Cara Menyambungkan HP Android ke TV

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Menyambungkan HP Android ke TV
BlogTutorial Android

Cara Menyambungkan HP Android ke TV

WarungKomputer.com-Smartphone dan televisi (TV) sejatinya adalah dua perangkat teknologi yang berbeda. Seiring terus berkembangnya teknologi, konvergensi alias penggabungan antar keduanya tampak semakin jelas terlihat.

Sebelum masuk lebih dalam, yang ingin kami ulas kali ini adalah Cara Menyambungkan HP Android ke TV. Cara ini bisa kamu lakukan baik dengan menggunakan kabel maupun tanpa kabel.

Cara Menyambungkan HP Android ke TV

Konvergensi yang sudah kami sebutkan di atas memang semakin terlihat. Dengan semakin berkembangnya smartphone, bahkan fungsi utama televisi kini sudah bisa diakomodir. Ya, pengguna smartphone kini bisa dengan mudah di mana saja menonton tayangan televisi di HP. Meski sudah berpuluh tahun lebih dulu hadir sebelum smartphone, gak bisa dipungkiri bahwa keberadaan TV terancam oleh adanya smartphone.

Meski demikian, hadirnya berbagai televisi pintar keluaran terbaru yang dilengkapi berbagai fitur ala smartphone seakan menjadi seruan dari perangkat tersebut dalam menolak ‘kepunahan’. Yang jelas, percampuran antar dua perangkat ini jadi salah satu fenomena menarik di dunia teknologi.

Manfaat Melakukan Cara Menyambungkan HP ke TV

Di sini Jaka gak akan membahas lebih jauh mengenai konvergensi smartphone dan TV, tapi Jaka akan balik lagi ke topik utama yang ingin Jaka bagikan yaitu mengenai cara menyambungkan HP ke TV. Sebelum masuk ke caranya, mari kita bahas sedikit apa manfaat jika dua perangkat ini disambungkan.

cara-menyambung-hp-ke-tv

Sumber foto: TechCrunch

Manfaat menyambungkan dua perangkat ini antara lain adalah menjadikan aktivitas yang kamu lakukan di HP lebih nyaman karena bisa kamu lakukan di layar TV yang tergolong lebih lebar, apalagi jika TV kamu sudah memiliki kualitas layar HD, ultra HD atau lebih tinggi.

Aktivitas seperti gaming atau nonton film bareng teman dan kerabat tentu akan lebih menyenangkan jika dilakukan di layar TV.

Cara Menyambungkan HP Android ke TV dengan Kabel

Setelah mengetahui manfaat menggabungkan keduanya, Jaka akan terlebih dulu memulai dengan cara menghubungkan HP ke TV dengan menggunakan bantuan kabel.

Untuk itu, kamu membutuhkan sebuah kabel HDMI to HDMI untuk bisa melakukannya.

cara-menyambung-hp-ke-tv-dengan-kabel

Sumber foto: Amazon

Setelah memiliki kabel HDMI yang dibutuhkan serta memastikan kabel tersebut kompatibel dengan smartphone maupun TV kamu, maka kamu bisa mulai mencoba menghubungkan kedua perangkat. Langsung aja ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama-tama, kamu perlu terlebih dulu mematikan televisi.

  • Hubungkan smartphone Android dengan TV menggunakan kabel HDMI yang sudah tersedia. Ujung yang kecil untuk dicolok ke smartphone, sedangkan ujung yang besar untuk dipasang ke socket TV yang bertuliskan HDMI.

  • Jika sudah terpasang, nyalakan kembali TV yang sebelumnya sudah kamu matikan. Lanjutkan dengan memindahkan saluran ke menu HDMI.

  • Beralih ke smartphone, aktifkan menu HDMI Connection yang ada di smartphone dengan memberi checklist alias tanda centang pada opsi tersebut.

  • Tampilan layar smartphone kamu kini sudah sama dengan apa yang ada di tampilan layar TV. Dengan kata lain, kedua perangkat sudah terhubung alias tersambung.

Cara Menyambungkan HP Android ke TV Tanpa Kabel

Jika sebelumnya menggunakan bantuan kabel, kali ini giliran kamu mencoba cara menghubungkan HP Android ke TV tanpa menggunakan kabel. Ada dua cara atau metode yang bisa kamu lakukan.

Cara Menyambung HP ke TV Menggunakan Chromecast

Cara ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan Chromecast. Chromecast sendiri adalah sebuah alat dari Google untuk dapat menikmati koneksi internet dan melakukan streaming. Alat yang satu ini wajib dimiliki jika kamu mempunyai sebuah smart TV.

cara-menyambung-hp-ke-tv-chromecast

Sumber foto: soonev

Jika sudah menghubungkan Chromecast ke smart TV yang kamu punya, kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Instal aplikasi Google Home di smartphone Android kamu. Salah satu fitur dalam aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengontrol Chromecast. Langsung aja download melalui link yang Jaka sediakan di bawah ini.
blank
Google Home for Android
Apps Desktop Enhancement Google Inc.
DOWNLOAD
  • Selanjutnya, aktifkan WiFi di smartphone kamu.

  • Beralih ke TV kamu, pindahkan saluran ke HDMI dengan remote yang kamu miliki.

  • Kamu akan diminta melakukan proses sinkronisasi dengan memasukkan kode yang muncul di layar TV. Masukkan kode tersebut dan seketika, smartphone dan TV kamu akan terhubung.

Cara Menyambung HP ke TV Menggunakan AllShare

cara-menyambung-hp-ke-tv-all-share

Sumber foto: Okdiario

Cara yang satu ini sayangnya hanya bisa digunakan untuk kamu pengguna smartphone Samsung Galaxy Series. Jika kamu termasuk salah satunya, maka Jaka sarankan untuk kamu memilih cara yang satu ini.

AllShare adalah sebuah fitur yang disematkan pada setiap seri smartphone Samsung Galaxy untuk bisa sharing layar antara smartphone dengan televisi hanya dengan sekali klik.

Akhir Kata

Itulah Cara Menyambungkan HP Android ke TV. Kini aktivitas gaming, nonton film atau aktivitas seru lainnya jadi makin seru setelah kamu bisa sharing layar antara smartphone dan TV kamu. Selamat mencoba!

SUMBER:
jalantikus.com

Tags: , , ,
Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.
blank

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

blank
Cara Mencegah Bug Meltdown dan Spectre di Android
blank
Cara Merawat Smartphone Xiaomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu