Mengaktifkan Fitur Screenshot FireFox

  1. Home
  2. Blog
  3. Mengaktifkan Fitur Screenshot FireFox
BlogInformasi Teknologi

Mengaktifkan Fitur Screenshot FireFox | Warung Komputer. Ada kabar baik untuk kamu Bagi kamu pengguna setia browser Mozilla Firefox. Setelah update ke versi 54, kamu dapat melaukan screenshot dengan mudah dengan menggunakan fitur pengambil screenshot bawaan Firefox.

Mengaktifkan Fitur Screenshot FireFox

Mengaktifkan Fitur Screenshot FireFox

Untuk pengguna browser Mozilla Firefox mungkin sudah mengetahui bahwa sejak versi Firefox 55.0, di toolbar Firefox ada sebuah tombol dengan ikon scissor yang terletak di sudut kanan atas. Tombol dengan ikon scissor ini adalah fitur baru browser Firefox yang dikenal dengan Firefox Screenshots atau PageShot. Fitur ini dapat digunakan untuk mengambil, mengunduh, mengkoleksi dan berbagi screenshot laman web.

Secara default fitur ini tidak langsung terlihat begitu update ke versi 54 atau 55. Dengan kata lain, kita perlu mengaktifkannya terlebih dahulu secara manual.

Mengaktifkan Fitur Screenshot pada FireFox 55

1. Navigasi ke address bar lalu ketikan about:config.
2. Ketika muncul peringatan, klik opsi I accept the risk!

Mengaktifkan Fitur Screenshot FireFox

3. Pada panel search ketikan/copy, extensions.screenshots.system-disabled. Ketika sudah ketemu, klik 2x untuk mengganti valuenya (defaultnya adalah True) menjadi False.

Mengaktifkan Fitur Screenshot FireFox

4. Dengan begitu maka icon screenshot akan muncul pada toolbar browser.

Menggunakan Fitur Screenshot

Cara menggunakan cukup mudah, klik icon screenshot lalu mulailah untuk menangap gambar yang diinginkan. Kamu dapat melakukan drag untuk menangkap gambar pada area tertentu, atau klik saja untuk menangkap area berdasarkan area konten tertentu pada website.

Mengaktifkan Fitur Screenshot FireFox

Kemudian kamu dapat menyimpan gambar tersebut pada komputer atau menguploadnya agar nantinya bisa dibagikan ke orang lain.

Mengaktifkan Fitur Screenshot FireFox

Begitu diupload, maka otomatis link akan dicopy ke clipboard yang mana kamu bisa langsung paste link ketempat yang kamu inginkan.

Mengaktifkan Fitur Screenshot FireFox

Selain itu kamu juga dapat menentukan berapa lama gambar akan bertahan yang mana secara default adalah 14 hari, tetapi kamu tetap dapat menggantinya menjadi lebih cepat atau tanpa ada batasan.

Mengaktifkan Fitur Screenshot FireFox

Nah itu dia gaes cara mengaktifkan fitur bawaan screenshot di Firefox, tentunya dengan ini kamu tidak perlu menggunakan add-on ke-3 jika ingin mengambil screenshot pada Firefox. Meskipun fitur ini belum miliki kemampuan untuk mengambil screenshot satu halaman penuh, tetapi disamping itu fitur ini sangat membantu.

Sumber: Wnpoin
Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

Tutorial Mengganti Gambar Logon Di Windows
Update Terbaru PowerShell 7, Apa Saja Fitur Barunya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu