5 Cara Menyembunyikan Aplikasi Android

  1. Home
  2. Blog
  3. 5 Cara Menyembunyikan Aplikasi Android
Blog

5 Cara Menyembunyikan Aplikasi Android  | warungkomputer

Sebagai pengguna Android, kamu pasti memanfaatkannya dengan menggunakan berbagai jenis aplikasi untuk beragam keperluan. Namun, tentu ada aplikasi bersifat pribadi di smartphone Android yang kamu gak ingin orang lain lihat. Kali ini, kami akan kasih kamu tips mengenai lima cara menyembunyikan aplikasi Android tanpa root.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Ngomongin soal Android, pasti gak bisa lepas dari yang namanya keamanan privasi penggunanya. Ya, salah satunya adalah soal keamanan kala smartphone atau perangkat Android kamu dipinjam bahkan oleh teman atau keluargamu. Pasti ada aplikasi-aplikasi tertentu yang hanya layak jadi konsumsi pribadimu alias bukan untuk dilihat orang lain.

cara-menyembunyikan-aplikasi

Beberapa aplikasi sebut saja aplikasi chatting yang berisi pesan-pesan penting bersifat pribadi antar kamu dan orang yang dituju. Atau aplikasi galeri yang berisi dokumen-dokumen pribadi yang kamu gak ingin orang lain lihat dan konsumsi. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara menyembunyikan aplikasi di smartphone atau perangkat Android.

Manfaat Menyembunyikan Aplikasi

Selalu ngerasa insecure ketika orang lain meminjam smartphone Android kamu? Bahkan jika itu sahabat baik kamu sekalipun? Kamu gak perlu lagi mengalami itu jika tahu cara membuat aplikasi-aplikasi yang kamu inginkan tak terlihat. Bikin kamu ngerasa aman dan tenang, itulah salah satu manfaat dari menyembunyikan aplikasi di Android.

1. Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan Hide App

Setelag mengetahui manfaatnya, langsung aja Jaka akan kasih tau kamu cara menyembunyikan aplikasi di Android. Cara yang pertama adalah menggunakan bantuan sebuah aplikasi bernama Hide App. Kamu bisa langsung instal aplikasinya dengan klik tombol Download yang sudah Jaka sediakan di atas. Jika sudah, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyembunyikan aplikasi penting di Android kamu:

  • Buka aplikasinya, lalu pilih ikon + di sebelah kanan bawah untuk menambahkan aplikasi apa saja yang mau kamu sembunyikan.
cara-menyembunyikan-aplikasi-1-1
  • Lanjutkan dengan memilih satu atau beberapa aplikasi yang ingin kamu sembunyikan, lalu aktifkan tanda centang yang ada di sebelah kanannya. Jika sudah, pilih HIDE.
cara-menyembunyikan-aplikasi-1-2
  • Aplikasi kamu otomatis tersembunyi dan gak akan muncul di homescreen atau daftar menu smartphone. Hanya kamu yang mengetahuinya yang bisa mengakses aplikasi tersebut.

2. Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan Hide App, Safe Chat

Cara atau metode yang kedua adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi bernama Hide App, Safe Chat. Aplikasi ini sejatinya punya beberapa fungsi karena selain untuk menyembunyikan aplikasi, aplikasi ini bisa digunakan untuk menyembunyikan chat dan memotret seseorang yang mencoba membuka kunci password smartphone. Canggih, bukan? Untuk bisa menyembunyikan aplikasi rahasia di smartphone Android kamu menggunakan aplikasi ini, langsung aja kamu ikuti satu per satu langkah di bawah:

  • Setelah aplikasi Hide App, Safe Chat terpasang di Androidmu, segera buka aplikasinya. Pilih ikon + yang ada di sebelah kanan atas untuk mulai memilih aplikasi mana saja yang mau kamu sembunyikan.
cara-menyembunyikan-aplikasi-2-1
  • Pilih salah satu atau beberapa aplikasi di smartphonemu yang ingin kamu sembunyikan.
cara-menyembunyikan-aplikasi-2-2
  • Tunggu beberapa detik, aplikasi akan memproses permintaan kamu dan menyembunyikan aplikasi tersebut. Aplikasi tersebut akan hilang dari menu utama dan hanya bisa kamu akses melalui aplikasi Hide App, Safe Chat/
cara-menyembunyikan-aplikasi-2-3

3. Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan App Hider

Cara yang ketiga masih menggunakan bantuan aplikasi. Kali ini, aplikasi yang digunakan bernama App Hider. Kamu bisa langsung download aplikasinya di link yang sudah kita sediakan berikut. Setelah aplikasi terpasang di Android milikmu, langsung aja ikuti langkah-langkah penggunaannya di bawah ini:

