5 Masalah Android yang Paling Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

  1. Home
  2. Blog
  3. 5 Masalah Android yang Paling Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya
No Comments
Blog

5 Masalah Android yang Paling Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya | warungkomputer

Android memang cukup terkenal sering terkena masalah pada operasi sistemnya. Seperti tiba-tiba hang ataupun konsumsi baterai yang boros.

Pengguna Android di beberapa tahun belakangan ini memang meningkat pesat. Software yang dikembangkan oleh raksasa teknologi Google tersebut sangat diminati oleh banyak orang. Hal ini karena sistem operasi Android cukup terbuka bagi para developer. Jadi mereka bisa merubah tampilan dari sistem tersebut. Namun sayangnya, Android sering mengalami masalah pada sistem operasinya.

Nah, kali ini Jaka akan kasih tau mengenai 5 Masalah Android yang Sering Terjadi Dan Cara Mengatasinya. Simak yuk!

5 Masalah Android yang Paling Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

1. Hang

android-hang

Sumber foto: Sumber : Proximus.be

Masalah yang satu ini mungkin jarang terjadi pada smartphone yang mempunyai spesifikasi tinggi. Namun, untuk smartphone kelas menangan masalah hang pada Android bukan hal yang aneh. Karena biasanya banyak smartphone Android yang mengalami hang saat menjalankan suatu aplikasi. Nah, cara untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu rutin membersihkan file cache. File tersebut memang sering membuat Android menjadi hang pada beberapa kasus.

2. Baterai Cepat Habis

android-baterai-boros

Sumber foto: Sumber : Dokumen Pribadi

Selain sering hang, baterai cepat habis juga sering menjadi masalah bagi beberapa pengguna. Sistem Android memang belum sepenuhnya mampu mengoptimalisasi penggunaan baterai. Jadi tak jarang orang yang merasa baterainya menjadi cepat boros, namun sebenarnya cara untuk mengatasi hal tersebut cukup mudah. Cobalah untuk mematikan fitur yang tidak terpakai seperti GPS dan WiFi. Selain itu mengatur kecerahan juga bisa membuat baterai jadi lebih awet.

3. Smartphone Cepat Panas

android-cepat-panas

Sumber foto: Sumber : BacaTekno.com

Android juga sering mengalami masalah suhu pada smartphone mendadak menjadi sangat tinggi atau cepat panas. Biasanya masalah ini sering terjadi saat penggunaan yang cukup intens ataupun kondisi jaringan yang tidak stabil. Jadi solusinya kamu bisa mematikan koneksi internet saat jaringan yang kurang stabil. Karena saat jaringan tidak stabil, smartphone akan terus berusaha untuk mencari jaringan dan itu bisa menyebabkan smartphone jadi cepat panas. Selain mematikan jaringan, kamu juga bisa mengurangi penggunaan smartphone yang berlebih, misalnya pada saat gaming.

4. Aplikasi Berhenti

apliksi-berhenti

Sumber foto: Sumber : LINE Today

Siapa yang tidak kesal saat tiba-tiba aplikasi yang sedang digunakan mendadak berhenti. Masalah yang satu ini juga sering terjadi pada Android. Biasanya karena terlalu banyak menjalankan aplikasi sehingga menyebabkan proses Android menjadi terhenti. Solusinya adalah dengan cara membersihkan file sampah yang terdapat pada smartphone atau restart smartphone.

5. Bootloop

android-bootloop

Pernah nggak kamu mengalami kejadian smartphone Android yang kamu gunakan tiba-tiba bootloop atau hanya stuck hingga logo. Bootloop pada Android memang cukup sering terjadi, biasanya diawali dengan smartphone yang menjadi hang dan tiba-tiba mati. Namun, ketika dihidupkan malah hanya stuck di logo, untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya cukup rumit. Kamu bisa mencoba mematikan smartphone dan melepas baterainya selama sesaat dan menghidupkan kembali smartphone. Tapi jika belum berhasil, maka kamu harus membawanya ke tempat yang ahli.

 

sumber : jalantikus

Previous Post
5 Gadget Canggih yang Bisa Menyelamatkan Nyawa Seseorang
Next Post
4 Cara Menonaktifkan NSP Telkomsel Biar Pulsa Tidak Kesedot

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Menu