Memahami UML Sequence Diagram

  1. Home
  2. Blog
  3. Memahami UML Sequence Diagram
BlogInformasi Teknologi

Memahami UML Sequence Diagram | Warung komputer. Hallo semua! pada kesempatan kali ini kami bakal memberikan contoh lain dari diagram – diagram yang ada pada UML. Untuk kali ini kita bakal membahas tentang Sequence Diagram, tetapi sebelumnya jika Kamu masih penasaran atau ingin lebih tahu tentang UML, Kamu bisa cek artikel yang membahas lebih dalam tentang UML di.

Memahami UML Sequence Diagram

Memahami UML Sequence Diagram

Okee untuk yang sudah penasaran ingin kenalan dengan sequence, mari kita mulai. Sequence Diagram adalah salah satu dari diagram – diagram yang ada pada UML, sequence diagram ini adalah diagram yang menggambarkan kolaborasi dinamis antara sejumlah object. Kegunaannya untuk menunjukkan rangkaian pesan yang dikirim antara object juga interaksi antara object. Sesuatu yang terjadi pada titik tertentu dalam eksekusi sistem.
Dalam UML,object pada sequence diagram digambarkan dengan segi empat yang berisi nama dari object yang digarisbawahi. Pada object terdapat 3 cara untuk menamainya yaitu : nama object, nama object dan class, dan namaclass. Berikut contoh dari ketiga cara tersebut :

Memahami UML Sequence Diagram

Dalam sequence diagram, setiap object hanya memiliki garis yang digambarkan garis putus-putus ke bawah. Pesan antar object digambarkan dengan anak panah dari object yang mengirimkan pesan ke object yang menerima pesan.

Komponen – komponen

Berikut komponen – komponen yang ada pada sequence diagram :

  • Object – adalah komponen berbentuk kotak yang mewakili sebuah class atau object. Mereka mendemonstrasikan bagaimana sebuah object berperilaku pada sebuah system.
  • Activation boxes – adalah komponen yang berbentuk persegi panjang yang menggambarkan waktu yang diperlukan sebuah object untuk menyelesaikan tugas. Lebih lama waktu yang diperlukan, maka activation boxes akan lebih panjang.
  • Actors – adalah komponen yang berbentuk stick figure. Komponen yang mewakili seorang pengguna yang berinteraksi dengan system.
  • Lifeline – adalah komponen yang berbentuk garis putus – putus. Lifeline biasanya memuat kotak yang berisi nama dari sebuah object. Berfungsi menggambarkan aktifitas dari object.

Contoh Sequence Diagram

Berikut merupakan contoh sederhana dari Sequence Diagram :

Memahami UML Sequence Diagram

Penjelasan

Pada Sequence Diagram diatas, bisa dilihat bahwa yang menjadi Actors adalah Administrator. Activation boxes biasanya memilik garis yang memberitahu aktifitas yang terjadi ketika actors atau objects berinteraksi ke object lain.
Mungkin sekian penjelasan dari kami. Sebetulnya masih banyak yang bisa Anda pelajari dari Sequence Diagram, tetapi disini kami hanya menjelaskan garis besarnya saja. Semoga bermanfaat dan berguna untuk Anda. Terima kasih.

Sumber: https: codepolitan

Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

Fitur Baru Sticky Notes untuk Insider Dari Microsoft
Monitor Komputer Untuk Gaming 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu