Berikut Kasus Hacking yang Sempat Menggemparkan Dunia

  1. Home
  2. Blog
  3. Berikut Kasus Hacking yang Sempat Menggemparkan Dunia
BlogInformasi Teknologi

Berikut Kasus Hacking yang Sempat Menggemparkan Dunia | Warung Komputer. Seiring berjalannya waktu serta kemajuan teknologi yang semakin canggih, muncul beberapa kasus peretasan yang menggemparkan dunia cyber dan juga dunia nyata. Berikut adalah beberapa kasus peretasan yang menarik perhatian besar.

berikut kasus hacking

Berikut Kasus Hacking yang Sempat Menggemparkan Dunia

Seiring berjalannya waktu serta kemajuan teknologi yang semakin canggih, muncul beberapa kasus peretasan yang menggemparkan dunia cyber dan juga dunia nyata. Berikut adalah beberapa kasus peretasan yang menarik perhatian besar.

1. Peretasan Tunggal Situs-situs Besar

 

Pada 7 Februari 2000 seorang Hacker bernama Michael Demon Calce, menggemparkan dunia dengan melakukan peretasan terhadap Yahoo, yang membuat Yahoo sempat down selama beberapa jam. Tidak puas sampai disana Hacker dengan nama samaran MafiaBoy ini kembali melancarkan serangan terhadap situs besar lainnya, seperti Ebay, CNN, Amazon serta Dell. Aksinya tersebut membuat dunia Cyber menjadi gempar namun tidak lama kemudian aksinya ini bisa ditangkap FBI dan kepolisian Kanada.

2. Peretasan TJX

berikut kasus hacking

TJX merupakan perusahaan perdagangan yang membawahi perusahan retailer, seperti TJ Maxx, Marshall’s, dan HomeGoods. Adalah hacker bernama Albert Gonzalez. Pada 2006 lalu, Gonzalez berhasil membobol masuk kedalam database jaringan perusahaan tersebut dan ia mencuri data kartu kredit para pelanggan TJX. Aksinya tersebut berakhir pada 2007, tidak tanggung-tanggung selama 18 bulan Gonzalez berhasil mencuri sekitar 94 juta data kartu kredit serta debit dari pelanggan. Tidak kapok pembobolan yang dilakukannya terhadap TJX, dengan virus yang sama, beberapa waktu kemudian ia berhasil meretas Heartland Payment Systems pada 2009. Heartland Payment Systems juga bergerak dalam bidang penyedia layanan kartu kredit. Gonzalez dan kawan-kawanya berhasil mencuri data kartu kredit pelanggan dengan jumlah yang lebih besar dari TJX sebelumnya. Tercatat ada sekitar 134 Juta kartu kredit yang berhasil dicuri.

4. Peretasan Sony PlayStation Network

berikut kasus hacking

Perusahaan yang bergerak dalam bidang game online ini, pernah mengalami peretasan pada April 2011. Sekelompok Hacker berhasil menghebohkan dunia dengan menembus sistem keamanan Sony dan mencuri 77 juta data akun serta kartu kredit yang telah dienkripsi. Dalam aksi tersebut setidaknya membuat banyak user tidak bisa memainkan game di PS 3 dan PS portable secara online via layanan Sony PlayStation Network. Setelah dilakukan penyelidikan ternyata kelompok peretasnya adalah Anonymous.

5. Peretasan Epsilon

berikut kasus hacking

Selanjutnya perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran online yang berbasis di Dallas, Texas, mengatakan bahwa seorang Hacker (belum diketahui namanya) berhasil menerobos masuk ke jaringan sistemnya, dan menganggap ini sebagai pencurian terbesar dalam sejarah Epsilon. Data yang dicuri tersebut berupa informasi, nama dan e-mail.

6. Peretasan Israel

berikut kasus hacking

Bekerja besar-besaran dan teroganisir, serangan hacker yang disebut dengan OpIsrael ini terjadi pada 7 April 2013. Dengan melibatkan kelompok hacker Anonymous di seluruh dunia. Aksi tersebut muncul dari banyak kelompok hacker yang pro Palestina dari seluruh penjuru dunia memutuskan untuk ikut bergabung dalam operasi tersebut. Pihak Anonymous menyatakan bahwa aksi mereka berhasil dengan melumpuhkan ribuan situs pemerintahan, militer, perusahaan sampai dengan account Facebook dan Twitter. Melihat serangan tersebut pihak Israel tentunya tidak tinggal diam, aksi perlawanannya muncul sebuah nama dari pasukan elit cyber Israel bernama “Buddax”, sebagai aksi balasan.

7. Peretasan Website ISIS

berikut kasus hacking

Selain Israel, kelompok hacker terbesar di dunia Anonymous juga mulai mengusik ISIS. Kelompok ini menjadi semakin menggebu melakukan penyerangan setelah insiden pengeboman di Paris November 2015 lalu. Tak hanya untuk kelompoknya saja, Anonymous juga menggalang masa dan mengajak semua orang untuk ikut ambil bagian dalam penyerangan ISIS melalui jalur cyber ini, dengan membuat panduan-panduan hacking yang di-upload di situs mereka.

Sumber: Kumparan.com
Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

Cara Mudah Mengaktifkan Kartu SIM yang Sudah Terblokir
Inilah Password yang Paling Sering Diretas Hacker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu