Kelebihan dan Kekurangan antara HDD dan SSD

  1. Home
  2. Blog
  3. Kelebihan dan Kekurangan antara HDD dan SSD

Kelebihan dan Kekurangan antara HDD dan SSD

Kelebihan dan Kekurangan antara HDD dan SSD

Kelebihan dan Kekurangan antara HDD dan SSD

Selama ini Harddisk Drive atau biasa disebut HDD telah menjadi media penyimpanan PC Desktop maupun Laptop. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, media penyimpanan pun ikut berkembang, salah satunya SSD. Belakangan ini banyak orang beralih dari HDD ke SSD (Solid State Drive). Keunggulan yang paling utama dari SSD ialah kemampuan membaca dan menulis data yang 8 kali lebih cepat atau lebih daripada HDD.

Meskipun begitu kedua hardware ini memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai media penyimpanan data. Berbeda dengan Harddisk yang menggunakan piringan, SSD menggunakan sebuah chip untuk menyimpan atau mentransfer data, sehingga jauh lebih cepat daripada Harddisk. Lalu sejauh mana perbedaan HDD dan SSD ? Berikut Ulasannya!

1. Ukuran dan Berat

Komponen dan material yang terdapat pada HDD berbeda dengan SSD, hal tersebut juga membuat ukuran dan berat keduanya berbeda. HDD menggunakan piringan magnetis untuk menyimpan datanya sedangkan SSD menggunakan sebuah chip.

Dari perbedaan komponen yang sudah saya sebutkan diatas, SSD tentu memiliki ukuran yang lebih kecil daripada HDD. Kebanyakan SSD jaman sekarang memiliki ukuran 2.5 inci, sedangkan HDD 3.5 inci.

2. Prinsip Kerja

Pada HDD, proses pengolahan data terjadi karena sinergi antara aktivitas mekanik elektrik, dimana piringan diputar oleh motor dan ujung dari lengan yang terhubung ke komponen elektrik yang mengolah data menempel pada piringan yang berputar dan melakukan aktivitas pengolahan data (membaca & menulis). Sedangkan pada SSD, hanya terdapat komponen elektronik seperti IC (Integrated Circuit), micro chip dan kapasitor, sehingga semua proses pembacaan dan penulisan data dilakukan secara elektrik sama seperti proses yang terjadi pada Flashdisk dan RAM.

3. Kecepatan Baca dan Tulis Data

Disinilah perbedaan yang paling signifikan antara HDD dan SSD. PC yang menggunakan SSD dapat melalui proses booting dengan sangat cepat dibandingkan dengan PC yang menggunakan HDD. Faktor tersebut dikarenakan SSD tidak menggunakan piringan berputar, dimana faktor mekanik tersebut yang menyebabkan kemampuan HDD menjadi terbatas.

Baca juga : Cara Merawat Laptop Agar Terhindar Virus dan Overheat

4. Efek Yang Ditimbulkan 

HDD merupakan unsur mekanik, sehingga efek yang ditimbulkan antara lain :

  1. Panas yang berlebihan
  2. Konsumsi daya yang tinggi
  3. Noise karena putaran piringan

Sedangkan SSD tidak menggunakan unsur mekanik, sehingga efek yang ditimbulkan sebagai berikut :

  1. Panas pada SSD tidak setinggi HDD
  2. Konsumsi daya yang lebih kecil dibandingkan HDD
  3. Tidak terdapat noise karena tidak adanya putaran piringan

5. Fragmentasi

HDD sangat baik untuk menyimpan file-file yang berukuran besar yang terletak pada blok yang berdekatan. Namun ketika kapasitas HDD mulai penuh, file-file yang telah disimpan dapat terpencar, hal tersebut dinamakan fragmentasi. Efeknya ialah turunnya kinerja dari HDD itu sendiri. Untuk memulihkannya, perlu melakukan defrag. Sedangkan pada SSD, kita tidak perlu pusing memikirkan persoalan tentang fragmentasi, karena data tersimpan pada micro chip.

6. Durability

Dari segi ketahanan, SSD memiliki durability yang lebih oke ketimbang HDD. Namun, jika kamu dapat merawat HDD mu dengan baik dan benar, maka HDD tersebut dapat bertahan lumayan lama.

7. Harga

Karena SSD kinerjanya jauh lebih cepat daripada HDD, otomatis harganyapun lebih mahal. Sebagai contoh, sebuah SSD dengan kapasitas 120GB memiliki harga dikisaran 600-700 ribuan, dimana pada harga yang sama kamu dapat membeli sebuah HDD berkapasitas 1TB.

Jika kamu memiliki uang lebih dan mementingkan kinerja yang lebih cepat saat proses booting maupun transfer data, tidak ada salahnya kamu membeli SSD demi kenyamanan pribadi. Namun jika menurutmu HDD masih cukup, tidak apa-apa.

Sekian yang bisa saya bagikan, semoga dapat membantumu yang akan membeli HDD atau SSD. Semoga bermanfaat.

Sumber : https://mixotekno.com/7-perbedaan-hdd-dan-ssd/

Keyword : Kelebihan dan Kekurangan antara HDD dan SSD Kelebihan dan Kekurangan antara HDD dan SSD Kelebihan dan Kekurangan antara HDD dan SSD Kelebihan dan Kekurangan antara HDD dan SSD Kelebihan dan Kekurangan antara HDD dan SSD Kelebihan dan Kekurangan antara HDD dan SSD

, ,
Previous Post
Tips Mengatasi HP Android yang Lemot dan Error
Next Post
Kelebihan pada Android Nougat versi 7.0

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Menu