Cara Mudah Membuat Chat Bot Sederhana di Android

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Mudah Membuat Chat Bot Sederhana di Android

Cara Mudah Membuat Chat Bot Sederhana di Android

WarungKomputer.com-Pada tutorial sebelumnya, kita sudah bisa membuat Chat Layout Sederhana. Bagi Anda yang belum membacanya sangat saya sarankan untuk mengikuti tutorial Cara Mudah Membuat Chat Bot Sederhana di Android ini kita fokus ke pembuatan chat bot nya. Untuk masalah layout kan sudah kita bahas di part 1 jadi, untuk part 2 ini saya rasa tidaklah terlalu sulit karena fokusnya hanya mengarah ke logic dari si chat bot nya saja. “Sebenarnya apa itu chat bot?” Kalau menurut penulis, chat bot itu adalah robot sederhana yang tidak berbentuk fisik (virtual) yang sudah di program untuk bisa berkomunikasi dengan penggunanya dengan baik dan bisa membantu atau mempermudah pekerjaan manusia. Itu sih pengertian menurut penulis terkait apa itu chat bot. Kalau Anda mau tahu lebih dalam lagi terkait apa itu chat bot bisa Anda searching sendiri di internet ya.

Cara Mudah Membuat Chat Bot Sederhana di Android

Chat Bot pada tutorial ini kita menggunakan AIML. “Apa itu AIML?” Berdasarkan dari sumber yang saya dapat dari internet http://www.w3ii.com/en-US/aiml/aiml_introduction.html

AIML Stands for Artificial Intelligence Modelling Language. AIML is XML based markup language meant to create artificial intelligent application to create human interface while keeping the implementation simple to program, easy to understand and highly maintainable.

Pada awalnya, AIML di kembangkan oleh Alicebot free software community dan Dr. Richard S. Wallace selama 5 tahun dari tahun 1995 – 2000. Jadi, kesimpulannya adalah bahwa AIML itu merupakan modelling language yang dibuat dalam bentuk XML Markup untuk membuat Artificial Intelligence atau sering disingkat AI. Dikarenakan, AIML berbentuk seperti XML yang memiliki tag-tag markup maka, pada AIML juga ada beberapa tag markup yang penting untuk digunakan yaitu sebagai berikut:

  1. <aiml>
    Tag <aiml> digunakan untuk mendefinisikan awal dan akhir dari file AIML.
  2. <category>
    Tag <category> digunakan untuk mendefinisikan ilmu pengetahuan yang ditanamkan ke AI dalam bentuk kategori dan dilanjutkan dengan tag <pattern>.
  3. <pattern>
    Tag <pattern> digunakan untuk mendefinisikan karakter, kata, atau kalimat yang di inputkan oleh pengguna kepada si AI.
  4. <template>
    Tag <template> digunakan untuk memberikan balasan atau respon kepada si pengguna terkait dengan pesan yang diterima oleh AI yang didapatkannya dari tag <pattern>.

Selain keempat (4) tag markup tersebut ada beberapa tag lainnya yang ada pada AIML yaitu seperti berikut.

  1. <star>
    Tag ini digunakan untuk mencocokkan semua karakter pada tag <pattern>yang dibuat dalam bentuk karakter *.
  2. <srai>
    Tag <srai> digunakan untuk membuat multiple tag atau lebih tepatnya memanggil tag lain.
  3. <random>
    Tag <random> digunakan untuk membuat proses pengacakan pesan balasan yang akan didapatkan oleh si pengguna. Dalam tag ini harus ada statement list atau tag <list> sehingga ada list atau daftar yang akan dipilih oleh si tag <random>.
  4. <li>
    Tag ini digunakan untuk membuat list dalam file AIML.
  5. <set>
    Tag <set> berfungsi untuk membuat atau meng-set nilai variable dalam file AIML.
  6. <get>
    Tag <get> merupakan kebalikan dari tag <set> yaitu, untuk mendapatkan nilai variable yang ada dalam file AIML.
  7. <that>
    Tag ini berfungsi untuk membuat si AI bisa membahas suatu topik tertentu yang dibahas oleh si pengguna dan si AI memberikan suatu pesan balasan yang sesuai dengan jawaban si pengguna.
  8. <topic>
    Tag <topic> berfungsi untuk membuat si AI bisa membahas suatu topik tertentu lebih dalam lagi sehingga pembahasannya bisa lebih panjang. Dan biasanya tag ini digunakan untuk jawaban pengguna yang memiliki jawaban “yes” atau “no”.
  9. <think>
    Tag <think> digunakan untuk membuat si AI bisa menyimpan variable namun, nilai variable tersebut bisa tidak diberitahukan kepada si pengguna.
  10. <condition>
    Tag ini berfungsi untuk membuat fungsi percabangan dari jawaban yang akan diberikan si AI kepada pengguna.

Pembahasan TAG AIML dan Contoh Penggunaannya

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa pada AIML ada 4 tag utama dan 10 tag pendukung jadi, totalnya ada 14 tag dalam AIML. Berikut akan saya jelaskan fungsi detailnya dan contoh penggunaannya dalam sebuah percakapan atau komunikasi dengan pengguna.

1. <aiml>

Tag <aiml> digunakan sebagai penanda bahwa file tersebut adalah file AIML dan tag ini diletakkan di awal dan di akhir statement dalam file AIML. Contoh penggunaannya.

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<aiml>
	<!-- letakkan tag atau statement lainnya di sini -->
</aiml>

2. <category>

Tag <category> digunakan untuk mencocokkan kata atau topik tertentu yang diberikan kepada si AI dalam bentuk kategori dan dilanjutkan dengan tag <pattern>. Contoh penggunaannya.

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<aiml>
	<category>
		<!-- letakkan tag <pattern> di sini -->
	</category>
</aiml>

3. <pattern>

Tag <pattern> digunakan untuk membuat pencocokan kata atau kalimat yang lebih spesifik lagi terhadap inputan si pengguna kepada si AI. Contoh penggunaannya

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<aiml>
	<category>
		<pattern>
			NAMA LENGKAP KAMU APA
		</pattern>
	</category>
</aiml>

4. <template>

Tag <template> digunakan untuk membuat statement atau pesan balasan yang akan diberikan kepada si pengguna terkait dengan inputan yang diberikannya kepada si AI. Contoh penggunaannya

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<aiml>
	<category>
		<pattern>NAMA LENGKAP KAMU APA</pattern>
		<template>
			Nama lengkap saya adalah Chatbot Popoyo.
		</template>
	</category>	
</aiml>

5. <star>

Tag <star> digunakan untuk membuat pencocokan karakter, kata atau kalimat yang kemungkinannya itu bisa lebih dari satu statement pada tag <pattern>. Dalam tag <pattern>, tag <star> ini dibuat dalam bentuk *. Atau dengan kata lain lebih tepatnya tag <star> ini seperti fungsi regular expression (regex) dalam bahasa pemrograman dan karakter * dalam statement tag <pattern> bisa digunakan untuk pencocokan atau match untuk seluruh karakter atau kalau dalam regex di Java ini seperti karakter . yang fungsinya untuk pencocokan seluruh karakter. Berikut contoh percakapannya.

User : Saya Yudi nama lengkap kamu apa? Mau buat cover makalah tugas kelompok kita nih.

Robot : Hai Yudi. Nama lengkap saya adalah Chatbot

Akhir kata:

Semoga artikel Cara Mudah Membuat Chat Bot Sederhana di Android bisa membantu kalian

SUMBER:
codepolitan.com

, , ,
Previous Post
Cara Mudah untuk Deploy Aplikasi Web Dengan ASP.NET Core
Next Post
Cara Mudah Membuat RecyclerView dengan Multiple View Type di android

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Menu