Skill Product Manager Wajib di Kuasai | Warung Komputer

Skill Product Manager Wajib di Kuasai

  1. Home
  2. Blog
  3. Skill Product Manager Wajib di Kuasai
BlogInformasi Teknologi

Skill Product Manager Wajib di Kuasai | Warung Komputer

Skill Product Manager Wajib

Skill Product Manager Wajib di Kuasai di Kuasai

(Update 2 Maret 2019: Kami memperbarui informasi nama pembicara dari Bukalapak)
Sebelum melangkah lebih jauh mengenai apa saja keahlian yang harus dikuasai product manager, mari kita telaah lebih dahulu tentang seberapa penting kehadiran product manager dalam bisnis startup?
Co-author Mosaic, Marc Andreessen, menjelaskan kualitas bisnis startup bisa dilihat dari bagaimana produknya bisa membuat pengguna merasa terkesan. Apakah pemakaian produk tersebut mudah? Apa saja fitur yang ada di dalam produk tersebut?
Masih menurut Andreessen, hal utama agar startup bisa bertahan adalah adanya kecocokan antara produk dengan kebutuhan pasar. Startup yang berhasil tidak melulu soal seberapa banyak pengguna dari produk yang dibuat, tetapi juga bagaimana agar mereka tetap bertahan menggunakan produk tersebut.
Nah, pentingnya mengembangkan produk agar tetap relevan dengan pasar inilah yang kelak akan menjadi tanggung jawab dari product manager.
Lalu, apa saja, sih, skill yang harus dimiliki seorang product manager? Partner Silicon Valley Product Group, Martin Cagan, menjelaskan seorang product manager semestinya bisa menguasai tiga hal: bisnis, teknologi, dan user experience. Berikut ulasannya:

Product Manager skill | Image

Skill yang harus dikuasai product manager. Sumber: Mind The Product

Memahami ranah bisnis 

Salah satu tugas vital dari seorang product manager adalah membuat product roadmap. Hal ini kelak akan menentukan bagaimana produk digitalmu memenuhi serangkaian tujuan bisnis.
Jika kamu tak menguasai ranah bisnis dan gagal dalam menyusun product roadmap, maka bisnis startup yang kamu bangun bisa tak bertahan lama. Apalagi, Martin Cagan merilis data terkait dua belas kesalahan utama yang kerap dilakukan oleh product manager. Salah satunya yakni mereka terlalu fokus dengan pengembangan produk tanpa mempertimbangkan dari sisi bisnis. Imbasnya, profit dari perusahaan bisa menurun.

Menguasai Teknologi

Apakah seorang product manager harus berasal dari latar belakang programmer atau teknisi? Tidak. Namun apakah ia harus menguasai teknologi? Jawabannya iya.
Untuk menjadi seorang product manager, kamu tak harus paham bagaimana caranya melakukan coding, tetapi kamu hanya perlu paham apa itu coding. Vice President Pinn, Jeremy Glassenberg, berpendapat, memahami bahasa programmer akan sangat membantumu dalam berkomunikasi dengan tim developer.
Yang harus selalu kamu ingat, product manager punya peran untuk mengawal proses pengembangan produk digital hingga produk itu berhasil dirilis. Jadi, bagaimana kamu bisa membawahi tim product development jika kamu sendiri tak paham apa yang mereka kerjakan?

User Experience

Product manager sebisa mungkin harus dekat dengan pengguna agar perusahaan bisa mengerti apa yang mereka butuhkan. Hal ini bertujuan agar para pengguna bisa tetap loyal dengan produk yang sudah dibuat perusahaan.
Senior Product Manager Dell Software, Julie Hyman, mengatakan cara terbaik untuk mengetahui apa yang diinginkan pengguna adalah dengan mendengarkan secara langsung pengalaman mereka selama menggunakan produk.
Dia menuturkan, banyak product manager mencari tahu feedback pengguna dengan menggunakan beragam tools seperti survei dan membaca laporan analisa. Namun, tak banyak dari mereka yang tak mau berinteraksi secara langsung dengan pengguna.

“Untuk apa kita mencari tahu feedback dari pengguna dengan beragam cara sementara kita memiliki sumber yang terpercaya, yaitu pengguna produk itu sendiri” – Julie Hyman.

Ingin tahu lebih dalam soal dunia manajemen produk? Atau kamu penasaran bagaimana para product manager di luar sana bisa terus mengembangkan produk mereka tanpa ditinggalkan oleh penggunanya?
Tenang, Tech in Asia Indonesia bekerja sama dengan Kata.ai akan menggelar Devtalk dengan topik Product Management 101: The Way of Product Manager. Di event ini, dua orang praktisi yang berpengalaman di bidangnya akan berbagi insight seputar manajemen produk.

Kamu yang ada di Malang dan sekitarnya, luangkan waktumu!

Kapan lagi kamu bisa mendapatkan banyak insight serta pengalaman secara langsung dari para praktisi secara gratis tentang manajemen produk? Nah, untuk kamu yang sedang berada di Malang dan sekitarnya, catat tanggal dan lokasinya, ya!
Hari, Tanggal: Selasa, 12 Maret 2019
Waktu: 18.00-21.00 WIB
TempatNgalup Coworking Space
Jalan Sudimoro, Mojolangu, Malang, Jawa Timur

Siapa yang akan berbagi insight?

Product Manager, Kata.ai, Amanda Tiara Averousi
Sebelum menjabat sebagai Product Manager, Amanda telah bekerja di Kata.ai sebagai Associate Product Manager. Praktisi berlatar belakang teknologi komputer ini memiliki pengalaman di bidang UI/UX design. Sebagai seorang Product Manager, saat ini Amanda juga memiliki tanggung jawab untuk menentukan prioritas dan membuat product roadmap di Kata.ai.

Product Manager, Bukalapak, Prasetyo Andy Wicaksono
Memiliki latar belakang pendidikan di bidang sistem informasi, Prasetyo tertarik pada bidang civil tech and open data. Sebelum bekerja di Bukalapak, Prasetyo merupakan co-founder dari Layanglayang Mobile, sebuah software house yang bergerak di bidang pengembangan aplikasi untuk perangkat Blackberry. Prasetyo juga pernah dinobatkan menjadi salah satu tokoh inspiratif di bidang teknologi versi Tempo Media Week 2017 karena terobosan-terobosan yang ia ciptakan.
Meski gratis, jumlah peserta untuk acara ini terbatas. Jadi, segera daftarkan dirimu lewat tautan di bawah ini. Jangan lupa, ajak teman dan kerabatmu!

Powered by Eventbrite

DevTalk merupakan bagian dari rangkaian roadshow menuju event tahunan Tech in Asia Product Development Conference 2019 (#TIAPDC2019), yang akan berlangsung pada 3 dan 4 Juli 2019. Nantikan DevTalk di beberapa kota sekitar kamu, dan jangan sampai ketinggalan berbagai acara menarik lainnya dengan terus update lewat website, newsletter, serta media sosial Tech in Asia Indonesia!

Sumber: Techinasia

Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

Traveloka Perluas Hingga Australia
Tutorial Membuat File ISO menggunakan UltraISO atau DaemonTools

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu