Daftar Teknologi Yang Memanfaatkan Ilmu Tumbuhan

  1. Home
  2. Blog
  3. Daftar Teknologi Yang Memanfaatkan Ilmu Tumbuhan
BlogInformasi Teknologi

Daftar Teknologi Yang Memanfaatkan Ilmu Tumbuhan | Warung Komputer

Daftar Teknologi

Daftar Teknologi Yang Memanfaatkan Ilmu Tumbuhan

1. Pembangkit Listrik Tenaga Surya Abengoa

Daftar Teknologi

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTA) Abengoa diciptakan saat para peneliti di MIT terinspirasi dari salah satu tumbuhan bunga yaitu Bunga Matahari. Keteraturan kelopak bunga matahari mengispirasi peneliti untuk mendesain Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang dapat meminimalkan penggunaan lahan dan juga meningkatkan energi yang dihasilkan oleh PLTS tersebut.
Penelitian MIT mengenai PLTA ini diterbitkan dalam Jurnal Solar Energy, berfokus pada penempatan cermin yang terpasang di tanah yang diarahkan ke menara pusat. Sinar matahari yang dipantulkan oleh cermin tersebut terkonsentrasi pada menara yang akan membuat air mendidih atau juga cairan lainnya untuk menghasilkan uap; kemudian uap menjalankan turbin dan generator, dan menghasilkan energi listrik.

2. Velcro

Daftar Teknologi

Velcro merupakan sebuah teknologi yang terinspirasi dari cara duri tanaman menempel pada bulu anjing. Velcro berfungsi untuk mengikat dua sisi kain, pertama kali diciptakan pada tahun 1948 oleh Insinyur Listrik bernama George de Mestral. Velcro ini dipatenkan oleh penemunya pada tahun 1955 dan dibuat secara praktikal sampai diperkenalkan secara komersial pada akhir tahun 1950-an.

Pada tahun 1941, insinyur Swiss George de Mestral mengamati duri tersebut di bawah mikroskop dan melihat adanya ratusan kait kecil yang bisa menempel pada rambut atau pakaian. Dia mengembangkan bahan Velcro, dari kata Prancis “velours,” yang berarti beludru, dan “crochet,” yang berarti kait.
Penerapan velcro pada kehidupan terdapat pada sepatu anak-anak sampai pakaian astronot.

3. Pemurni udara Andrea (Andrea Air Purifier)

Daftar Teknologi

The Andrea Air Purifier adalah sebuah alat hasil kombinasi brilian antara manusia dengan tanaman yang dapat mempercepat kemampuan alami alam untuk membersihkan udara yang kotor dalam rangka untuk mendetoksifikasi suasana di dalam rumah. Alat yang luar biasa ini mampu membersihkan udara di rumah Anda lebih baik dibandingkan dengan tanaman biasa.

4. Biophotovoltaic Moss Table

Daftar Teknologi

Biophotovoltaic Moss Table merupakan meja yang dapat membangkitkan listrik melalui proses fotosintesis. Biophotovoltaics Moss Table  adalah karya inovatif yang menunjukkan potensi masa depan teknologi Bio Photo-Voltaic-(BPV).
Dengan meja ini listrik dihasilkan dari elektron lalu ditangkap oleh serat konduktif dalam meja. Teknologi ini mampu mengubah energi yang terbuang dalam proses fotosintesis menjadi daya yang dapat dimanfaatkan dengan praktis.

5. Charger tenaga surya Electree+

Daftar Teknologi

Charger tenaga surya Electree++ ini  terisnpirasi dari bentuk tanaman hias yang populer yaitu bonsai. Charger tenaga surya Electree dirancang oleh Vivien Muller merupakan cherger tenaga surya yang berbentuk bonsai pohon dimana charger ini dapat mengirimkan daya listrik ke perangkat ponsel Anda dari desktop.
Charger Electree+ dapat menangkap cahaya melalui 27 buah panel surya berukuran mini yang menghiasi cabang-cabangnya sebagai sumber energi.

Sumber: pageeki

Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.
blank

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

blank
Ini Harga Samsung Galaxy M20 Terbaru di Indonesia
blank
Inilah Teknologi Canggih Yang Memudahkan Aktivitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu