggannya.

Organisasi atau perusahaan akan makin sulit mendengarkan saat memasuki ranah media sosial (medsos). Padahal medsos saat ini telah menjadi ekosistem penting yang tak bisa diabaikan dalam bisnis. Jika kita amati, percakapan atau interaksi antar pengguna medsos menghasilkan data dalam jumlah besar tapi tersebar. Data yang dihimpun dari interaksi pengguna medsos itu sesungguhnya sangat berpotensi bagi bisnis.

Di sinilah dibutuhkan kemampuan “menguping” di medsos atau social (media) listening. Kemampuan ini penting bagi pelaku bisnis masa kini yang sebagian besar aktivitas pemasarannya dilakukan di medsos.

Bermanfaat Bagi Semua Sisi Bisnis

“Social media listening ini penting sekali, terutama untuk industri-industri yang sensitif terhadap isu publik, misalnya produsen susu bayi, perusahaan finansial, atau perusahaan teknologi,” jelas Tahu Nugraha, Chief Operating Officer, Upnormals Pingfans.

Pakar dan trainer digital marketing ini menambahkan bahwa Social Listening Tools sebenarnya bisa diterapkan di berbagai bidang. Di sektor pertambangan misalnya, social media listening digunakan untuk mapping stakeholder. “Mereka gunakan, misalnya untuk memetakan siapa pengambil keputusan, siapa opinion leader di komunitas tertentu. Bahkan tools ini juga dapat dimanfaatkan di bidang politik dan LSM,” papar Tuhu.

Social Listening Tools penting untuk berbagai sisi bisnis, mulai dari reputation management, product development, competitor analysis, dan business intelligence. Tuhu mencontohkan satu produsen kopi terkenal yang membuat mesin espresso rumahan berkat insight dari medsos. Bahkan insight yang didapat dari nguping di medsos ini juga dapat digunakan untuk menelusuri masalah di rantai distribusi.

“Tapi di Indonesia kebanyakan bisnis pakai ini untuk yang berkaitan dengan public image, hanya sekadar mengukur berapa banyak sentimen positif, netral, atau negatif,” ungkap Tuhu. Mengukur sentimen memang penting tapi Tuhu menyayangkan kalau data yang dihasilkan dari tools yang harganya mahal hanya untuk itu, dan ujungnya hanya mengantisipasi isu dan mencegah krisis.

Sumber : Majalah InfoKomputer Oktober 2019

Tags: , ,
Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

Lakefield, Prosesor Bersusun 3D Hemat Energi
SMARTPHONE Samsung Galaxy M30 Peningkatan Minor, tetapi Menarik

Kategori Artikel

Archives

Menu