Cara Mengecek Data Facebook Kamu di Curi atau Tidak

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Mengecek Data Facebook Kamu di Curi atau Tidak

Cara Mengecek Data Facebook Kamu di Curi atau Tidak

WarungKomputer.com-Facebook tengah panas akibat skandal pencurian data yang melibatkan banyak pengguna Facebook di seluruh dunia. Termasuk juga di Indonesia ada lebih dari 1 juta data pengguna terdampak kasus Cambridge Analytica.

Kasus ini menyeret isu pemenangan Donald Trump pada Pilpres Amerika Serikat 2016 lalu. Lalu bagaimanakah cara untuk mengecek data kamu dicuri Facebook atau tidak?

Cara Mengecek Data Facebook Kamu di Curi atau Tidak

Kasus Cambridge Analytica ini menyebutkan bahwa data-data pengguna Facebook dikumpulkan melalui aplikasi tes psikologi This is Your Digital Life. Dengan mekanisme yang menarik, aplikasi ini tentu dapat dengan mudah ke teman lain melalui jejaring facebook.

Cara Mengecek Data Facebook Kamu di Curi atau Tidak

Sumber foto: thewire.in

Nah, Indonesia sendiri memiliki basis pengguna Facebook yang besar di dunia dan tercatat ada sekitar 115 juta pengguna aktif per kuartal kedua 2017 lalu. Dengan 1 juta data pengguna Facebook Indonesia terdampak, tentu kamu merasa khawatir kan?

Facebook telah mengambil langkah untuk memberi tahu penggunanya apakah datanya terdampak dalam kasus ini atau tidak. Untuk mengeceknya, kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut guys.

Cara 1: Notifikasi Protecting Your Information di Timeline

Mulai 9 April lalu dan hingga saat in, Facebook sudah mempublikasikan notifikasi yang bertajuk Protecting Your Information yang terdapat pada timeline. Sebagai contohnya, dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini.

Cara Mengecek Data Facebook Kamu di Curi atau Tidak

Sumber foto: facebook.com

Jika data kamu terdampak, maka akan muncul pilihan See How You re Affected. Di sini kamu dapat melihat kembali aplikasi dan website mana saja yang sudah mengakses data kamu. Selain itu ada opsi untuk menghapus aplikasi juga guys.

Sebaliknya jika data kamu tetap aman, maka Facebook akan memunculkan pilihan Go To Apps and Website. Kamu bakal dibawa ke laman aplikasi dan website yang pernah kamu kunjungi menggunakan Facebook.

Cara 2: Cek Sendiri di Laman Help Centre Facebook

Jika kamu belum mendapatkan notifikasi seperti langkah sebelumnya, kamu dapat mengeceknya sendiri dengan mengunjui laman Help Centre Facebook. Untuk lebih mudahnya kamu bisa mengunjungi tautan: https://www.facebook.com/help/1873665312923476?helpref=search&sr=1&query=cambridge

Cara Mengecek Data Facebook Kamu di Curi atau Tidak

Selanjutnya kamu akan dibawa ke laman bertuliskan Bagaimana cara mengetahui bahwa info saya telah dibagikan dengan Cambridge Analytica .

Kamu bisa langsung mengecek kolom Apakah informasi saya dibagikan? . Jika memang data kamu tidak disalahgunakan maka akan bertuliskan sebagai berikut.

Berdasarkan catatan kamu, Anda maupun teman kamu belum pernah mengakses This Is Your Digital Life sebelumnya.
Karenanya, informasi Facebook Anda tidak dibagikan dengan Cambridge Analytica melalui This Is Your Digital Life .

Akhir Kata

Nah begitulah Cara Mengecek Data Facebook Kamu di Curi atau Tidak oleh Cambridge Analytica. Ke depannya lagi, kamu sebaiknya lebih berhati-hati dalam membagikan data di sosial media. Selamat mencoba guys!

SUMBER:
jalantikus.com

, , ,
Previous Post
Cara Mengamankan Game Dan Software Dengan Password
Next Post
Cara Merubah Tampilan Youtube Jadi Semakin Canggih

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel Terbaru

Kategori Artikel