Cara Rollback ke Windows 10 Sebelumnya

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Rollback ke Windows 10 Sebelumnya

Cara Rollback ke Windows 10 Sebelumnya

WarungKomputer.com-Ketika kamu update Windows 10 ke versi terbaru misalnya saja ketika update mayor ke Spring Creators Update, sistem akan membuat folder yang bernama Windows.old dimana folder ini berisikan komponen lama pada Windows 10 versi sebelumnya dan difungsikan sebagai backup. Folder backup ini dapat memungkinkan kamu untuk kembali / rollback jika kamu mengalami masalah pada versi Windows 10 yang terbaru.

Jika kamu ingin kembali ke versi Windows 10 sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

  • Pastikan kamu tidak menghapus folder Windows.old (entah itu menghapusnya melalui Disk Cleanup atau dengan aplikasi pihak ke-3)
  • Pastikan kamu memiliki ruang yang cukup pada partisi sistem. Dianjurkan tersedia ruang penyimpanan setidaknya 2x lebih besar dari folder Windows.old
  • Rollback ini tidak akan berpengaruh pada personal file yang ada. Tetapi tetap dianjurkan untuk melakukan backup terlebih dahulu.
  • Rollback ini akan menghapus semua pengaturan yang ada pada Windows 10 yang digunakan saat ini.

Cara Rollback ke Windows 10 Sebelumnya

Buka Settings lalu navigasi ke Update & Security – Recovery. Pada panel kanan, klik opsi Get Started pada menu Go back to the previous version of Windows 10′.

Selain melalui Settings, kamu juga dapat melakukannya melalui Advanced Startup Options. (opsi rollback terletak pada Troubleshoot – Advanced options – See more recovery options – Go back to the previous build)

Selanjutnya kamu tinggal mengikuti instruksi yang ada dilayar. Jika kamu mendapatkan pesan ‘We’re sorry, but you can’t go back’ atau tidak dapat melakukan rollback, itu berarti sudah lebih dari 10 hari semenjak kamu update ke versi Windows 10 terbaru. Karena setelah 10 hari, sistem akan otomatis menghapus komponen file Windows 10 sebelumnya (kamu dapat menggunakan Disk Cleanup jika ingin membersihkannya secara keseluruhan).

Akhir Kata

Nah itulah tadi Cara Rollback ke Windows 10 Sebelumnya. Jadi jika kamu ingin rollback, maka opsi lainnya adalah menginstall versi Windows 10 sebelumnya secara manual, bisa kamu coba sendiri. Selamat mencoba guys.

SUMBER:
winpoin.com

, , ,
Previous Post
Cara Blokir Nomor HP di Smartphone
Next Post
Cara Ganti HP Android dengan Aplikasi

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Menu