  • Buka aplikasinya, maka kamu akan langsung diajak memilih satu atau beberapa aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dari orang lain. Pilih aplikasi-aplikasinya, lalu aktifkan status Hide pada aplikasi-aplikasi tersebut.
cara-menyembunyikan-aplikasi-3-1
  • Setelah aktif, hanya kamu yang bisa mengakses aplikasi-aplikasi tersembunyi itu. Tentunya harus melalui aplikasi App Hider yang notabene cuma diketahui oleh kamu.
cara-menyembunyikan-aplikasi-3-2

4. Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan DU Privacy

Metode selanjutnya yang bisa kamu lakukan sebagai cara menyembunyikan aplikasi Android adalah menggunakan DU Privacy. Gak perlu repot-repot, kamu bisa langsung download pada link berikut. Setelah DU Privacy terpasang di perangkat Android kamu, langsung aja ikuti langkah-langkah berikut untuk menyembunyikan aplikasi yang kamu inginkan.

  • Buka aplikasi DU Privacy. Dari enam opsi yang tersedia, pilih App Lock feature untuk menyembunyikan aplikasi.
cara-menyembunyikan-aplikasi-4-1
  • Lanjutkan dengan memilih satu atau sejumlah aplikasi yang kamu mau untuk disembunyikan. Pilih ikon gembok yang ada di sebelah kanan aplikasi.
cara-menyembunyikan-aplikasi-4-2
  • Berikan akses pada DU Privacy untuk bisa menyembunyikan aplikasi tersebut. Pilih Go to set dan lanjutkan dengan memilih OK untuk mengaktifkan fitur hide pada aplikasi yang sudah kamu pilih.
cara-menyembunyikan-aplikasi-4-3

5. Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan Calculator Vault – App Hider

Cara yang kelima alias terakhir mungkin terbilang yang paling unik. Aplikasi yang digunakan sekilas gak terlihat seperti aplikasi penyembunyi lain. Tapi tenang aja, aplikasi ini juga mujarab untuk menyembunyikan aplikasi, kok. Calculator Vault – App Hider adalah aplikasi yang kamu butuhkan Jika sudah menginstal aplikasi tersebut, langsung aja mengikuti langkah-langkah penggunaannya di bawah ini:

  • Aplikasi ini akan meminta kamu memasukkan kode empat digit angka. Uniknya, kamu diminta memasukkannya dalam bentuk kalkulator. Ya, kedok kalkulator tersebut nyatanya adalah pintu masuk menuju aplikasi-aplikasi yang kamu sembunyikan. Tentunya, hanya diketahui oleh kamu.
cara-menyembunyikan-aplikasi-5-1
  • Di dalam kalkulator tersebut adalah tempat kamu menyembunyikan aplikasi-aplikasi privat yang kamu inginkan. Orang lain yang meminjam smartphonemu gak akan menemukan aplikasi-aplikasi tersebut karena gak tersedia di menu utama, melainkan hanya di dalam aplikasi ini.
cara-menyembunyikan-aplikasi-5-2

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Xiaomi

Beberapa merk smartphone Android ternyata punya cara tersendiri alias khusus untuk bisa menyembunyikan aplikasi di dalamnya. Salah satunya adalah Xiaomi. Berikut ini cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi kamu:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings pada HP Xiaomi kamu. Lalu tuju kolom pencarian.
cara-menyembunyikan-aplikasi-di-hp-xiaomi-1

Sumber foto: MIUI.com

  • Pada kolom pencarian, ketik “app invisible” lalu pilih cari. Masuk ke aplikasi App Invisible.
cara-menyembunyikan-aplikasi-di-hp-xiaomi-2

Sumber foto: MIUI.com

  • Kamu bisa segera memilih aplikasi mana yang ingin disembunyikan. Beri tanda centang pada aplikasi tersebut, lalu pilih OK.
cara-menyembunyikan-aplikasi-di-hp-xiaomi-3

Sumber foto: MIUI.com

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo

Selain Xiaomi, merk smartphone Oppo juga jadi salah satu yang punya cara khusus untuk menyembunyikan aplikasinya. Berikut langkah-langkah mudah untuk melakukannya di HP Oppo kamu:

  • Buka Security Centre, kemudian pilih Privacy Permission dan dilanjutkan dengan memilih Privacy Protection.

  • Isi sandi. Jika muncul menu Privacy Protection pilih Private Contacs untuk menyembunyikan daftar kontak, Private Files untuk menyembunyikan file (gambar, video, dan data lainnya) atau Private Applications untuk menyembunyikan aplikasi.

  • Cari dan nyalakan menu Advance Hiding pada menu Privacy Protection. Jika muncul permision klik OK.

Akhir Kata

Itulah berbagai cara menyembunyikan aplikasi di HP Android dengan mudah tanpa perlu root smartphone kamu.

 

sumber : jalantikus

 

Tags:
Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

4 Cara Mudah Memperkecil Ukuran Foto
Windows 7 Tamat Tahun Depan

Kategori Artikel

Archives

Menu