Cara Mengetik Lebih Cepat di Android

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Mengetik Lebih Cepat di Android

Cara Mengetik Lebih Cepat di Android

WarungKomputer.comchatting sudah jadi aktivitas wajib untuk para pengguna smartphone terutama para generasi muda, termasuk kamu bukan? Pasti kamu punya teman yang kurang asik diajak chatting karena balasnya lama. Bukan karena pending, melainkan memang ngetiknya lama.

Jika iya, atau justru kamu sendiri yang sering diprotes teman atau gebetan karena kurang cepat ngetik saat lagi asik chatting? Tenang aja karena kali ini kami akan kasih kamu tips mengenai delapan Cara Mengetik Lebih Cepat di Android.

Cara Mengetik Lebih Cepat di Android

1. Masukkan Emoji Lebih Cepat

Tentunya kamu gak mau ketinggalan serunya menggunakan emoji, kan? Tapi hati-hati, jangan sampai menggunakan emoji malah bikin kamu makan waktu lama dalam mengetik chat. Untuk mudahnya, kamu gak perlu repot mencari emoji satu per satu.

Ya. Kamu cukup mengetik kata yang ingin kamu ungkapkan ke dalam emoji, maka akan muncul rekomendasi emoji yang menggambarkan kata yang kamu ketik. Contohnya seperti pada gambar di atas. Cara ini otomatis akan mempersingkat waktu kamu mengetik pesan.

2. Masukkan Angka Lebih Cepat

Dalam pengaturan awalnya, jika kamu menggunakan Gboard, opsi angka tidak terletak di keyboard utama ketika kamu mengetik pesan. Kamu harus terlebih dulu menekan “?123” untuk memunculkan angka. Kamu bisa mengatur agar angka ada di tampilan awal.

Caranya adalah masuk ke menu pengaturan Gboard Settings > Preferences > aktifkan Number row. Dengan begitu, tampilan keyboard awal saat kamu mengetik akan seperti gambar di atas, lengkap dengan opsi angka di bagian atas.

3. Manfaatkan Text Prediction dan Suggestions

Gboard yang kamu gunakan di smartphone Android kamu punya fitur Text Prediction dan Suggestions yang otomatis akan memunculkan kata yang ingin kamu ketik, hanya dengan mengetik dua sampai tiga huruf pertamanya.

Seperti contoh pada gambar di atas, kamu bisa langsung memasukkan kata yang kamu maksud setelah mengetik dua atau tiga huruf awalnya saja, lalu pilih kata yang sudah tersedia di kotak merah. Otomatis waktu ngetik kamu akan semakin singkat.

4. Buat Singkatan Kata yang Sering Digunakan

Kamu punya perbendaharaan kata atau frase yang sering kamu singkat agar lebih mudah diucapkan? Tentunya kamu juga ingin menerapkannya di chatting, bukan? Hal itu nyatanya bisa kamu lakukan di keyboard Android kamu.

Masuk ke Gboard Settings > Personal dictionary > masukkan singkatan dan kata aslinya dalam kolom yang sudah disediakan. Dengan begitu, singkatan yang kamu ketik dalam chat, otomatis akan berubah jadi kepanjangannya.

5. Glide Typing

Gboard juga menyediakan fitur yang terbilang menyenangkan dan sangat memudahkan kamu. Kamu bisa mengetik pesan tanpa harus menakannya secara satu per satu. Kedengarannya gampang banget, bukan?

Seperti pada gambar di atas, kamu cukup menekan sekali lalu menggeser jari kamu ke arah huruf demi huruf yang ingin kamu jadikan kata. Keyboard akan otomatis membaca pergerakan jari kamu dan memunculkan kata yang kamu maksud di kolom. Keren, kan?

6. Mengetik dengan Suara

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur voice typing alias mengetik dengan menggunakan suara kamu. Ya. Artinya kamu gak perlu lagi mengetik dengan menggunakan jari karena cukup dengan sekali klik, kamu bisa menyebutkan kata yang ingin kamu ketik.

Caranya dengan menekan ikon mikrofon yang ada di sebelah kanan atas keyboard. Setelah muncul perintah “Speak Now“, ucapkan kata yang ingin kamu ketik lalu otomatis kata tersebut akan muncul. Tapi ingat, jangan ucapkan kata-kata aneh karena akan sulit untuk diterjemahkan.

7. Gunakan Aplikasi Keyboard Lain

Tampilan keyboard yang kurang menarik percaya gak percaya juga bisa jadi salah satu faktor yang bikin waktu ngetik kita lebih lama. Jadi, kamu perlu mencoba aplikasi keyboard lain yang bisa memunculkan kembali antusiasme kamu dalam mengetik.

Banyak aplikasi keyboard di Play Store yang bisa kamu instal dan gunakan. Dengan tema dan fiturnya masing-masing, kamu gak akan lagi mengalami kejenuhan, malah akan merasakan pengalaman mengetik yang baru.

Akhir Kata

Itulah Cara Mengetik Lebih Cepat di Android. cara di atas akan membantu kamu agar mengetik lebih cepat di android kamu. Selamat mencoba!

SUMBER:
jalantikus.com

, , ,
Previous Post
Cara Ubah Kamera Android Jadi Kamera Analog
Next Post
Cara Blokir Iklan pada Aplikasi Android Tanpa di Root

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Menu