Cara Mengatasi WhatsApp Error & Pending

  1. Home
  2. Uncategorized
  3. Cara Mengatasi WhatsApp Error & Pending
Uncategorized

Cara Mengatasi WhatsApp Error & Pending | WarungKomputer

Walau terkenal sebagai salah satu aplikasi chatting populer, WhatsApp tentu nggak lepas dari masalah.

Seperti pesan WhatsApp yang pending yang akhirnya menjadi tidak terkirim dan tidak diterima dengan baik. Duh, pasti kesel banget, kan?

Nah untuk menjawab masalah kamu ini, sekarang Jaka bakal ulas kumpulan cara mengatasi WhatsApp pending & error. Yuk simak selengkapnya!

Cara Mengatasi WhatsApp Error & Pending

cara-mengatasi-whatsapp-pending

Tentu pasti di antara kamu pernah merasakan kondisi ini dan kesulitan dalam mencari penyebab dan solusi dari cara mengatasi WhatsApp error & pending di smartphone kamu.

Sebenarnya ada beberapa penyebab masalah WhatsApp ini, mulai dari jaringan internet, aplikasi lain yang mengganggu, hingga aplikasi WhatsApp error.

Makanya kali ini Saya bakal ulas satu per satu masalah tersebut.

1. Periksa Jaringan Internet

cara-mengatasi-whatsapp-pending-dan-error-01

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa jaringan internet yang sedang aktif. Pastikan kamu sedang berada di jaringan internet terbaik untuk mencegah pesan WhatsApp tidak diterima alias pending. Di sini kamu juga bisa melakukan beberapa metode untuk memastikan jaringan internet tetap stabil di smartphone Android kamu.

Salah satunya adalah dengan mengunci jaringan 4G LTE agar mendapatkan kecepatan internet yang tinggi dan stabil guys.

2. Aktifkan Mode Pesawat

cara-mengatasi-whatsapp-pending-dan-error-02

Jika langkah pertama masih belum berhasil, kamu bisa dengan menyalakan dan mematikan kembali mode pesawat (airplane mode) di pengaturan Android kamu. Dengan begini kamu istilahnya telah me-restart segala jaringan yang terhubung di smartphone loh.

Cobalah beberapa kali hingga kamu mendapatkan jaringan internet dan pesan WhatsApp diterima. Biasanya jaringan internet akan kembali masuk dan kamu bisa mengakses internet beberapa saat.

3. Cek Penghemat Daya Android

cara-mengatasi-whatsapp-pending-dan-error-03

Smartphone Android yang kamu miliki memang dibekali berbagai macam fitur yang cukup berguna untuk penggunanya. Salah satunya adalah fitur penghemat daya yang akan otomatis menyala saat Android kehabisan baterai.

Sayangnya aplikasi penghemat baterai ini malah akan membuat beberapa notifikasi pesan tidak masuk alias di-pending untuk menghemat baterai Android, termasuk WhatsApp guys.

Nah untuk menonaktifkannya, pada Android kebanyakan akan berada di notification bar dengan tap pada ikon baterai. Jika tidak, kamu bisa masuk ke menu Setting > Battery > Battery saver dan matikan toggle yang aktif.

4. Uninstall Aplikasi Pembersih RAM

cara-mengatasi-whatsapp-pending-dan-error-04

Tidak jarang kebanyakan pengguna meng-install aplikasi pembersih RAM agar kecepatan smartphone Android mereka tetap terjaga.

Nah bisa saja ini adalah salah satu masalah mengapa pesan WhatsApp pending dan error saat kamu gunakan.

Aplikasi pembersih RAM umumnya akan membersihkan aplikasi Android yang berjalan di latar belakang alias background. Karena WhatsApp berjalan di latar belakang untuk menerima pesan, bisa saja aplikasi pembersih RAM sengaja menutupnya.

Solusinya kamu bisa uninstall aplikasi pembersih RAM di smartphone Android jika dirasa cukup mengganggu. Dengan begitu pesan WhatsApp akan kembali diterima dengan normal guys.

5. Bersihkan Cache Aplikasi

cara-mengatasi-whatsapp-pending-dan-error-05

Hayo ngaku? Pasti WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang sering kamu gunakan saat menggunakan smartphone kan? Nah dengan seringnya penggunaan WhatsApp tentu akan semakin banyak cache yang menumpuk dan semakin membengkak.

Apa itu cache? Sebenarnya cache adalah data yang disimpan sementara guna mempercepat pemrosesan sebuah aplikasi.

Dengan membengkaknya cache, bisa saja membuat WhatsApp error dan berakibat pesan yang dikirim atau diterima pending.

Makanya kamu bisa sesekali membersihkan cache WhatsApp. Caranya dengan pergi ke menu Settings > Apps & notifications > WhatsApp > Storage > Clear cache. Tunggu beberapa saat hingga WhatsApp kembali menerima pesan.

6. Bersihkan Data Aplikasi

cara-mengatasi-whatsapp-pending-dan-error-06

Selain membersihkan cache, kamu juga bisa membersihkan data aplikasi WhatsApp untuk mengatasi WhatsApp pending saat menerima atau mengirim pesan. Namun sepertinya kamu mesti melakukan proses back up terlebih dulu deh.

Untuk membersihkan data WhatsApp, kamu bisa pergi ke menu Settings > Apps & notifications > WhatsApp > Storage > Clear data. Gampang banget kan?

Nah, dengan melakukan langkah membersihkan data, WhatsApp akan kembali ke keadaan semula saat kamu mulai mendaftar WhatsApp.

Segala chat akan hilang, makanya perlu proses back up seperti yang Saya sebutkan di atas.

7. Hapus dan Install Ulang

cara-mengatasi-whatsapp-pending-dan-error-07

Langkah terakhir yang bisa saja kamu lakukan adalah dengan melakukan update aplikasi WhatsApp. Bisa saja WhatsApp error dan pending akibat aplikasi chatting yang kamu gunakan sudah ketinggalan dibandingkan dengan versi terbaru.

Jika proses update gagal, kamu bisa saja melakukan uninstall dan melakukan install ulang aplikasi WhatsApp terbaru dari Google Play Store guys.

Bisa saja cara ini cukup membantu untuk me-refresh kembali aplikasi WhatsApp jadi serasa baru loh.

Akhir Kata

Nah, itulah 7 cara mengatasi pesan WhatsApp pending dan error di smartphone Android kamu.

Adakah di antara kamu yang punya pengalaman serupa dan punya cara lain untuk mengatasinya? Yuk share dengan yang lainnya pada kolom komentar ya!

Sumber : JalanTikus

Tags: ,
Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

Langkah-Langkah Membuat Autorun di Flashdrive
Cara Mematikan Fitur “Update” di Microsoft Office

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu