Lima Ekstensi Google Chrome yang Menarik untuk Dipasang

  1. Home
  2. Blog
  3. Lima Ekstensi Google Chrome yang Menarik untuk Dipasang
BlogInformasi Teknologi

Lima Ekstensi Google Chrome yang Menarik untuk Dipasang | Warung Komputer. WAJAH dunia berubah ketika internet mulai diperkenalkan di akhir abad 20. Tak terhitung lagi begitu banyaknya evolusi teknologi yang terjadi berkat adanya internet. Gerbang untuk masuk ke dunia internet tersebut salah satunya adalah peramban atau browser. Salah satu peramban yang cukup populer adalah Google Chrome.

Lima Ekstensi Google Chrome

Google Chrome mampu menjalankan dengan baik tugasnya sebagai peramban, tetapi mengingat begitu kayanya konten dan teknologi internet, terkadang ada hal-hal yang perlu ditambahkan agar Google Chrome bisa berfungsi dengan lebih maksimal. Fungsi-fungsi tambahan tersebut bisa disematkan ke dalam Google Chrome melalui sebuah program “kecil” yang dikenal dengan ekstensi.

Google memang membuka kemungkinan bagi para pengembang untuk membuat ekstensi karena tidak mungkin semua fungsi tambahan disematkan dalam Google Chrome. Pengguna dipersilakan untuk memasang sendiri ekstensi sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ini adalah lima ekstensi yang menarik untuk dipasang pada Google Chrome.

Lima Ekstensi Google Chrome yang Menarik untuk Dipasang

Grammarly

Lima Ekstensi Google Chrome yang Menarik untuk Dipasang

GRAMMARLY merupakan ekstensi Google Chrome yang digunakan untuk memeriksa kesalahaan ejaan dan tata bahasa, khususnya dalam Bahasa Inggris. Ekstensi ini akan memberi tanda apabila ada kesalahan pada saat mengetikkan teks dan kemudian akan menawarkan kata pengganti yang lebih tepat atau yang benar. Pengguna bisa menerima tawaran tersebut atau mengabaikannya (misalnya karena merupakan nama yang menyerupai kata tertentu).
Grammarly dapat diterapkan pada semua layanan yang dibuka melalui Google Chrome, baik itu e-mail, blog, media sosial, dan lain-lain. Grammarly juga tersedia dalam bentuk web editor yang memungkinkan pengguna untuk menyalin dan menempel teks, untuk kemudian diperiksa tata bahasanya.

OneTab

Lima Ekstensi Google Chrome yang Menarik untuk Dipasang

MEREKA yang sering membuka banyak tab saat iiii: menggunakan Google Chrome pasti akan sangat terbantu dengan adanya ekstensi OneTab ini. Dengan menggunakan OneTab, semua tab yang terbuka pada Google Chrome akan diringkas ke dalam satu halaman dalam bentuk daftar URL.

Saat pengguna merasakan bahwa tab Google Chrome yang dibukanya terlalu banyak, dia bisa mengeklik tombol OneTab dan semua tab yang terbuka akan diringkas menjadi satu halaman. Pengguna kemudian bisa membuka kembali tab tersebut satu persatu atau semuanya sekaligus.

OneTab pun bukan sekadar membuat tampilan di layar monitor lebih ringkas, tetapi juga sekaligus diklaim bisa menghemat memori komputer yang digunakan sampai 95%.

Print Friendly & PDF

Lima Ekstensi Google Chrome yang Menarik untuk Dipasang

SESUAI dengan namanya, ekstensi ini digunakan untuk mencetak halaman web. Proses cetak bisa langsung dilakukan menggunakan mesin cetak (printer) atau dicetak dalam bentuk file dengan format PDF. Hasil cetak berupa file juga bisa langsung dilampirkan pada sebuah e-mail.

Ekstensi Print Friendly & PDF ini juga tidak sekadar melakukan proses cetak biasa karena fungsi cetak sudah ada pada Google Chrome. Ekstensi ini akan merapikan isi halaman web terlebih dahulu dengan menghilangkan iklan, tombol navigasi, serta “sampah visual” yang lain, sehingga hasil cetak benar-benar merupakan kontennya saja. Pengguna pun bisa mengatur ukuran teks serta menentukan apakah gambar yang ada pada konten akan dihapus atau tidak.

Awesome Screenshot

Lima Ekstensi Google Chrome yang Menarik untuk Dipasang

SISTEM operasi Windows memiliki fasilitas untuk melakukan screenshot secara built-in, tetapi untuk mengambil screenshot terhadap konten web kurang cocok. Sebagai gantinya, gunakan saja ekstensi Awesome Screenshot.

Awesome Screenshot dapat mengambil screenshot bukai hanya yang tampak di layar, tetapi bisa mengambil seluruh konten sebuah halaman web. Jadi, jika kontennya panjang, gambar yang dihasilkan akan memanjang ke bawah.

Selain itu, Awesome Screenshot juga dapat membuat kabur gambar-gambar pada halaman web hasil tangkapan yang dianggap mengganggu atau hendak disensor. Pengguna Awesome Screenshot dapat pula membuat corat-coret pada gambar hasil tangkapan untuk menandai hal-hal yang dianggap penting.

Better History

Lima Ekstensi Google Chrome yang Menarik untuk Dipasang

EKSTENSI Better History memberikan perluasan terhadap fungsi-fungsi histori pada peramban Google Chrome. Seperti kita ketahui, fitur histori pada peramban akan merekam jejak pengguna selama berselancar di dunia maya.

Dengan Better History, daftar histori yang secara default ditampilkan dalam bentuk garis waktu secara vertikal, akan ditampilkan dalam bentuk kalender yang memiliki orientasi horizontal. Hal ini tentunya mempermudah pengguna dalan mencari jejak histori karena bisa dengan mudah masuk ke tanggal, bahkan jam tertentu.Fitur pencarian ekstensi Better History juga lebih lengkap; mampu mencari kata kunci tertentu pada judul konten web, nama domain, bahkan di dalam daftar Better History itu sendiri.

Sumber : Majalah Infokomputer Edisi Oktober 2019

Tags: ,
Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.
blank

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

blank
Pengapalan Server Menurun Sepanjang Tahun 2019
blank
Cara Mudah Reset Microsoft Edge di Windows 10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu