Cara Aman Mengunci Aplikasi di Android

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Aman Mengunci Aplikasi di Android
BlogTutorial Android

Cara Aman Mengunci Aplikasi di Android

WarungKomputer.com-Keamanan memang hingga kini masih jadi satu persoalan pelik bagi para pengguna smartphone atau perangkat Android. Banyaknya jenis dan ragam kasus hacking alias pembajakan kerap menghantui kamu pengguna Android, salah satunya soal akses aplikasi.

Dari banyaknya aplikasi, pasti ada beberapa aplikasi yang kamu anggap sangat privasi. Untuk itu, kali ini kami akan kasih tahu kamu Cara Aman Mengunci Aplikasi di Android yang ada di smartphone kamu.

Cara Aman Mengunci Aplikasi di Android

Kamu pasti sudah sering mendengar imbauan untuk mengunci smartphone Android agar jauh dari risiko penyalahgunaan orang asing. Dengan menguncinya, smartphone Android kamu pasti enggak akan bisa diakses orang asing yang menemukan smartphone-mu.

Selain smartphone, menerapkan sistem keamanan pada aplikasi dengan menguncinya juga merupakan salah satu cara untuk menjaga privasi kamu. Berbeda dengan mengunci smartphone secara keseluruhan, mengunci aplikasi lebih dikhususkan untuk membatasi akses pada aplikasi-aplikasi tertentu yang kamu inginkan.

Pentingnya Mengunci Aplikasi di Android

Dari sekian banyak aplikasi di Android, beberapa aplikasi memang bersifat pribadi alias berisi privasi yang hanya ingin dijadikan konsumsi pribadi oleh si pengguna. Aplikasi-aplikasi semisal email, galeri, atau tempat penyimpanan data, hingga media sosial seperti Facebook dan Instagram adalah beberapa contohnya.

Kamu tentu enggak mau kan isi pesan dalam email kamu dicuri, foto-foto aib kamu dilihat, atau akun media sosial kamu dibajak? Hal itu akan sangat mudah terjadi ketika kamu lupa meletakkan di mana smartphone kamu dan smartphone tersebut jatuh ke tangan yang salah. Makanya, kamu perlu mengamankan aplikasi-aplikasi tersebut dengan menguncinya.

Cara Mengunci Aplikasi di Android Menggunakan AppLock

Untuk bisa menerapkan cara mengunci aplikasi di Android, kamu memerlukan bantuan sebuah aplikasi. Ya, aplikasi bernama AppLock yang bisa kamu dapatkan secara gratis di Play Store.

  • Buka aplikasi AppLock yang sudah kamu instal di smartphone Android kamu. Aplikasi tersebut kemudian akan meminta kamu untuk memasukkan kunci pola. Masukkan pola yang kamu inginkan hingga dua kali sesuai permintaan aplikasi. Setelahnya, masukkan alamat email kamu lalu pilih Save.
  • Setelah proses verifikasi, kamu dapat segera menerapkan penguncian pada aplikasi-aplikasi pilihan. Sebelum itu, kamu bisa terlebih dulu menentukan jenis kunci yang ingin kamu terapkan sebagai pengunci aplikasi. Bahkan jika smartphone Androidmu sudah mendukung fitur fingerprint, kamu bisa menggunakannya sebagai pengunci aplikasi.
  • Setelah menentukan jenis kunci yang kamu inginkan, lanjutkan dengan memilih aplikasi apa saja yang ingin kamu amankan. Caranya cukup mudah, kamu tinggal menekan ikon gembok yang ada di sebelah kanan aplikasi hingga gembok tersebut tertutup. Maka aplikasi itu sudah resmi terkunci.
  • Aplikasi yang kamu pilih barusan sudah terkunci seketika itu juga saat kamu sudah menerapkan cara mengunci aplikasi di atas. Siapapun yang ingin membuka aplikasi tersebut harus memasukkan kata sandi alias password yang sudah kamu tentukan.

 

Akhir Kata

Itulah Cara Aman Mengunci Aplikasi di Android agar orang lain selain kamu gak bisa mengakses aplikasi-aplikasi tersebut. Dengan begitu, kamu enggak perlu takut dan segan lagi meminjamkan Android kamu ke teman atau orang lain karena aplikasi terpilih enggak akan bisa mereka akses. Selamat mencoba!

SUMBER:
jalantikus.com

 

Tags: , , ,
Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

Cara Blokir Nomor HP di Smartphone atau Android
Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G LTE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu