Ini 5 Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama

  1. Home
  2. Blog
  3. Ini 5 Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama
No Comments
Blog

Ini 5 Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama | warungkomputer

Siapa yang suka mendengarkan musik lewat headset? Dibandingkan dengan mendengarkan secara langsung, memakai headset memang membuat musik terdengar lebih merasuk ke telinga. Selain itu, mendengarkan musik lewat headset juga terasa lebih private dan bisa dilakukan di mana saja tanpa mengganggu orang lain di sekitar. Itu sebabnya orang-orang merasa lebih nyaman mendengarkan musik dengan headset. Bahkan tidak sedikit orang yang terus menyumbat telinganya dengan headset bahkan ketika tidur hanya untuk mendengarkan musik yang mereka suka tanpa mengganggu orang lain. Namun, tahukah kamu? Menyumbat telinga terlalu lama dengan headset rupanya memiliki risiko yang berbahaya. Penggunaan headset yang terlalu lama ternyata dapat memicu banyak hal buruk pada diri penggunanya. Bahaya apa aja sih? Nah, berikut Jaka akan membahas 5 Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama. Yuk, simak!

5 Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama

1. Pendengaran Menjadi Terganggu

ilustrasi-tuli_20150731_104610

Ketika mendengarkan musik lewat headset, penting untuk memerhatikan batas normal volume suaranya yakni antara 0 hingga 20 disabel. Namun, kebanyakan orang justru memutar musik dengan volume yang cukup tinggi walaupun sudah menggunakan headset sehingga frekuensi suara yang masuk ke telinga lewat headset melewati batasannya. Akibatnya, pendengaran menjadi terganggu.

2. Kuman Masuk Ke Telinga

bf4d9245-4aa2-4697-a441-8e0db4fc317e_43

Orang-orang kebanyakan berpikir bahwa headset yang mereka gunakan bersih sehingga aman dan tidak akan berbahaya bagi telinga. Akan tetapi sebenarnya, walaupun terlihat bersih, ada banyak kuman dan bakteri yang menempel di headset. Hal ini dikarenakan headset merupakan salah satu benda yang mudah ditempeli kuman melalui udara. Ketika headset dipakai terus menerus maka kuman tersebut bisa masuk ke telinga dan berisiko membawa banyak penyakit bagi tubuh.

3. Telinga Mendengung

2367247

Ketika memakai headset dan memutar musik dengan volume yang keras, seseorang tidak dapat mendengarkan suara lainnya di sekitar. Bagi sebagian orang, hal ini mungkin menyenangkan karena mereka bisa tenang mendengarkan musik tanpa bisa diganggu oleh suara apapun di sekitar. Namun, mendengarkan musik dengan volume keras lewat headset nyatanya bisa menyebabkan telinga mendengung. Awalnya hanya dengungan singkat yang biasa, namun jika kebiasaan tersebut tidak segera dihentikan maka dengungnya bisa bertambah parah dan akan sulit mendengar suara apapun di sekitar walaupun tidak lagi menggunakan headset.

4. Kerusakan Permanen Pada Telinga

pri_1455971493

Kebiasaan menggunakan headset terlalu lama bukan hanya bisa membuat pendengaran terganggu sementara, tapi juga berisiko mengalami kerusakan permanen pada telinga. Apalagi jika terus menerus mendengarkan musik lewat headset dengan volume yang keras dan dibawa tidur. Fungsi telinga bisa perlahan-lahan menurun hingga akhirnya mengalami kerusakan permanen.

5. Kerusakan Otak

hati-hati-migrain-bisa-sebabkan-kerusakan-otak-permanen

Para peneliti pernah melakukan percobaan dan menemukan bahwa gelombang elektromagnetik yang dihasilkan dari headset dapat menyebabkan kerusakan pada otak tikus. Hal ini harusnya menjadi alasan agar orang-orang berhati-hati dan membatasi penggunaan headset agar tidak terlalu lama karena bukan tidak mungkin gelombang elektromagnetik tersebut juga bisa menyebabkan kerusakan pada otak manusia.

Akhir Kata

Itulah _5 Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama_. Gimana? Kamu masih suka menyumbat telinga demi mendengarkan lagu-lagu kesukaan bahkan sampai dibawa tidur? Sebaiknya segera hilangkan kebiasaan tersebut sebelum terlambat ya. Semoga bermanfaat.

sumber : jalantikus

Previous Post
Daftar 6 HP yang Paling Susah Diperbaiki 2019
Next Post
Review ASUS Zenfone Live L1

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Menu