Cara Scan Dokumen Jadi Teks di Android

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Scan Dokumen Jadi Teks di Android

Cara Scan Dokumen Jadi Teks di Android

WarungKomputer.com-Buat kamu yang sedang sekolah, kuliah atau bekerja mungkin sangat membutuhkan scan dokumen dengan cepat dan mudah. Berkat kecanggihan smartphone android, kamu pun bisa langsung menggunakannya kapan saja dan di mana saja.

Nggak hanya memfoto dan mengubah ke dalam format gambar seperti .jpeg atau .png saja loh. Kamu bisa scan dokumen langsung jadi teks di Android guys. Dengan menggunakan aplikasi Text Fairy (OCR Text Scanner)berikut adalah cara selengkapnya.

Cara Scan Dokumen Jadi Teks di Android

Text Fairy (OCR Text Scanner) menggunakan metode OCR atau Optical Character Recognition yang mampu mengenai tulisan dalam sebuah gambar ke dalam teks digital. Nah untuk menggunakannya kamu perlu kamera smartphone yang mumpuni ya.

  • Pertama kali kamu wajib men-download aplikasi Text Fairy (OCR Text Scanner) yang dikembangkan Renard Wellnitz di Google Play Store. Aplikasi ini gratis loh!
Text Fairy (OCR Text Scanner) 2.0.7
Apps Productivity Renard Wellnitz
DOWNLOAD
  • Kemudian saat membuka Text Fairy, kamu akan menemukan beberapa pemberitahuan. Seperti aplikasi ini tidak bisa untuk menerjemahkan, hasil foto yang digunakan harus tajam dan tidak bisa untuk tulisan tangan. Jika kamu mengerti silakan tekan Oke guys.
  • Pada tampilan utama kami sarankan untuk men-download bahasa yang hendak kamu gunakan. Tekan tombol Download Your Languange dan pilih Indonesian lalu tap Download. Tunggu sampai proses download selesai.

  • Untuk memulai scan, kamu bisa tap ikon kamera untuk mengakses kamera. Kamu juga bisa tap ikon Galeri untuk memilih foto yang tersedia padamemori smartphone kamu.

  • Jika sudah melakukan proses foto, selanjutnya tinggal crop bagian yang hendak kamu scan. Kamu bisa menggeser titik biru pada bagian foto. Jika sudah tinggal tap ikon panah biru pada bagian pojok kanan bawah layar.

  • Selanjutnya kamu tinggal memilih jumlah kolom yang telah kamu foto. Kamu juga bisa memilih bahasa yang kamu scan dengan mengubahnya pada menu pop-down di bawah. Untuk memulai proses tap tombol Start.
  • Kamu juga bisa melihat proses aplikasi Text Fairy (OCR Text Scanner) dalam melakukan scandokumen langsung jadi teks. Tunggu sampai proses selesai ya guys.
  • Terakhir kamu bisa memilih opsi untuk membagikan, menyalin atau menjadikannya file pdf. Kamu pun juga bisa beralih ke dalam mode gambar atau menerjemahkannya secara langsung di Google Translate loh.

Akhir Kata

Nah itulah Cara Scan Dokumen Jadi Teks di Android. Gimana mudah bukan? Setelah menggunakan kamu bisa jadi semakin produktif dan nggak perlu ribet lagi. Selamat mencoba!

SUMBER:
jalantikus.com

, , ,
Previous Post
Cara Mendapatkan Uang Dengan Menonton YouTube
Next Post
Cara Screenshot Potret di Komputer

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Menu