Kumpulan Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

  1. Home
  2. Blog
  3. Kumpulan Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding
Blog

Kumpulan Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

Pernah kepikiran nggak untuk membuat aplikasi Android sendiri? Nah mungkin kamu juga bakal langsung minder, apalagi kalau nggak punya keahlian coding, kan?

Namun tenang saja, berbekal berbagai tools dan aplikasi online kamu sudah bisa membuat aplikasi Android tanpa coding. Apalagi bisa dimodifikasi sesukamu nih. Asyik banget deh!

1. Menggunakan Parallel Space

Pertama kamu wajib mengetahui cara membuat aplikasi Android di HP milikmu dengan memodifikasi aplikasi yang sudah terinstall dengan menggunakan Parallel Space.

Di sini kamu tinggal membuat kloning aplikasi dan mengganti tampilan aplikasi tersebut sesukamu. Gak perlu belajar coding buat bikin aplikasimu sendiri, kan?

  • Langkah – 1: Pertama kali pastikan download dan install aplikasi Parallel Space di smartphoneAndroid yang kamu miliki.
  • Langkah – 2: Lalu kamu juga wajib mengunduh berbagai tema Parallel Space yang tersedia di Google Play Store dengan mengetikkan keyword “parallel space theme”
    cara-membuat-aplikasi-android-parallel-01
    • Langkah – 3: Buka aplikasi Parallel Space dan kamu bakal diminta untuk membuat kloning dari aplikasi yang kamu gunakan. Di sini Jaka pilih Facebook dan tap tombol Tambahkan ke Parallel Space.
    cara-membuat-aplikasi-android-parallel-02
    • Langkah – 4: Buka aplikasi tema Parallel Space lalu tap Aktifkan untuk mulai memasang tema pada aplikasi. Langkah ini akan berlangsung selama beberapa menit saja.
    cara-membuat-aplikasi-android-parallel-03
    • Langkah – 5: Pastikan ikon aplikasi yang sudah kamu kloning berubah dan coba jalankan. Sekarang kamu sudah bisa menggunakan aplikasi Facebook dengan tampilan tema sesuai keinginanmu.
    cara-membuat-aplikasi-android-parallel-04

    Gimana gampang banget dan bisa langsung dipraktikkan di HP Android kamu, kan? Ada pula beberapa fitur Parallel Space lainnya yang bisa kamu coba, seperti:

    • Ukuran aplikasi ringan, hanya 2 MB saja.
    • Tampilan aplikasi yang user friendly dan mudah dimengerti.
    • Mendukung hampir seluruh aplikasi yang ada di Google Play Store untuk dikloning.
    • Tidak membutuhkan akses root untuk menggunakannya.

    2. Menggunakan iBuild App

    Jika kamu hendak membuat aplikasi Android secara online, situs bernama iBuild App bisa jadi rekomendasi nih. Selain bisa diakses online, situs ini juga memberikan hingga puluhan templatemenarik.

    Di sini kamu nggak perlu kemampuan coding, di mana kamu tinggal isi komponen dari templateyang tersedia loh. Penasaran? Mending simak dulu yuk!

    • Langkah – 1: Pertama buka halaman situs iBuild App (https://ibuildapp.com/) dan kemudian klik Create an App.

cara-membuat-aplikasi-android-ibuildapp-01

  • angkah – 2: Kemudian kamu akan di bawa ke laman yang berisi berbagai pilihan templatedesain aplikasi Android gratis yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan masing-masing. Pilih salah satu, seperti Music Radio dan klik Create.
cara-membuat-aplikasi-android-ibuildapp-02
  • Langkah – 3: Sebelumnya kamu harus mendaftar untuk melanjutkan ke proses selanjutnya. Untuk mempermudah proses, kamu tinggal pilih opsi Sign Up with Facebook.
cara-membuat-aplikasi-android-ibuildapp-03
  • Langkah – 4: Jika sudah, selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman untuk mendesain aplikasi. Kamu bisa mengedit halaman aplikasi, layout, desain dan lainnya. Terakhir kamu tinggal klik Publish to App Store untuk melanjutkan.
cara-membuat-aplikasi-android-ibuildapp-04
  • Langkah – 5: Otomatis aplikasi yang telah kamu buat akan di-publish dan ditayangkan pada toko aplikasi milik iBuild App. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan tautan yang bisa kamu bagikan di berbagai sosial media.
cara-membuat-aplikasi-android-ibuildapp-05
  • Langkah – 6: Untuk mulai mengunduh, kamu tinggal pergi menuju tautan tadi dan akan tersedia opsi untuk men-download aplikasi yang terdapat di bagian bawah halaman.
cara-membuat-aplikasi-android-ibuildapp-06
  • Langkah – 7: Unduh dan pasang aplikasi yang telah kamu buat. Dan beginilah kira-kira tampilan aplikasi Android sederhana yang bisa kamu buat dengan mengunakan situs onlineiBuild App.
cara-membuat-aplikasi-android-ibuildapp-07

