Semua Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Android Pie 9

  1. Home
  2. Blog
  3. Semua Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Android Pie 9

Semua Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Android Pie 9 | Warung Komputer

Google akhirnya resmi merilis Android P Final, dan inilah Semua Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Android Pie 9:

Semua Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Android Pie 9

Nama Resmi Android 9.0

Pertama nama resmi dari Android 9 atau Android P — adalah Android Pie. Bukan Android Pistachio, atau Android Pecel, atau Android Pentol — tetapi Android Pie.

Tanggal Rilis Android Pie

Saat ini Android Pie sudah resmi dirilis ke Google Pixel dan Essential Phone.

Untuk ponsel Android One lain bakal menyusul sampai di akhir tahun ini, tapi berbagai smartphone yang kebagian Android Pie Beta seperti Nokia 7 Plus dan yang lainnya — tentu bakal kebagian Android Pie lebih cepat.

Fitur Unggulan

Ketiga, fitur utama Android Pie dibuat berdasarkan AI atau kecerdasan buatan. Jadi Android Pie bakal mempelajari kebiasaan kamu dalam menggunakan smartphone dan menggunakannya untuk peningkatan experience.

Ada fitur Adaptive Battery yang mempelajari apa saja aplikasi yang kamu gunakan, kapan menggunakannya, dan memanfaatkan datanya untuk alokasi daya, sehingga baterai bisa lebih hemat.

Lalu ada Adaptive Brightness yang secara otomatis menyesuaikan brightness berdasarkan pola pengaturan kamu setiap hari.

Dan ada App Actions yang memprediksi apa yang akan kamu lakukan bedasarkan kebiasaan penggunaan. Misalkan kamu konekin headphone, akan ditampilkan playlist yang kamu dengar sebelumnya.

Atau saat kamu rutin telepon seseorang pada hari dan jam tertentu, maka akan ditampilkan kontak orang tersebut.

Fitur Sederhana Tapi Berguna

Keempat ada satu fitur yang sebenarnya sangat sederhana, tapi sangat berguna, yaitu Rotation lock yang kini dimunculkan melalui bar. Kamu tinggal tap saja tombol rotasi kapanpun ingin mengatur orientasi aplikasi, bahkan saat fitur orioentasi di lock.

Cara Baru Navigasi

Kelima ada perubahan cara navigasi, khususnya untuk smartphone full view, Android Pie kini menggunakan gesture — tinggal swipe untuk navigasi aplikasi, multitasking, dsb.

Untuk tombol back masih muncul saat diperlukan, tetapi tombol lain sudah nggak ada dan digantikan Gesture.

Mengatasi Kecanduan

Keenam, kecanduan smartphone akhir-akhir ini emang jadi masalah yang lumayan serius, dan baik iOS ataupun Android mulai menanamkan fitur untuk membantu mengatasi hal ini.

Di Android Pie ada fitur Dashboard untuk mengetahui detail waktu yang kamu habiskan di smartphone, lalu ada App timers untuk membatasi pemakaian aplikasi. Ada Do Not Disturb baru yang mematikan notifikasi secara komplit, baik suara ataupun visual, dan ada Wind Down Mode untuk mode tidur, biar kamu tidur nyenyak tepat waktu.

Dukungan Multi-Camera

Ketujuh, Android Pie sekarang punya dukungan multi-camera, jadi developer bisa membuat experience immersive menggunakan multi camera — misalnya saja untuk rekam kamera depan dan belakang sekaligus seperti fitur dual sight nya Nokia, atau untuk keperluan lain seperti efek bokeh, dsb.

Teroptimasi untuk Layar Penuh

Delapan, Android Pie makin teroptimasi untuk layar penuh dengan dukungan terhadap notch, serta edge-to-edge screen untuk smartphone dengan layar 18:9, bahkan juga yang lebih luas.

Multi-Koneksi Bluetooth

Sembilan, Android Pie sekarang support multi-koneksi bluetooth. Kamu bisa konek ke lima perangkat bluetooth — dan bisa beralih dari satu perangkat ke perangkat lainnya dengan mudah. Android Pie juga mengingat level volume di masing-masing perangkat.

Bersabar

 Semua Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Android Pie 9

Sepuluh, buat kamu pengguna smartphone Android selain Pixel dan Android One, sebaiknya bersabar dulu, karena dirilisnya update Google Pie tergantung dari brand smartphone tersebut.

Ada yang lama dalam merilis update, ada yang cepat, bahkan ada yang tidak merilis update sama sekali — sehingga kamu tidak kebagian Android Pie.

Tetapi tak perlu khawatir buat yang gak kebagian update — karena bakal selalu ada custom ROM berbasis Android Pie yang nantinya bisa kamu install.

Sumber
droidpoin.com

Previous Post
Jasa Desain Kartu Nama Cikokol
Next Post
Membuat Google Form dengan Mudah dan Praktis

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Menu