Cara Mengatasi Masalah Pada WhatsApp

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Mengatasi Masalah Pada WhatsApp

Cara Mengatasi Masalah Pada WhatsApp

WarungKomputer.com-WhatsApp mungkin bukan aplikasi yang terinstal secara default pada platform Android. Akan tetapi bagi banyak orang, WhatsApp sudah menjadi salah satu aplikasi wajib yang harus diinstal saat kali pertama menggunakan smartphone.

Meski aplikasi instant messenger yang satu ini bisa diinstal di berbagai jenis smartphone Android, terkadang masalah masih kerap dijumpai. Beberapa masalah memang baru ditemukan setelah menggunakan WhatsApp selama beberapa waktu. Akan tetapi terkadang masalah juga muncul bahkan sejak pertama kali WhatsApp diinstal. Tapi, tenang karena berikut kami kasih tau cara mengatasi masalah WhatsApp.

Cara Mengatasi Masalah Pada WhatsApp

Untuk kamu yang menggunakan aplikasi ini sebagai aplikasi instant messenger utama, tentunya kamu akan lebih siap jika mengetahui masalah dan solusinya sejak dini. Berikut kami kasih tau Cara Mengatasi Masalah Pada WhatsApp.

1. Tidak Dapat Menginstal WhatsApp

tidak dapat menginstall WhatsApp

Sumber foto: Foto: neurogadget.net

Masalah ini sebenarnya cukup jarang terjadi. Itu karena masalah ini biasanya ditemui pada smartphone yang masih menggunakan Android versi 2.1 ke bawah. Penyebab masalah ini semata-mata karena tim pengembang WhatsApp memang sudah tidak lagi mendukung Android vers lama. Meski demikian, bukan berarti versi Android di atas itu terbebas sepenuhnya dari masalah ini.

Jika smartphone-mu sudah berjalan di Android versi terbaru dan masalah ini masih dijumpai, kamu bisa mengatasi masalah whatsapp satu ini dengan cara mengubah setting security pada smartphonemu. Cukup masuk ke menu setting -> security dan enable menu unknown source. Selanjutnya, kamu bisa menginstal WhatsApp dari website resminya.

2. Tidak Menerima Kode Aktivasi

Tidak Menerima Kode Aktivasi dari WhatsApp

Sumber foto: Foto: androidpit.com

Untuk mengaktifkan akun WhatsApp, pengguna biasanya akan menerima kode aktivasi. Kode ini biasanya akan dikirim secara otomatis oleh server WhatsApp. Akan tetapi jika kode tersebut tidak kunjung diterima, pastikan kembali apakah nomor kartu SIM yang kamu masukkan sudah benar. Periksa juga negara yang kamu input sebelumnya dan pastikan kartu SIM telah terpasang dengan benar. Jika masalah masih saja muncul, kamu bisa mengatasi masalah Whatsapp yang satu ini dengan request voice call untuk mengaktifkan akun WhatsAppmu.

3. Pesan tidak Dapat Terkirim

Pesan WhatsApp tidak Dapat Terkirim

Sumber foto: Foto: howtocomp.com

Masalah pesan tidak dapat terkirim di WhatsApp ini umumnya disebabkan karena koneksi internet yang tidak stabil. Karena itu, periksa dulu apakah smartphone telah terhubung dengan internet atau belum. Cek koneksi Wi-Fi atau data yang kamu gunakan. Pastikan juga versi WhatsApp yang terinstal adalah versi terbaru.

Aplikasi Task Killer juga bisa mempengaruhi kinerja WhatsApp. Karena itu, kamu juga bisa mengatasi masalah WhatsApp satu ini dengan memastikan, aplikasi Task Killer yang kamu gunakan tidak mengganggu. Kamu bisa bersihkan cache aplikasi melalui menu settings -> applications -> WhatsApp -> clear cache. Namun jika masalah ini tidak hanya dialami olehmu saja, ada kemungkinan server WhatsApp memang sedang down.

4. Tidak Dapat Mengunduh Foto atau Video yang Diterima

Tidak Dapat Mengunduh Foto atau Video yang Diterima pada WhatsApp

Sumber foto: Foto: androidpit.com

Untuk mengirim dan menerima foto ataupun video, kamu memang membutuhkan koneksi internet yang stabil. Tapi meski demikian, terkadang foto dan video yang diterima tak sepenuhnya bisa diunduh. Masalah seperti ini umumnya terjadi saat pengguna menggunakan paket data untuk terhubung dengan internet.

Secara default sebenarnya WhatsApp akan mengunduh semua foto yang diterima secara otomatis. Meski demikian, pengguna bisa mengubah setting auto download ini pada menu setting aplikasi. Jika kamu mengalami hal ini, kamu bisa mengatasi masalah WhatsApp ini dengan mencoba memeriksa setting dan aktifkan kembali setting auto download. Namun jika masalah ini masih muncul, coba restart Wi-Fi atau smartphonemu.

5. Tidak Dapat Melakukan atau Menerima Panggilan Suara

WhatsApp Tidak Dapat Melakukan atau Menerima Panggilan Suara

Sumber foto: Foto: androidpolice.com

Jika kamu mengalami masalah kualitas panggilan suara yang buruk atau bahkan tidak dapat melakukan dan menerima panggilan suara, kemungkinan besar itu karena koneksi internet yang buruk. Jika menggunakan jaringan selular, setidaknya kamu memerlukan koneksi 3G. Akan tetapi jika orang yang akan kamu hubungi tidak memiliki koneksi yang memadai, masalah ini juga bisa terjadi.

Me-restart WiFi atau data terkadang bisa membantu untuk memperoleh koneksi yang lebih baik. Namun, jika hal tersebut tak banyak membantu, kamu memang harus pindah ke lokasi lain hingga memperoleh sinyal yang lebih stabil, untuk mengatasi masalah WhatsApp ini.

 SUMBER:
jalantikus.com
, , ,
Previous Post
Cara Mengendalikan Komputer Dengan HP
Next Post
Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Awet

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Menu