Setting untuk Mengaktifkan DKIM dan SPF

  1. Home
  2. Blog
  3. Setting untuk Mengaktifkan DKIM dan SPF
BlogInformasi TeknologiTutorial
Setting untuk Mengaktifkan DKIM dan SPF | Warung KomputerBila kalian ingin mengirim sebuah email tentu kalian tidak ingin email kalian masuk ke dalam folder spam. Email authentication merupakan salah satu fitur cPanel hosting yang bisa membantu mencegah dari spam. Fitur ini akan mengatur secara otomatis email yang sudah masuk dan email yang sudah keluar. Pada cPanel hosting kalian akan menemukan fitur email seperti SPF dan DKIM.Setting untuk mengaktifkan DKIM dan SPF

Setting untuk Mengaktifkan DKIM dan SPF

SPF (Sender Policy Framework) merupakan suatu mekanisme pada email yang berasal dari domain tertentu hanya bisa dikirim lewat suatu mail server yang dituju. SPF ini tidaklah menghentikan spam tapi akan melakukan control dan menghentikan pemalsuan pengiriman email. Spammer dapat mengirim email yang tampak berasal dari domain kalian. Tindakan ini disebut dengan spoofing. Kalian dapat menambahkan data Sender Policy Framework (SPF) ke host domain kalian untuk membantu penerima mengetahui sumber yang benar untuk email yang berasal dari domain kalian dan bahwa email tersebut bukanlah email palsu.

DKIM (DomainKeys Indetified Mail) merupakan suatu metode untuk memverifikasi email keaslian dari pengirim atau mengaku sebagai pengirim. Fungsi DKIM adalah untuk mendeteksi pemalsuan identitas pengirim dan mencegah email berbahaya seperti spam. Sistem verifikasi DKIM menggunakan kode privat dan kode publik. Pemilik domain mengentrikan kode publik di dns yang nantinya akan digunakan oleh server penerima email untuk memverifikasi pesan email yang diterimanya.

SPF dan DKIM sekilas memang sedikit sama tapi agar email penerima dapat mengenali kalian dan agar kalian tidak dianggap sebagai user asing / intruder maka lebih baik untuk mengaktifkan SPF dan DKIM.

Mengaktifkan fitur SPF dan DKIM. Berikut cara mengaktifkan SPF dan DKIM.

  • klik Disable untuk menonaktikan DKIM dan Enable untuk mengaktifkan DKIM.

Setting untuk mengaktifkan DKIM dan SPF

  • klik Disable untuk menonaktfikan SPF dan Enable untuk mengaktifkan SPF.

Setting untuk mengaktifkan DKIM dan SPF

Kalian juga dapat mengecek status apakah SPF dan DKIM sudah aktif atau tidak di http://mxtoolbox.com/spf.aspx

Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.
blank

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

blank
Tips Menghasilkan Uang di Internet
blank
Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu