Cara Memunculkan Flashdisk yang Tidak Terdeteksi di Windows

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Memunculkan Flashdisk yang Tidak Terdeteksi di Windows
BlogTutorial Komputer

Flashdisk akan secara otomatis muncul di Windows Explorer ketika Anda menghubungkannya ke komputer Anda. Ikuti langkah di bawah ini,  jika Windows tidak dapat menampilkan Flashdisk.

Mendiagnosis Masalah

Jika Flashdisk terhubung ke komputer dan Windows tidak muncul di file manager, Anda harus terlebih dahulu periksa Disk Management.

Untuk membuka Disk Management pada Windows 8 atau 10, klik kanan Start dan pilih “Disk Management”. Pada Windows 7, tekan Windows + R untuk membuka dialog Run, ketik diskmgmt.msc, dan tekan Enter.

Cara Memunculkan Flashdisk yang Tidak Terdeteksi di Windows

Periksa daftar disk di jendela disk manajemen dan cari drive flashdisk Anda. Jika itu tidak muncul di Windows Explorer, cari disk yang sesuai dengan ukuran flashdisk Anda. Kadang, ditandai sebagai “Removable”.

Pada gambar di bawah, removable drive saya di “Disk 3”.

Cara Memunculkan Flashdisk yang Tidak Terdeteksi di Windows

Jika Anda tidak melihat drive di jendela Disk Manajemen sama sekali, cobalah langkah pemecahan masalah berikut:

  • Power On Driveb: Beberapa harddisk eksternal memiliki switch atau kabel listrik yang terpisah. Jika Anda menggunakan drive yang lebih besar, pastikan kabel power terhubung, karena hardisk eksternal membutuhkan power tambahan.
  • Colokkan Ke Port USB yang berbeda: Coba cabut drive eksternal dan hubungkan ke port USB yang berbeda pada komputer Anda. Kemungkinan bahwa port USB pada komputer sudah mati.
  • Hindari penggunaan USB Hub: Jika Anda memasukkan Flashdisk ke USB hub, coba hubungkan langsung ke salah satu port USB komputer Anda sebagai gantinya. Ini mungkin USB hub tidak menyediakan daya yang cukup.
  • Coba Komputer yang lain: Coba hubungkan Flashdisk ke komputer yang berbeda dan lihat apakah komputer lain mendeteksinya.

Mudah-mudahan, ini dapat memecahkan masalah Anda. Jika tidak, ikuti langkah-langkah perbaikan di bawah ini.

Memperbaiki Masalah

Berikut adalah beberapa kemungkinan solusi berdasarkan apa yang Anda temukan ketika mencari drive di Disk Manajemen.

Jika Windows Minta Anda untuk melalukan Format Partisi Ikut Cara Ini

Jika Windows dapat melihat drive tetapi tidak bisa membacanya, mungkin drive diformat dengan file system yang tidak didukung windows. Sebagai contoh, sistem file HFS pada Mac atau sistem file ext4 pada Linux.

Jika Anda menghubungkan drive dengan sistem file yang tidak dikenal, Windows akan memberitahu Anda Format drive yang dibutuhkan sebelum dapat menggunakannya. Don’t format the disk yet!  Ini akan menghapus file apapun yang ada di disk. Jika Anda tidak tidak file yang di backup, silahkan lakukan format disk.

Cara Memunculkan Flashdisk yang Tidak Terdeteksi di Windows

Kamu bisa backup terlebih dahulu jika ada data yang penting pada sistem file seperti ini, Anda dapat menghubungkannya ke Mac atau Linux, dan backup file penting anda. Atau, Anda dapat menggunakan perangkat lunak yang memungkinkan Anda membaca sistem file Mac atau Linux di Windows. Setelah Anda menyalin / backup, silahkan format drive dengan format sistem file Windows.

Jika di PC Windows lain dapat melihat Drive, Tapi di PC Anda tidak bisa muncul

Jika komputer lain mendeteksi drive Anda, tetapi komputer Anda tidak, mungkin ada masalah pada driver.

Untuk memeriksanya, buka Device Manager. Pada Windows 8 atau 10, klik kanan tombol Start dan pilih “Device Manager”. Pada Windows 7, tekan Windows + R, ketik devmgmt.msc, dan tekan Enter.

Ke “Disk Drives” dan pada bagian “USB Serial Bus controllers”, cari perangkat dengan ikon tanda seru kuning. Jika Anda melihat perangkat dengan ikon itu, klik kanan dan pilih “Properties”. Anda akan melihat pesan kesalahan dengan informasi lebih lanjut.

Cara Memunculkan Flashdisk yang Tidak Terdeteksi di Windows

Untuk memperbaiki masalah driver ini, klik kanan, pilih Properties, dan masuk ke tab Driver. Gunakan “Update Driver” untuk update driver, klik “Driver Roll Back”, lalu klik “Uninstall” untuk uninstall driver maka Windows otomatis menginstal ulang drivernya.

Cara Memunculkan Flashdisk yang Tidak Terdeteksi di Windows

Jika Anda Ingin Mengganti Huruf Partisi pada Drive

Untuk melakukan ini, klik kanan partisi pada drive di Disk Manajemen dan pilih “Change Drive Letter and Paths”. Jika Anda tidak dapat mengklik “Change Drive Letter and Paths”, hal ini karena Windows tidak mendukung sistem file pada partisi tersebut.

Cara Memunculkan Flashdisk yang Tidak Terdeteksi di Windows

Untuk mengganti huruf drive, klik “Add” dan ganti huruf drive yang Anda inginkan. Klik “OK” dan akan muncul di File Explorer atau Windows Explorer dengan huruf drive yang baru saja anda buat.

Cara Memunculkan Flashdisk yang Tidak Terdeteksi di Windows

Jika Anda Lihat Drive dalam Disk Manajemen Tapi Kosong (Unallocated)

Jika Anda melihat drive di Disk Manajemen, tapi itu Unallocated, hal ini dikarenakan hardisk/drive tersebut kosong dan belum terformat. Untuk dapat menggunakannya, klik kanan dan pilih “New Simple Volume”.

Setelah itu, pilih sistem partisinya NTFS, selanjutnya ikuti saja instruksinya dan hardisk sudah siap digunakan.

Cara Memunculkan Flashdisk yang Tidak Terdeteksi di Windows

Jika Anda Lihat Drive dalam Disk Manajemen Tapi Anda Tidak Bisa Melakukan Format.

Dalam beberapa kasus, drive mungkin memiliki skema partisi yang berbeda dari baisanya. Misalnya jika statusnya “Protected” kita tidak akan bisa menghapusnya dalam Disk Manajemen. Atau, dikarenakan partisi pada drive terlalu kecil.

Anda dapat melakukan “Clean” drive untuk membersihkannya, Pertama, back up data penting Anda jika drive memiliki data penting di dalamnya. Proses pembersihan akan menghapus semua file di dalamnya.

Cara Memunculkan Flashdisk yang Tidak Terdeteksi di Windows

Lagkahnya sebagai berikut, buka CMD, lalu ikuti langkah berikut.

  • Ketik diskpart setelah tulisan X:Source> sehingga seperti ini X:Sources>diskpart 
  • Setelah itu ketik DISKPART>list disk yang akan menampiklan seluruh daftar partisi pada hardisk
  • Karena kita akan menghapus seluruh partisi hardisk ketik DISKPART>select disk 3 (nomor sesual disk yang ingin di format)
  • Setelah itu ketik DISKPART>clean
  • Jika berhasil akan muncul pesan “DiskPart succeeded in cleaning the disk”

 

Sumber :

www.howtogeek.com

Tags: , , ,
Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

Inilah Fintech Anak Negeri yang Berpotensi
Messaging Application Baru, Google Allo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu