4 Cara Mengatasi “OK Google” Tidak Berfungsi

  1. Home
  2. Blog
  3. 4 Cara Mengatasi “OK Google” Tidak Berfungsi
No Comments
Blog

4 Cara Mengatasi “OK Google” Tidak Berfungsi | warungkomputer

Punya HP Android namun fitur “OK Google” yang kamu gunakan tidak berfungsi dengan baik? Duh nggak banget guys! Padahal lewat fitur berbasis artificial inteligence (AI) tentu akan mempermudah aktivitas, salah satunya adalah mengirimkan WhatsApp tanpa perlu menyentuh keyboard loh. Makanya kali ini Jaka bakal mengulas secara lengkap bagaimana cara mengatasi “OK Google” yang tidak berfungsi di HP Android nih. Simak yuk

Cara Mengatasi “OK Google” yang Tidak Berfungsi di HP Android!

Banyak metode yang mesti dilakukan, mulai dari memperhatikan sisi hardware maupun software yang mendukung fitur “OK Google” ini guys.

1. Cek Fungsi Mikrofon Smartphone

Pertama kali kamu harus mengecek fungsi hardware yang mendukung aplikasi Google Assistant. Karena berupa aplikasi berbasis suara, tentu kamu harus memperhatikan kondisi mikrofon dari smartphone Android kamu. Lubang mikrofon merupakan bagian rawan kotor dari smartphone akan tumpukan debu atau kotoran kecil lainnya. Coba bersihkan dengan cotton bud dengan sangat hati-hati. Selanjutnya tes kembali fungsi mikrofon Android, apakah bekerja dengan baik atau tidak guys.

2. Periksa Kembali Pengaturan Bahasa

Pernah cek pengaturan bahasa di HP Android yang kamu miliki? Bisa jadi hal ini yang malah membuat Google Assistant tidak menanggapi perintah suara yang kamu berikan. Untuk mengaturnya kembali, berikut cara mudahnya.

  • Pertama pergi ke Settings, lalu pergi ke menu Google.
  • Pada tab Services pilihlah menu Search > Voice untuk pergi ke pengaturan suara.
  • Kemudian pilihlah opsi Language. Pilihlah pengaturan bahasa utama dan bahasa cadangan yang kamu gunakan untuk mengakses Google Assistant.

3. Matikan S Voice atau Bixby pada Smartphone Samsung


Jika kamu memiliki smartphone Samsung, kemungkinan besar pengaturan Google Assistant terganggu oleh aplikasi S Voice atau Bixby. Untuk mengatasi “OK Google” yang tidak berfungsi, opsi yang dapat kamu lakukan adalah menonaktifkan salah satu di antaranya agar tidak terjadi crash. Kamu bisa disable S Voice atau Bixby dengan tahan ikon lalu pilih opsi Disable.

4. Reset Pengaturan Google Assistant

Sumber foto: Dok. Pribadi

Terakhir, jika cara di atas belum terbukti manjur , langkah selanjutnya yang kamu bisa lakukan adalah dengan me-reset pengaturan Google Assistant di Android kamu. Dengan langkah ini kamu akan kembali ke pengaturan ke semula loh. Untuk melakukan reset Google Assistant, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Kembali lagi ke menu Google pada Settings, lalu pergi ke opsi Search > Voice. Selanjutnya kamu pilih opsi “Ok Google” detection atau Voice Match.
  • Selanjutnya, aktifkan toggle pada pilihan Say Ok Google any time, dan kamu akan dibawa ke pengaturan awal Google Assistant.
  • Ikuti langkah pengaturan seperti biasa, dengan menyebutkan perintah Ok Google dan Hey Google seperti pada perintah di layar. Kamu pun telah berhasil me-reset Google Assistant.

Akhir Kata

Nah itulah dia cara mengatasi “OK Google” yang tidak berfungsi di Android dengan mudah dan cepat. Tentunya dengan kembali mengatur kembali Google Assistant, hidup kamu makin mudah deh. Selamat mencoba dan semoga berhasil guys!

 

SUMBER : jalantikus

Previous Post
GBWhatsApp Versi Terbaru 6.65
Next Post
Aplikasi Keyboard Android Terbaik 2019

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Menu