Cara Memilih RAM yang berkualitas untuk PC atau Laptop

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Memilih RAM yang berkualitas untuk PC atau Laptop
BlogTutorial Komputer

Cara Memilih RAM yang berkualitas untuk PC atau Laptop

WarungKomputer.com-Selain prosesor dan kecepatan storage, hal lain yang menentukan kecepatan komputer yaitu RAM. Memiliki fungsi penting untuk membantu prosesor melakukan proses komputansi. Karena itu, memakai RAM yang tepat tentu harus.

Varian RAM saat ini yang ada di pasaran begitu beragam. Alasannya, karena tidak setiap sistem komputer memakai jenis RAM yang sama. Bingung bagaimana cara memilih RAM? Yuk simak, begini Cara Memilih RAM yang berkualitas untuk PC atau Laptop.

Cara Memilih RAM Terbaik untuk PC dan Laptop

foto-jalantikus-pilihram

Sumber foto: Gambar: Geil

Cara memilih RAM terbaik untuk PC dan Laptop, yaitu dengan mengenali sistem komputer kamu terlebih dahulu yang terkait RAM. Untuk bisa mengenali sistem komputer kamu yang terkait RAM dengan baik, kamu bisa mengikuti beberapa pertanyaan berikut.

Pertanyaan Memilih RAM Terbaik Untuk PC Dan laptop

1. PC atau Laptop?

Jawab: Apabila kamu memakai PC, maka carilah DIMM / LODIMM / LO-DIMM. Sementara untuk laptop, maka carilah SODIMM / SO-DIMM.

2. DDR3 atau DDR3L atau DDR4?

Jawab: Untuk memastikan DDR3/DDR3L dan DDR4, kamu bisa cek melalui socket di motherboard. Karena antara socket DDR3/DDR3L dan DDR4, pasti berbeda.

Untuk memastikan socket yang ada di motherboard, kamu bisa search Google dengan rumus “Specification (Merek Tipe Motherboard)” atau “Specification (Merek Jenis Laptop)”. Contoh hasil pencarian.

foto-jalantikus-pilihram4

Sumber foto: Gambar: Contoh Hasil Pencarian

Khusus untuk DDR3 dan DDR3L, keduanya memakai socket yang sama. DDR3L merupakan pembaruan dari DDR3 yang memakai voltase lebih rendah, yaitu 1.35V. Meski begitu, DDR3L memiliki kemampuan backward compability. Yang artinya, bisa dipasang ke DDR3.

Intinya, antara DDR3 dan DDR3L kamu tidak usah khawatir terbolak-balik. Pilih saja yang DDR3L kalau selisih harga sedikit.

3. Kapasitas RAM?

Untuk menentukan kapasitas RAM, semakin besar tentu semakin baik. Namun untuk menjalankan berbagai macam software saat ini, ada baiknya minimal adalah 8GB.

Paling besar berapa? Tergantung dari memory controller yang ada di prosesor. Beberapa prosesor memiliki nilai kapasitas maksimal RAM yang berbeda-beda. Contohnya Intel Atom N570, yang maksimal RAMnya 2GB. Apabila kamu pasang 4GB, maka tidak akan masuk POST.

Untuk mencari nilai maksimal RAM kamu bisa search Google. Untuk Intel, search dengan rumus “Ark (Tipe Prosesor)”. Dan untuk AMD, sayangnya tidak menginformasikan hal ini. Contoh hasil pencarian.

foto-jalantikus-pilihram

Sumber foto: Gambar: Contoh Hasil Pencarian

4. Kecepatan RAM?

Jawab: Untuk kecepatan RAM, lagi-lagi kamu harus mengecek motherboard. Hanya saja, kali ini kamu perlu cek adalah kemampuan memory controller-nya.

Untuk memastikannya juga masih sama, kamu bisa search Google dengan rumus “Specification (Merek Tipe Motherboard)” atau “Specification (Merek Jenis Laptop)”. Contoh hasil pencarian.

foto-jalantikus-pilihram6

Sumber foto: Gambar: Pencarian Motherboard

foto-jalantikus-pilihram7

Sumber foto: Gambar: Pencarian Laptop

5. Timing RAM?

Jawab: Untuk timing RAM, tidak ada yang perlu kamu perhatikan. Utamakan terlebih dahulu kecepatan RAM tinggi, lalu pilihlah timing RAM terkecil.

6. Merek RAM?

Jawab: Untuk merek bebas, sesuaikan saja dengan kantong kamu. Kalau kamu pilih merek mahal, biasa dia memakai chip bagus (biasa Samsung) dengan potensi overclock dan durability yang baik.

7. Fitur Heatsink?

Jawab: Jika ada lebih baik, jika nggak ada juga tidak masalah. Karena mayoritas sekarang RAM juga garansi seumur hidup. Kalau rusak tinggal garansi, asal stiker tidak rusak dan RAM tidak cacat fisik.

8. Fitur RGB?

Jawab: Hanya estetika, tentu sama sekali nggak wajib.

9. RAM Spesial?

Jawab: Mulai tahun 2015 lalu, ada beberapa RAM yang didesain secara spesial. Contoh G.Skill Trident X yang dioptimasi khusus untuk platform Intel X99. Lalu saat ini ada G.Skill Flare X yang dioptimasi khusus untuk platform Ryzen.

Bedanya, RAM spesial tersebut dibuat memakai chip berdasarkan hasil uji kompabilitas oleh para overclocker di platform tertentu. Contohnya apabila Ryzen, tentu pengujian dilakukan dengan platform Ryzen.

Jadi seperti itu Cara Memilih RAM yang berkualitas untuk PC atau Laptop, yang intinya sebenarnya adalah harus mengacu ke kemampuan sistem komputer yang kita punya. Apalagi jika memakai APU, tentu memilih RAM tepat adalah wajib.

Bagaimana pendapat kamu terkait hal ini, apakah ada yang kurang jelas? Jika ada kekurangan, kamu bisa tanyakan melalui kolom komentar. Nantinya akan kami tambahkan di dalam artikel. Terima kasih.

SUMBER:
jalantikus.com

Tags: , , ,
Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.
blank

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

blank
Cara Memilih Hard Disk Eksternal yang tidak mudah Rusak
blank
Cara Membuat Lagu di Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu