Cara Merubah MicroSD Menjadi Memori Internal

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Merubah MicroSD Menjadi Memori Internal

Cara Merubah MicroSD Menjadi Memori Internal

WarungKomputer.com-Setiap kamu dowload sebuah aplikasi, pastinya instalasi tersebut akan tersimpan ke memori internal. Dengan memori internal yang terbatas, kebebasan kamu untuk menyimpan sesuatu juga terbatas oleh besarnya kapasitas memorimu.

Namun, semua bisa diakali dengan menggunakan MicroSD jika smartphone kamu mempunyai slot-nya. Malahan sekarang Google meleluasakan kamu untuk memilih MicroSD kamu untuk menjadi memori portabel atau menjadi bagaian dari memori internal.

Cara Merubah MicroSD Menjadi Memori Internal

Jika kamu mempunyai smartphone dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow ke atas, kamu bisa menggunakan fitur yang dapat merubah MicroSD menjadi memori internal. Nantinya MicroSD tersebut akan diperlakukan sama seperti memori internal.

Artinya, kamu dapat menginstal aplikasi dan menyimpan data-data aplikasi di memori tersebut, bahkan aplikasi yang mempunyai widget dan proses background. Lalu, jika kamu mengatur MicroSD kamu menjadi memori internal, MicroSD tersebut tidak akan bisa terbaca oleh device lain.

Kali ini, kami akan membagikan cara mengubah MicroSD menjadi memori internal. Langsung disimak aja ya guys!

Cara Merubah MicroSD Menjadi Memori Internal

Jika kamu berencana merubah MicroSD menjadi memori internal, pertama-tama yang perlu kamu perhatikan adalah kualitas MicroSD itu sendiri. Pastikan memori yang kamu gunakan adalah SD card dengan kecepatan yang memadahi, seperti MicroSD class 10.

Ini semua karena jika kamu menggunakan MicroSD dengan harga murah namun berkecepatan rendah, ini akan menghambat proses HP kamu untuk membaca memori. Hal ini malah memperlambat smartphone kamu lho!

Nah, sekarang kita masuk ke tahap-tahap merubah MicroSD menjadi memori internal ya. Pertama-tama, masukkan MicroSD yang ingin kamu ubah, lali pilih Setup dan pilih Use as internal storage.

Perlu diperhatikan, setelah kamu memilih untuk merubah MicroSD menjadi memori internal, HP kamu akan secara otomatis memformat ulang MicroSD kamu. Jadi jika ada berkas penting, pindahkanlah terlebih dahulu.

Lalu kamu bisa memilih untuk memindahkan foto, file, dan beberapa aplikasi untuk dipindahkan ke memori terbaru tersebut. Tapi, jika kamu ingin melakukannya nanti, kamu bisa mengaksesnya lewat Settings > Storage & USB, pilih drive-nya, tap tombol menu, dan pilih Migrate data.

Cara Membatalkannya

Jika kamu ingin merubah pikiranmu dan ingin mengubah MicroSD yang sudah menjadi memori internal untuk dikembalikan menjadi memori portabel, kamu bisa melakukannya dengan mudah lho. Kamu hanya perlu masuk ke Setiings > Storage & USB.

Lalu tekan MicroSD yang ingin kamu ubah menjadi memori protabel, tap tombol menu dan pilih Format as portable. Proses ini akan menghapus konten-konten yang ada di MicroSD. Mudah banget kan?

Akhir Kata

Itulah Cara Merubah MicroSD Menjadi Memori Internal. Sebenarnya fitur ini bagus banget buat kamu yang senang menginstal banyak aplikasi namun dengan memori yang terbatas. Namun, ini akan menjadi masalah jika MicroSD yang kamu gunakan tidak terlalu cepat. Jadi, perhatikan dulu ya sebelum menggunakan fitur ini.

, , ,
Previous Post
Cara Menambahkan Lokasi Baru di Instagram
Next Post
Cara Membuka Dokumen Word yang Corrupt

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Menu