Cara Mudah Menghemat Baterai Laptop

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Mudah Menghemat Baterai Laptop
BlogTutorial Komputer

Cara Mudah Menghemat Baterai Laptop

WarungKomouter.com-Ketika sedang bepergian atau tidak berada di depan komputer, laptop dan tablet adalah perangkat yang paling penting untuk yang ingin terhubung lewat internet. Tetapi salah satu masalah utama dalam menggunakan laptop dan tablet untuk mengerjakan pekerjaan biasanya terletak pada konsumsi baterai. Banyak terjadi dimana anda akan kehabisan daya baterai saat sedang mengerjakan sesuatu. Sama seperti windows 7windows 8 juga dapat dioptimalkan untuk menggunakan daya baterai secara hemat.

Berikut adalah tips yang cukup mudah yang dapat diikuti untuk menghemat daya baterai pada laptop atau tablet:

Cara Mudah Menghemat Baterai Laptop

Pilih power plan yang tepat

Windows 8 memiliki default 2 power plan, yaitu balanced dan power saver. Kadang menggunakan Windows 8 OEM mungkin memiliki power plan tambahan berdasarkan perangkat yang digunakan. Tetapi disarankan untuk menggunakan modus power saver untuk perangkat anda.

Kurangi Kecerahan Layar Monitor (Brightness)

Tampilan layar adalah salah satu bagian yang paling banyak menggunakan daya baterai laptop atau tablet. Kecerahan layar ini dapat diatur sesuai kebutuhan. Untuk mengatur kecerahan layar ini dapat diatur melalui setting lalu menu Brightness.

Gunakan fitur sleep kecerahan layar saat tidak dipakai

Saat sedang tidak menggunakan laptop atau tablet, walaupun periodenya singkat anda dapat menghemat daya dengan membuat layar agak redup hinggap mematikan layar hingga anda menggunakan kembali.

Matikan atau cabut perangkat yang digunakan

Flash disk, harddisk external, modem hingga bluetooth yang terhubung dengan laptop akan membuat daya penggunaan baterai meningkat karena harus mengaktifkan semua perangkat tersebut, jadi apabila sedang tidak digunakan maka disarankan untuk dilepaskan dari laptop.

Defrag harddisk

Penggunaan baterai pada harddisk akan semakin banyak apabila isi harddisk berantakan, gunakan program defrag agar segmentasi dalam harddisk lebih teratur sehingga baterai tidak terbeban dengan isi harddisk. hal ini juga berguna untuk mempercepat kinerja harddisk yang lambat.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa poin yang mungkin akan membantu agar menghemat baterai laptop kamu tidak cepat rusak. Ada baiknya kita mencegah kan dari pada sudah terlanjur rusak. Semoga bermanfaat.

 SUMBER:
jalantikus.com
Tags: , , ,
Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

blank
Cara Download Windows 10 Dengan Legal
blank
Cara Menggunakan Fitur Near Share Windows 10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu