Cara Mengatasi Windows 10 Lemot

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Mengatasi Windows 10 Lemot
BlogInformasi Teknologi

Cara Mengatasi Windows 10 Lemot | Warung Komputer. Pada tahun 2015 secara resmi Windows 10 pertama kali dirilis. Semenjak perilisannya, ada banyak sekali orang yang tertarik untuk menggunakan sistem operasi yang dirancang oleh Microsoft ini. Microsoft memang banyak melakukan perbaikan pada sistem operasi terbarunya ini. Selain membawa User Interface yang baru dan lebih menarik untuk dipandang, Bagian perfoma dari Windows 10 jauh lebih meningkat dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya.

Meski banyak mendapatkan sentuhan untuk memaksimalkan performa, ternyata tak sedikit juga orang yang mengeluhkan performa Windows 10 yang lemot banget. Tentu saja kejadian Windows 10 lemot ini sangat menjengkelkan sekali. Tapi jangan langsung menyalahkan developer Windows 10 karena terkadang bisa jadi ini disebabkan oleh kesalahan sang pengguna. Tidak perlu emosi saat Windows 10 pada laptop atau komputer kalian lemot, karena ada Cara mengatasi windows 10 lemot yang bisa membantu agar laptop atau PC kalian bisa kembali bekerja dengan cepat seperti biasanya.

Cara Mengatasi Windows 10 Lemot

10 Cara Tepat untuk Mengatasi Windows 10 Lemot

Jika kamu ingin tahu bagaimana cara untuk cara mengatasi windows 10 lemot, cobalah untuk menyimak lebih jauh lagi artikel yang sedang kalian baca seperti berikut ini:

  1. Pastikan Spesifikasi Laptop/PC Kalian Memadai

Ketika meng-install sistem operasi baru, biasanya sang developer menyertakan informasi mengenai spesifikasi minimum yang diperlukan agar OS nya bisa berfungsi sebagaimana mestinya, hal tersebut juga berlaku pada Windows 10.

Cara Mengatasi Windows 10 Lemot

Perlu kalian ketahui, untuk menggunakan sistem operasi terbaru dari Microsoft ini, kalian harus memastikan laptop atau PC kalian setidaknya memiliki spesifikasi seperti berikut ini:

  • Prosesor: Minimum 1 GHz
  • RAM: Minimum 1 GB untuk 32-bit atau 2 GB untuk 64-bit
  • Hard disk: Minimum 32 GB untuk 64-bit dan 32-bit
  • Graphics card: Minimum DirectX 9
  • Display resolution: Minimum 800 x 600

Silahkan cocokkan terlebih dahulu spesifikasi laptop atau PC kalian. Jika dibawahnya, silahkan install OS yang lebih ringan, tapi jika sudah mencukupi tapi tetap lemot, cobalah cara selanjutnya.

  1. Lakukan Restart

Untuk mengatasi Windows 10 Lemot kalian bisa melakukan restart. Karena tidak jarang juga penyebab windows 10 lemot dikarenakan laptop digunakan berhari-hari tanpa dinonaktifkan. Maka karena itu silahkan restart laptop, setelah restart berhasil kalian akan merasakan perbedaannya.

Cara Mengatasi Windows 10 Lemot

Sebenarnya laptop yang standby saat tidak digunakan akan masuk ke mode sleep secara otomatis, tapi alangkah baiknya jika mematikan laptop ketika tidak digunakan karena aplikasi-aplikasi yang sebelumnya digunakan akan tetap berjalan dan bisa membebani PC kalian hingga akhirnya lemot.

  1. Hapus Cache

Cache pada PC memang sangat membebani penyimpanan, karena itu cache bisa menjadi penyebab utama Windows 10 pada PC kalian jadi lemot banget. Solusi terbaik, silahkan hapus cache dengan cara berikut ini:

  • Silahkan Ketik RUN pada kolom menu taskbar
  • lalu ketik Temp kemudian klik OK.
  • Haruslah semua file dan folder yang terlihat hingga bersih.
  • Selesai.
  1. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Pastikanlah aplikasi yang terinstall pada PC kalian adalah aplikasi yang diperlukan. Karena terlalu banyak meng-install aplikasi bisa membuat PC jadi lemot dan pastinya akan sangat menjengkelkan sekali.

Kenapa harus menghapus aplikasi yang tidak diperlukan? Karena:

  • Bisa membebani Hardisk
  • Bisa membuat cache atau file sampah makin banyak

Cara menghapus aplikasi yang jarang digunakan atau tidak diperlukan sangat mudah, silahkan ikuti langkah nya berikut ini:

  • Silahkan Masuk ke Control Panel
  • Lalu silahkan klik Uninstall A Program
  • Lalu pilih dan hapus Aplikasi yang tidak diperlukan atau jarang banget kalian gunakan.
  • Selesai
  1. Hapus File yang Tidak Dibutuhkan

Bukan cuma cache dan aplikasi yang tidak diperlukan saja yang harus kalian hapus. File yang sudah tidak kalian butuhkan lagi, entah itu berupa musik, arsip, video dan sebagainya juga bisa membuat hardisk makin terbebani dan akhirnya PC kalian lemot seperti ini.

Solusinya, silahkan sortir terlebih dahulu mana file yang sudah tidak dibutuhkan lagi, lalu hapus. Apabila semua file masih dibutuhkan, kalian bisa menyimpan sebagian file di flashdisk agar hardisk laptop tidak terlalu terbebani.

  1. Matikan/Kurangi Visual Styles

Windows 10 memiliki fitur yang memungkinkan kalian untuk menggunakan Visual Styles. Memang bisa membuat tampilan makin keren, tapi minusnya fitur ini justru membebani PC hingga akhirnya terasa lemot.

Untuk mengatasinya, kalian harus mematikan fitur ini atau setidaknya mengurangi efek yang kalian gunakan, Caranya gampang sekali, kami akan memandu kalian seperti berikut ini:

  • Pertama klik kanan pada This PC (My computer)
  • Lalu Klik Properties dan Klik Advanced System Settings
  • Kemudian kalian bisa Klik Settings (Pada kolom Performance).
  • Silahkan atur visual Styles.
  • jika sudah klik “OK” lalu klik juga “Apply”.
  1. Tutup Aplikasi yang Berjalan

Aplikasi yang berjalan di laptop memang seringkali menjadi beban. Semakin banyak aplikasi yang berjalan, semakin besar juga bebannya tidak heran jika bisa membuat laptop kalian jadi lemot.

Solusi manjur untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menutup aplikasi yang berjalan secara manual. Cara melakukannya bisa kalian ikuti seperti berikut ini:

  • Pertama bukalah menu Task Manager dengan cara menekekan keyboard Ctrl + Shift + ESC secara bersama.
  • Lalu carilah aplikasi yang tidak diperlukan lagi.
  • Langkah terakhir, klik “End Task”.
  • Selesai.
  1. Mengurangi Icon pada Desktop

Saat startup, laptop atau PC akan memproses untuk menampilkan icon pada desktop. Mengurangi Icon pada desktop banyak dipercaya bisa mempercepat loading PC kalian, seperti ini caranya:

  • Silakan klik kanan pada icon desktop yang ingin kalian hapus.
  • Lalu klik “Delete”.
  • Selesai.
  1. Pastikan Windows Defender Selalu Menyala/Aktif

Cara Mengatasi Windows 10 LemotVirus juga bisa jadi penyebab Windows 10 lemot. Untuk mengatasinya, teman-teman harus memastikan Windows Defender selalu aktif agar sistem selalu aman dari Virus, Malware dan sebagainya.

  1. Pastikan Hardisk Berfungsi Normal

Hardisk memang memegang peranan penting dalam sebuah laptop atau PC. Apalagi sebagian besar pengguna lebih suka menyimpan file di hardisk ketimbang di penyimpanan eksternal seperti flashdisk.

Maka dari itu jika sampai hardisk mengalami penurunan performa, bisa-bisa laptop kalian yang menggunakan Windows 10 akan lemot banget. Untuk memastikan hardisk normal atau sehat, gunakan aplikasi checker seperti Aplikasi HDTune atau Harddisk Sentinel.

Jika hardisk laptop/PC kalian sudah rusak, solusinya silahkan ganti dengan Hardisk yang baru. Karena hardisk rusak dikenal sangat sulit sekali untuk diperbaiki.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi Windows 10 lemot yang kami bagikan kali ini. Semoga dengan membaca artikel ini, kalian bisa tau bagaimana caranya agar Windows 10 yang kalian gunakan bisa kembali cepat. Terimakasih banyak sudah menyempatkan untuk membaca, semoga bermanfaat.

Sumber :
https://surgatekno.com/

Penulis : Razqa Lathif Pradana

Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.
blank

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

blank
Tutorial Mengamankan WordPress
blank
Tutorial Mengatasi Error 413 Request Entity Too Large di WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu