Tips Internetan Aman di Pesawat

  1. Home
  2. Blog
  3. Tips Internetan Aman di Pesawat
Blog

Tips Internetan Aman di Pesawat | Warung Komputer. Penerbangan jauh dan memakan waktu berjam-jam memang membosankan. Terlebih, sedikit yang bisa kita lakukan saat naik pesawat. Tapi tahukah kamu bahwa sekarang kamu bisa membunuh bosan saat terbang dengan internetan? Nah kali ini Jaka mau berbagi cara internetan saat naik pesawat dan 100% dijamin aman, serta tidak bakalan menganggu navigasi.

Tips Internetan Aman

Tips Internetan Aman di Pesawat

Seperti diketahui, sejak dulu penggunaan handphone di dalam pesawat sangat dibatasi, karena dapat menganggu sistem navigasi pesawat. Namun penggunaan handphone saat penerbangan bukan lagi hal yang mustahil berkat kemajuan teknologi. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, internetan saat terbang pun bisa saat ini bisa dilakukan dengan fasilitas bernama Wifi on board . Tapi sebelum menghubungkan handphonemu ke wifi yang ada di dalam pesawat, ada dua hal penting yang harus kamu lakukan.

  1. Kamu harus tetap mematikan sinyal handphone dan menggunakan airplane mode atau mode pesawat. Aturan ini wajib berlaku sejak kamu naik hingga turun dari pesawat.

  2. Kamu bisa menggunakan fasilitas internet lewat wifi setelah pesawat mencapai titik aman batas ketinggian tertentu, sekitar 3 ribu kaki.

Cara Internetan Saat Naik Pesawat

Tips Internetan Aman
Walaupun kamu harus tetap menggunakan airplane mode selama di dalam pesawat, tapi kamu tetap bisa internetan karena saat ini sudah ada beberapa maskapai penerbangan yang memberikan fasilitas koneksi wifi di dalam pesawat.

1. Garuda Indonesia

Maskapai kebanggaan Indonesia ini menyediakan layanan wifi di dalam pesawat bagi para penumpangnya. Layanan internet ini bisa dinikmati tak Cuma penumpang first class, tapi juga business class dan economy class.Namun tidak semua jenis pesawat mempunyai layanan tersebut. Hanya pesawat Garuda Indonesia tipe Boeing 777-300 ER dan Airbus A330-200/300 yang menyediakan layanan internet.Sayangnya, untuk bisa mengakses internet di dalam pesawat, biayanya tidak gratis. Kamu akan dikenakan biaya sekitar 11,95 USD atau kurang lebih Rp177.000 selama satu jam. Untuk yang 24 jam biayanya sekitar 21,95 USD atau Rp326.000. Garuda Indonesia juga menawarkan koneksi internet gratis selama 15 menit di semua pesawat Airbus yang memiliki fitur in-flight connectivity.

2. Citilink

Tips Internetan Aman

Bagi kamu yang suka melakukan perjalanan menggunakan maskapai Citilink, tahukah kamu sejak 28 Desember 2018 lalu pesawat Citilink menyediakan fasilitas internetan gratis? Namun, fasilitas ini baru ada di satu pesawat rute Cengkareng-Denpasar. Dirangkum dari berbagai sumber, Citilink menggunakan teknologi wifi GX Aviation System yang membuat layanan tersebut tidak berbahaya bagi navigasi pesawat.

3. Sriwijaya Air

Tips Internetan Aman

Seperti Citilink, anak usaha Garuda Indonesia lainnya, Sriwijaya Air, juga sudah mengoperasikan layanan SJ In-flight Entertainment atau AirFi di beberapa penerbangannya. Dengan fasilitas ini penumpang bisa leluasa menggunakan internet di pesawat. Untuk menikmati layanan ini, kamu cukup menghubungkan handphone, tablet, atau laptopmu dengan jaringan yang tersedia di pesawat.

4. AirAsia

Maskapai penerbangan AirAsia juga menawarkan hiburan inflight dan konektivitas selama penerbangan melalui layanan WiFi bernama ROKKI. Layanan internetan tersebut dapat diakses langsung di handphone masing-masing penumpang dan memungkinkan kamu untuk tetap terhubung dengan akses internet ketika sedang berada di dalam pesawat. Penumpang dapat mengakses layanan wifi ROKKI yang tersedia dalam dua pilihan paket, yaitu Paket Chat dengan harga Rp30.000 untuk kapasitas 3 MB dan Paket Internet dengan harga Rp 60.000 berkapasitas 10 MB. Saat ini, fasilitas internetan tersebut sudah terdapat di beberapa pesawat dengan kode PK-AXV yang melayani penerbangan berbagai rute domestik maupun internasional.

5. Singapore Airlines

Tips Internetan Aman

Maskapai penerbangan milik negara tetangga ini, juga menawarkan layanan Wifi kepada para penumpangnya ketika sedang berada di dalam pesawat. Namun, hanya tipe-tipe pesawat tertentu saja yang menyediakan layanan internetan tersebut, yakni Airbus A350, A380, Boeing 777-300 ER dan 787-10. Untuk paket harganya pun bervariasi, tergantung pada penyedia layanan Wifi, jenis pesawat dan juga kelas yang dipilih. Untuk penumpang kelas satu, akan mendapat akses internet 100 MB sedangkan penumpang kelas Bisnis atau anggota klub member pps sebesar 30 MB.

Sumber: Jalantikus
Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.
blank

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

blank
Mengenal Windows Server ARM
blank
Tips Dasar Mengamankan Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu