Perbedaan NFC dengan Bluetooth dan Fungsinya

  1. Home
  2. Blog
  3. Perbedaan NFC dengan Bluetooth dan Fungsinya
BlogInformasi Teknologi

Perbedaan NFC dengan Bluetooth dan Fungsinya | Warung Komputer. Kita patut bersyukur karena dengan kemajuan teknologi yang begitu cepat, kita bisa menikmati berbagai manfaatnya. Salah satu yang paling terasa adalah smartphone.

Yang namanya smartphone pasti memiliki segudang fitur yang akan membantu kita melakukan berbagai aktivitas. Salah satunya adalah NFC, tapi sebenenarnya apa itu NFC?

Perbedaan NFC dengan Bluetooth

Perbedaan NFC dengan Bluetooth dan Fungsinya

Apa Itu NFC?

NFC adalah singkatan dari Near-field Communication. NFC pertama kali dipatenkan pada tahun 1983 oleh Charles Walton.

Secara singkat, NFC adalah semacam protokol komunikasi jarak pendek yang membuat dua alat elektronik bisa tersambung satu sama lain.

NFC dikembangkan dari RFID (Radio Frequency Identification). Antena yang digunakan NFC lebih pendek daripada gelombang sinyal operator untuk mencegah adanya interferensi.

Seringkali, NFC sudah terinstal pada smartphone. Dengan demikian, kamu bisa memindahkan data secara cepat dalam jarak dekat tanpa perlu menggunakan kabel.

HP Android pertama yang menyediakan fitur NFC adalah Samsung Nexus S yang dirilis pada tahun 2010.

Apa itu Bluetooth?

Bluetooth adalah teknologi dimana perangkat berkomunikasi tanpa kabel untuk mencapai transfer data dengan kecepatan 720 kbps dalam jarak 10 sampai 100 meter. Biasanya, Anda bisa menggunakannya untuk mendownload foto dari kamera digital ke PC, untuk menghubungkan mouse nirkabel ke laptop, untuk menghubungkan headset, handsfree ke ponsel Anda sehingga Anda dapat berbicara dan mengemudi dengan aman pada saat yang bersamaan dan begitu seterusnya Gadget elektronik yang bekerja dengan cara ini memiliki antena radio terintegrasi (pemancar dan penerima) sehingga mereka dapat secara bersamaan mengirim dan menerima sinyal nirkabel ke perangkat Bluetooth lainnya.

Gadget yang lebih tua dapat dikonversi untuk bekerja dengan Bluetooth menggunakan adaptor plug-in(dalam bentuk stik USB, kartu laptop PCMCIA dan sebagainya). Kekuatan pemancar mengatur rentang di mana perangkat Bluetooth dapat beroperasi dan umumnya perangkat dikatakan termasuk dalam salah satu dari tiga tingkatan: Yang pertama adalah yang paling kuat dan dapat beroperasi hingga 100m (330ft), kedua ( jenis yang paling umum) beroperasi sampai 10m (33ft) dan yang ketiga paling tidak kuat dan tidak jauh melampaui 1m (3.3ft).

Kita semua terbiasa dengan komunikasi nirkabel sekarang, meski kita tidak selalu menyadarinya. Penerima radio dan pesawat televisi mengambil program yang disiarkan dalam gelombang ratusan radio (mungkin bahkan ribuan) km / mil melewati udara. Telepon tanpa kabel menggunakan teknologi serupa untuk membawa panggilan dari handset ke stasiun pangkalan di suatu tempat di rumah Anda. Semua teknologi ini melibatkan pengiriman informasi berulang-ulang tidak sesuai dengan kabel tembaga namun dalam gelombang radio berdengung tanpa terlihat melalui udara.

Perbedaannya

Jika dibandingkan dengan Wi-Fi ataupun Bluetooth, teknologi yang satu ini memang kalah populer. Bedanya terletak pada jangakauan yang bisa dicapai.

NFC hanya bisa terkoneksi dengan jarak kurang dari 10 cm (bahkan sering kali harus saling ditempelkan). Bluetooth bisa menjangkau hingga 10 meter.

Akan tetapi, NFC tidak membutuhkan proses pairing seperti Bluetooth sehingga lebih cepat dan praktis. Selain itu, NFC juga lebih hemat daya.

Fungsi NFC

Fitur NFC semakin populer digunakan oleh pemilik smartphone. Apalagi sekarang sedang marak berbagai transaksi bisa dilakukan secara cashless.

1. Transfer File

Ini adalah salah satu manfaat yang paling umum dari NFC yang ada di smartphone. Kamu dapat mentransfer file yang ada di smartphone kamu ke smartphone teman kamu hanya dengan menempelkan kedua smartphone tersebut.

Tapi, selain smartphone kamu yang punya fitur NFC, smartphone teman kamu pun juga harus mempunyai fitur ini.

2. Untuk Pembayaran Cashless

Di era di mana istilah cashless semakin kencang digaungkan, tentu kehadiran NFC yang bisa menjadi alat pembayaran menjadi sangat berguna.

Kamu hanya perlu menempelkan smartphone-mu ke alat tertentu. Nantinya, NFC akan memberikan data yang dibutuhkan sehingga proses pembayaran bisa diproses dengan cepat.

3. NFC Tag

Ada sebuah teknologi yang dapat dipadupadankan dengan NFC dalam smartphone kamu bernama NFC Tag.

Teknologi ini bisa membuat kamu membuka aplikasi, mengirim pesan, telepon dengan hanya menempelkan smartphone kamu pada NFC Tag saja.

Selain itu, NFC Tag sendiri sudah dimanfaatkan untuk beberapa sektor, seperti pada toko-toko ataupun perusahaan untuk menunjukkan detail harga dan barang, dan juga menandai lokasi.

4. Bermain Game Online

Kamu juga bisa memanfaatkan NFC untuk menghubungkan beberapa pemain game online. Tentunya, game yang kamu mainkan juga harus sudah mendukung NFC.

5. Akses Indormasi Smart Card

Salah satu hal yang paling menarik dari NFC adalah kemampuannya membaca data, termasuk smart card yang semakin banyak jenisnya.

Kamu bisa mengecek saldo e-money, mengecek identitas pada e-KTP milikmu, hingga mengisi saldo untuk kartu e-Toll.

Fungsi Bluetooth

Fungsinya antara lain:

1. Untuk Print File

Mencetak atau print adalah rutinitas yang hampir setiap orang lakukan untuk menyelesaikan tugasnya. Mencetak dengan menyambungkan kabel ke laptop kamu akan sangat repot terlebih jika kabel printer tersebut pendek. Bagi kamu yang tidak ingin lagi repot-repot mencetak dengan mencolokan kabel, kamu bisa beralih menggunakan printer yang sudah support dengan Bluetooth. Kamu bisa googling sendiri mengenai printer apa saja yang sudah support dengan Bluetooth.

2. Untuk Bertukar File dengan Kamera Digital dan Handycam

Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi jika kamera digital ataupun handycam kamu kepenuhan memori karena sekarang sudah tersedia banyak kamera digital ataupun handycam yang sudah support dengan Bluetooth.

3. Untuk Mendengarkan Musik Tanpa Kabel

Dengan bantuan teknologi Bluetooth, sekarang kamu sudah bisa mendengarkan musik kesayanganmu tanpa perlu repot-repot lagi colok mencolok kabel. Untuk kategori ini, ada dua perangkat audio yang sudah mendukung teknologi Bluetooth saat ini yaitu Headset dan Speaker. Jika kamu ingin menyetel musik dengan suara keras dan kencang tanpa perlu repot lagi masalah kabel, kamu bisa beralih menggunakan speaker yang support dengan teknologi Bluetooth karna sudah banyak produk speaker Bluetooth yang beredar di pasaran. Sebaliknya jika kamu ingin menyetel musik dengan suara yang tenang tanpa menggangu orang lain, kamu bisa beralih menggunakan headset Bluetooth.

4. Untuk Mengoneksikan dengan Mouse dan Keyboard

Apa mouse kamu memiliki kabel yang sangat panjang dan sangat menggangu? Sekarang kamu bisa menggunakan mouse tanpa repot mencolokan kabel lagi. Sudah banyak produk mouse dan keyboard yang beredar di pasaran dengan harga yang bervariasi, sekarang kamu bisa beralih menggunakan mouse ataupun keyboard tanpa perlu repot mencolokkan kabel lagi. Untuk keyboard, selain kamu bisa mengkoneksikannya dengan laptop kamu juga bisa mengkoneksikannya dengan smartphone kamu lhooo…

5. Untuk Bermain Game dengan Gamepad

Gamepad merupakan peralatan yang digunakan sebagai interface antara pengguna permainan komputer agar lebih mempermudah dalam permainan game. Gamepad yang ideal harusnya tidak menggunakan kabel karena mengurangi gerak dan fleksibilitas pemakainnya. Salah satu solusi untuk meningkatkan fleksibilitas pengguna gamepad adalah dengan menggunakan Bluetooth sebagai media penyambung ke komputer tanpa menggunakan kabel. Sekarang kamu sudah bisa bermain game tanpa harus berdekatan lagi dengan monitor.

6. Untuk Mengoneksikan dengan Proyektor

Bagi kamu yang hobinya presentasi, kamu bisa menggunakan proyektor dengan jarak yang lebih jauh dengan proyektor yang sudah mendukung teknologi Bluetooth dibanding dengan proyektor dengan koneksi kabel. Bukan menjadi masalah lagi jika kamu ingin berpresentasi dengan membawa perangkat yang terkoneksi dengan proyektor.

Akhir Kata

Itulah Perbedaan NFC dengan Bluetooth dan Fungsinya yang perlu kamu ketahui. Jika ada salah dalam penataan kata diatas saya mohon maaf. Jika ada pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar.

Sumber: Jalan Tikus

Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

Spesifikasi Serta Harga Nokia 3.1 Plus, Smartphone Full Screen Display
Contoh Konsep Wireframe Pada Mebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu