Eearphone KZ ZS6 Cocok Untuk Pendengar Musik

  1. Home
  2. Blog
  3. Eearphone KZ ZS6 Cocok Untuk Pendengar Musik

Eearphone KZ ZS6 Cocok Untuk Pendengar Musik | Warung Komputer

eearphone kz

Eearphone KZ ZS6 Cocok Untuk Pendengar Musik

Ketika saya pertama melihat KZ ZS6 baru pada bagian pre-order pada beberapa toko online popular, saya langsung bersemangat. Ini adalah set IEM baru pada seri Z dari Knowledge Zenith dengan sebuah nomor model baru jadi saya berasumsi bahwa ia pasti adalah sesuatu yang sangat berbeda dari peluncuran KZ sebelumnya. Namun ketika saya sadar bahwa ZS6 sepertinya hampir identik dengan ZS5 sebelumnya dengan beberapa perubahan minor, semangat itu padam dengan cepat. Saya berasumsi bahwa ZS6 hanya gimmick pemasaran oleh Knowledge Zenith dan bahwa ia tidak lebih dari versi upgrade ringan dari ZS5.

Namun, saya tetap memutuskan untuk memberikan kesempatan kepada ZS6 dan ketika GearBest menawarkan untuk mengirimkan sampel ulasan maka saya menyetujuinya. Lagi pula, Knowledge Zenith adalah sebuah merek yang memiliki reputasi untuk memberikan kita kejutan dengan IEM bagus dalam 1 tahun peluncuran terakhir, satu demi satu, ZS3 yang kemudian diikuti dengan ZST dan ZS5. Masing-masing IEM dalam seri Z menawarkan ciri-ciri mereka masing-masing dan semuanya memiliki performa audio yang luar biasa jadi saya benar-benar penasaran untuk mengetahui apa yang sebenarnya KZ miliki dalam ZS6 yang baru.

Highlight Produk

eearphone kz

  • Rancangan: In-ear dengan atau tanpa mikrofon built-in dan tombol jawab
  • Unit Driver: Rancangan hibrida 2 Driver Dinamis / 2 Balanced Armature
  • Kerangka: Aluminium dengan rancangan terbuka
  • Respons frekuensi: 7Hz-40000Hz
  • Sensitivitas: 105 dB
  • Impedansi: 15 ohms
  • Kabel: 1.2m dapat dicopot
  • Earbud: 3 set
  • Jack Input: 3.5mm stereo
  • Berat: 26g

Ketika saya pertama menerima ZS6 saya, ia sama seperti IEM (In-Ear Monitor) seri Z lain dari KZ. Ada ear piece, kabel yang dapat dicopot dan 3 set ear bud dalam ukuran berbeda-beda. Tidak ada yang aneh, sungguh, sampai saya menggunakannya dan sadar bahwa ini sama sekali bukan ZS5. Dalam menit pertama atau kedua mendengarnya, cukup jelas bahwa ZS6 sangat berbeda dari ZS5 dalam hal performa audio.

Seperti IEM seri Z lain, ZS6 tersedia dengan atau tanpa mikrofon untuk panggilan bebas genggam. Ia juga tersedia dalam tiga warna berbeda – hijau, hitam dan merah.

Kualitas Pembuatan dan Kenyamanan

eearphone kz

ZS6 memiliki kualitas pembuatan dan kenyamanan yang hampir identik dengan ZS5. Jika kamu belum membaca ulasan saya mengenai ZS5, kamu bisa membacanya di sini. Satu-satunya perbedaan adalah dalam pembuatan earpiece yang dibuat menggunakan aluminium hasil mesin CNC (ZS5 dibuat dari plastik). ZS6 juga menggunakan kabel over-the-ear yang sama yang memastikan earpiece terpasang.

Metode pemakaian ZS6 ini mungkin tidak menarik bagi semua orang, terutama mereka yang memakai kaca mata. Dari pengalaman saya menggunakan ZS5, ia terasa cukup nyaman. Secara pribadi saya merasa ZST dan ZS3 terasa jauh lebih nyaman dibandingkan ZS6 karena ZS6 tidak memiliki bentuk organik namun ini mungkin hanya karena pilihan pribadi saya.

Tiga set ear bud juga terasa cukup nyaman meskipun beberapa pengguna mungkin akan meng-upgrade IEM mereka dengan ear bud aftermarket untuk kenyamanan, kecocokan dan performa audio yang lebih baik. Pada akhirnya, semua tergantung pada pilihan dan selera pribadi.

Kualitas Audio

eearphone kz

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ZS6 memiliki performa audio yang sangat berbeda ketika dibandingkan dengan ZS5 meskipun mereka terlihat mirip dan memiliki jumlah balanced armature dan drive dinamis yang sama. Ketika saya pertama menguji ZS6 saya, cukup jelas bahwa IEM terbaru KZ lebih baik dari ZS5 yang sebelumnya. Ini sebuah kejutan bagi saya karena saya tidak mengharapkan banyak dari ZS6.

Sekarang, saya bukan orang yang menggunakan kata-kata rumit dan penuh teka-teki untuk menjelaskan dengan fasih kualitas earphone hanya agar terdengar seperti seorang audiofil ahli. Sederhananya, audio pada ZS6 keluar lebih jelas dan tajam dibandingkan dengan ZS5. Bass-nya sama seperti pada ZS5 tapi sepertinya tidak terlalu berantakan dan boomy. ZS6 memiliki sinyal audio “V” yang lebih jelas sedangkan ZS5 terdengar sedikit lebih hangat. ZS5 juga terdengar sedikit redam pada semua frekuensi.

Itu tidak membuat ZS5 menjadi sebuah produk gagal. Untuk sepasang IEM yang kira-kira seharga $20, menurut saya ia memiliki performa audio yang luar biasa. Hanya saja ZS6 sepertinya tampil pada tingkat yang jauh berbeda dalam hal kejelasan dan ketajaman.

Saya merasa bahwa tidak lama setelah peluncuran ZS5, para perancang di Knowledge Zenith memutuskan untuk mendalami bagaimana mereka dapat meningkatkan performanya. Mungkin saja mereka menemukan beberapa hal, mengutak-atiknya dan memutuskan untuk meluncur ulang ZS5 sebagai model baru tanpa merancang ulang eksteriornya. Saya sendiri bukan seorang perancang namun menurut saya peningkatan dalam kualitas audionya mungkin adalah hasil dari menggunakan aluminium untuk pembuatan badan terbukanya dan perubahan posisi dari balanced armature-nya.

Seperti ZS5, ZS6 memiliki dua drive dinamis (10mm dan 6mm) dan dua balanced armature untuk masing-masing bagian. Keempat drive mencakup spektrum frekuensi audio yang luas. Drive dinamis menghasilkan suara pada frekuensi rendah sedangkan balanced armature menangani frekuensi tinggi.

Pada ZS5, satu balanced armature (BA) diposisikan dekat dengan nosel sedangkan satu lagi diposisikan lebih dalam badan dan lebih dekat dengan dua drive dinamis. Pada ZS6, kedua BA diposisikan berdampingan di dekat nosel. ZS6 juga adalah sebuah IEM “terbuka” yang berarti ia memiliki badan aluminium yang memiliki grill ventilasi di bagian belakang untuk membiarkan tekanan udara keluar ketika drive sedang beroperasi. Ini mungkin adalah alasan mengapa ZS6 terdengar lebih jelas dibandingkan dengan ZS5. Badan dari ZS5 sepenuhnya tertutup dan tidak ada ventilasi yang mungkin menjelaskan mengapa ia terdengar sedikit redam. Perbedaan besar yang lain adalah impedansi – 15 Ohms pada ZS6 dan 8 Ohms pada ZS5 meskipun saya tidak tahu bagaimana impedansi lebih tinggi pada ZS6 membantunya bekerja dengan lebih baik.

Semua perubahan kecil ini membuat ZS6 menjadi IEM yang sangat mengesankan dengan harga kurang dari $50 tetapi menawarkan performa yang serupa dengan IEM dari merek besar dengan harga dua hingga tiga kali lipat. Saya telah menggunakan ZS6 untuk mendengarkan musik, menonton film dan bermain game pada ponsel, PC dan tablet saya dan sampai sekarang telah bekerja dengan sangat baik.

Ketika menguji ZS6, saya menyambungkannya langsung ke jack earphone dan tidak menggunakan amplifier apa pun. Saya rasa ini mungkin adalah cara paling umum yang digunakan banyak pemilik ZS6 dalam menggunakan IEM mereka. Dengan impedansi hanya 15 Ohms pada ZS6, kebanyakan perangkat seperti ponsel dan laptop yang memiliki output audio daya rendah seharusnya tidak memiliki masalah dalam menyampaikan sinyal audio yang cukup bagus kepada ZS6.

Ada kemungkinan ZS6 dapat bekerja dengan sedikit lebih baik jika digunakan dengan amplifier namun ulasan ini bermaksud untuk memamerkan ZS6 dalam bentuk asli tanpa upgrade. Hal-hal tambahan seperti amplifier dan ear bud aftermarket dan kabel dapat membantu dalam menghasilkan audio lebih bagus pada ZS6 namun itu adalah topik untuk ulasan lain yang mudah-mudahan akan saya terbitkan dalam waktu dekat ini.

Bagi mereka yang ingin membuat ZS6 mereka wireless, ada modul Bluetooth yang bisa kamu tukar dengan kabelnya. Modul seperti itu juga memiliki pengendali playback dan volume. KZ ZS6 dengan mikrofon built-in saat ini tersedia di GearBest untuk $45.50 terkirim. Klik di sini untuk detail lebih lanjut.

KZ ZS6
  • Harga – 85%

  • Kualitas Pembuatan – 82%

  • Kualitas Suara – 96%

  • Nilai – 88%

  • Kenyamanan – 75%

85%

Ringkasan

Dalam beberapa hal, ZS6 seperti ZS5 yang dibuat kembali. Dengan kata lain, ia adalah apa yang seharusnya dimiliki ZS5 ketika ia pertama diluncurkan. Dengan ZS6, KZ memutuskan bahwa ZS5 dapat ditingkatkan dan mereka melakukannya – membuat IEM hibrida paling canggihnya lebih bagus. Ini dilakukan dengan memindahkan salah satu balanced armature dan memberikan ZS6 cangkang aluminium dengan rancangan terbuka. Hasilnya adalah IEM yang menghasilkan tingkat kejelasan dan detail audio terbaik yang dapat kamu temukan dalam deretan seri Z milik KZ.

Dengan harga di bawah $50 terkirim, ZS6 adalah sesuatu yang sangat saya rekomendasikan untuk audiofil mana pun yang ingin kualitas audio luar biasa dengan anggaran terbatas. Kabel yang dapat dicopotnya juga membuka kesempatan untuk berbagai macam upgrade seperti kabel lapis perak yang lebih bagus dan modul Bluetooth.

Sumber : http://spectrelabs.com

 

Previous Post
Komputer Anda Belum Di Settings Biosnya? Ini Dia Caranya
Next Post
Inilah Teknologi Canggih Yang Memudahkan Aktivitas

Related Posts

No results found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Menu