Walau kamu setidaknya harus menggunakan PC atau laptop untuk menggunakan iBuild App, namun situs ini menawarkan beberapa fitur seperti:

  • Membuat aplikasi Android mudah tanpa perlu keahlian coding
  • Tersedia dalam berbagai kategori dan template
  • Tampilan user friendly dan mudah dimengerti pemula

3. Menggunakan AppsGeyser

Terakhir yang Jaka rekomendasikan, kamu bisa memanfaatkan layanan AppGeysers untuk membuat sebuah web app. Lah, lalu apa itu web app sih?

Nah web apps sendiri merupakan sebuah aplikasi yang memudahkan kamu dalam mengakses sebuah halaman web dari sebuah ikon aplikasi.

Untuk cara ini setidaknya kamu sudah memiliki laman situs atau blog sendiri, yang bisa kamu buat dengan mudah dengan cara berikut: Cara Membuat Blog di Blogger Khusus Pemula.

Dan juga jangan lupa siapkan konektivitas dan kreativitas kamu dalam membuatnya. Untuk selengkapnya, simak yuk langkah-langkahnya.

cara-membuat-aplikasi-android-appgeyser-01
  • Langkah – 2: Kemudian kamu akan diberikan beberapa opsi dan template aplikasi yang bisa kamu buat di AppGeyser. Untuk membuat web app, kamu tinggal memilih opsi Website.
cara-membuat-aplikasi-android-appgeyser-02
  • Langkah – 3: Lalu masukkan tautan halaman website atau blog yang kamu miliki dan tekan Gosupaya AppGeyser bisa mengambil konten yang ada pada laman tersebut.
cara-membuat-aplikasi-android-appgeyser-03
  • Langkah – 4: Scroll ke bagian bawah dan kamu bisa memilih warna tema yang digunakan pada aplikasi kamu. Klik Next jika kamu sudah yakin dan hendak melanjutkan ke proses selanjutnya.
cara-membuat-aplikasi-android-appgeyser-04
  • Langkah – 5: Masukkan nama aplikasi yang kamu kehendaki, dan klik Next.
cara-membuat-aplikasi-android-appgeyser-05
  • Langkah – 6: Dan jangan lupa juga untuk memasukkan juga deskripsi aplikasi apa yang sedang kamu buat. Klik Next untuk melanjutkan.
cara-membuat-aplikasi-android-appgeyser-06
cara-membuat-aplikasi-android-appgeyser-07
  • Langkah – 8: Nah di sini kamu tinggal klik Create untuk membuat aplikasi buatanmu sendiri. Pada langkah ini juga, kamu akan diminta untuk login. Jaka sarankan pilih Sign in with Facebook untuk cara paling mudah.
cara-membuat-aplikasi-android-appgeyser-08
  • Langkah – 9: Buat kamu yang mungkin ingin menambah pundi penghasilan, kamu juga bisa mem-publish aplikasi yang telah kamu buat di Google Play Store atau mengunduhnya secara langsung.
cara-membuat-aplikasi-android-appgeyser-09
  • Langkah – 10: Dan kira-kira beginilah tampilan web app yang kamu buat menggunakan layanan situs online AppGeyser. Gimana bagus, kan?
cara-membuat-aplikasi-android-appgeyser-10

Selain iBuild App yang memiliki sejumlah keunggulan, ternyata AppGeyser juga memiliki beberapa fitur unggulan seperti:

  • Membuat aplikasi Android mudah tanpa perlu keahlian coding dan tampilan user friendly
  • Tersedia dalam berbagai kategori dan template
  • Bisa buat aplikasi untuk website sendiri

Rekomendasi Situs Membuat Aplikasi Online Tanpa Coding Lainnya

Selain menggunakan ketiga aplikasi maupun situs pembuat aplikasi online di atas, Jaka juga punya beberapa situs lainnya yang bisa kamu gunakan tanpa memerlukan skill coding.

Di sini kamu pun cukup tinggal melakukan pendaftaran dan membuatnya berdasarkan templateyang telah disediakan. Berikut beberapa di antaranya:

1. MIT App Inventor

Nggak perlu kuliah di MIT buat bisa belajar dan tahu bagaimana cara membuat aplikasi Androidguys. Pasalnya ada juga alumnus MIT yang mengembangkan sebuah situs bernama MIT App Inventor.

situs-pembuat-aplikasi-01

Nah MIT App Inventor ini menyediakan sejumlah template layout yang memudahkan kamu dalam membuat aplikasi sesuai keinginan.

Di sini kamu tinggal memilih opsi Create an App dan memulai proyek. Kamu pun tinggal melakukan click and drag elemen dan komponen yang sekiranya kamu butuhkan.

Gampang banget, kan? Ya walaupun nggak mudah juga, setidaknya kamu bisa sekalian belajar menjadi developer aplikasi profesional loh.

2. Appery.io

situs-pembuat-aplikasi-02

Lalu ada juga Appery.io yang menjadi salah satu situs pertama kali yang menawarkan pengembangan aplikasi mobile enterprise dengan backend service dan memiliki banyak plugin API.

Situs itu sudah cukup dikenal di dunia pengembangan aplikasi mobile. Bahkan lebih dari 30 situs pernah membahas seputar Appery.io sejak 2012 lalu.

Appery.io selain memiliki versi gratis juga ada beberapa paket berbayar. Walaupun begitu, pengguna gratis juga mendapatkan 1.000.000 API call, penyimpanan 1GB dan tahap dukungan melalui customer service dan technical service yang disediakan.

3. AppMachine

situs-pembuat-aplikasi-03

Untuk membuat aplikasi, kamu juga bisa mengandalkan situs bernama AppMachine yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi Android dan iOS dengan tampilan profesional dan menarik.

Situs pembuat aplikasi online ini juga menyediakan antarmuka dengan konsep drag and drop, yang dapat dikombinasikan dengan berbagai macam building block.

Kamu pun cukup dengan mudah melakukan registrasi untuk menikmati semua fitur yang disediakan oleh AppMachine.

Rekomendaasi Situs Pembuat Aplikasi Lainnya…

Bukan hanya MIT App Inventor, Appery.io dan AppMachine saja, di internet juga kamu bisa juga menemui berbagai situs pembuat aplikasi yang nggak kalah dari fitur dan kemampuannya.

Untuk daftar lengkap, kamu juga bisa membaca artikel Jaka seperti berikut ini ya: 10 Rekomendasi Situs Pembuat Aplikasi Android Canggih dan Tanpa Coding!

Canggih! Inilah Rekomendasi 10 Situs Pembuat Aplikasi Tanpa Coding

Untuk bisa membuat aplikasi tanpa coding melalui situs web ini cukup mudah, karena di situ kalian tinggal disuruh daftar dan disuruh melengkapi form-form yang disediakan oleh situs
LIHAT ARTIKEL

Kelebihan & Kekurangan Membuat Aplikasi Android Online

Walau terbilang membuat aplikasi Android berbekal aplikasi maupun situs pihak ketiga, kamu pun juga wajib menerima beberapa kelebihan dan kekurangannya loh.

Apa sajakah? Berikut Jaka sudah ulas selengkapnya pada tabel di bawah ini.

Kelebihan Kekurangan
User interface mudah dan gampang dimengerti oleh pemula Tampilan terkesan membosankan dan itu-itu saja
Pilihan berbagai macam template dan kategori aplikasi yang bisa dibuat Aplikasi bakal mendapatkan banyak bug dan tidak memiliki pengembangan yang baik
Tanpa perlu coding dan hanya click and drop saja Lebih rawan disusupi virus dan malware oleh pihak tidak bertanggung jawab
Gratis dan dapat digunakan tanpa perlu membayar

Akhir Kata

Meski nggak memiliki kemampuan coding, kini kamu nggak perlu repot lagi untuk tahu bagaimana cara membuat aplikasi Android yang akan kamu gunakan sendiri.

Jika memang keren dan bermanfaat, juga nggak ada salahnya buat membagikan aplikasi buatan kamu ke orang lain loh.

Nah jangan lupa juga buat tulis pengalaman kamu membuat aplikasi Android sendiri pada kolom komentar di bawah ya. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

PowerBank Yang Bertahan Lama Vivan MF20 20800mAh 3A
Advan S6 Plus Android Go Dengan Harga Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu