Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Mengatasi HP Kemasukan Air
BlogTutorial Android

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Image result for hp terkena air

Warung Komputer – Salah satu fitur yang kini banyak disematkan pada smartphone flagship adalah water resistant yang membuat Smartphone tahan air Meski begitu, air nyatanya masih jadi salah satu momok paling menakutkan buat para pengguna smartphone.

Apalagi kalau smartphone kamu sampai terendam air, kecil kemungkinan smartphone dalam keadaan baik-baik saja. Untuk itu, Jaka akan kasih kamu tips sepuluh pertolongan pertama yang wajib diberikan pada smartphone yang terendam air.

Inilah Langkah-Langkah Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

1. Segera Matikan

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Jangan tunggu lama, segera matikan smartphone kamu sesaat setelah terendam air. Karena dalam kondisi menyala dan terkena air akan semakin meningkatkan risiko error dan kerusakan bagi smartphone.

2. Lepaskan Casing, Kartu SIM dan Memory Card

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Jika smartphone kamu menggunakan case tambahan, segera lepaskan. Begitu pula dengan casing bawaan beserta kartu SIM dan memory card yang juga wajib segera kamu lepaskan dari smartphone.

3. Lepaskan Baterai (Khusus Tipe Removable)

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Untuk kamu yang memiliki smartphone dengan tipe removable battery, segera lepaskan baterai smartphone kamu. Akan lebih baik jika baterai kamu bisa dikeringkan sendiri alias terpisah dari smartphone.

4. Keringkan dengan Lap Halus

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Sesudah dibongkar, segera keringkan seluruh komponen smartphone secara perlahan dengan menggunakan lap berbahan halus. Kamu bisa menggunakan tisu toilet atau kanebo untuk mengeringkan smartphone kamu yang baru saja terendam air.

5. Gunakan Alat Pengering

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Jika tingkat kebasahannya cenderung parah, kamu bisa mengeringkannya dengan bantuan alat pengering tambahan. Semisal hair dryer atau mini vacuum, yang bisa kamu gunakan untuk mengeluarkan sisa-sisa air yang masih membasahi bagian dalam smartphone.

6. Rendam Menggunakan Beras

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Cara yang satu ini mungkin sudah sering kamu dengar. Tapi percaya atau gak, merendam smartphone yang terkena air dengan menggunakan beras ternyata memang dilakukan mayoritas orang yang mengalami musibah tersebut.

7. Biarkan 1-2 Hari

Biarkan smartphone kamu terendam dalam beras selama satu hingga dua hari. Di tahap ini, kamu harus sabar karena gak akan bisa menggunakan smartphone kamu dalam jangka waktu tersebut. Jadi, kamu harus cari smartphone alternatif untuk kamu gunakan sementara waktu.

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Merawat Smartphone Non-Removable Battery?

Smartphone kamu sudah menggunakan baterai tanam atau non-removable? Simak yuk cara merawatnya seperti dalam ulasan Jaka berikut ini.
LIHAT ARTIKEL

8. Pasang Baterai, Nyalakan

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Setelah melewati satu sampai dua hari, kamu bisa mulai memasang segala komponen smartphone. Coba untuk nyalakan secara perlahan dan lihat hasilnya apakah smartphone kamu dalam keadaan baik dengan mencoba berbagai fitur dan aplikasi smartphone kamu.

9. Gak Menyala? Coba Lakukan Pengecasan

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Jika setelah kamu coba smartphone gak menyala, mungkin saja baterai kamu dalam keadaan kosong atau drop akibat terendam air. Kamu perlu mencoba untuk melakukan pengisian batrei atau pengecasan dan lihat apakah baterai mau mengisi daya. Jika gagal, coba gunakan baterai lain.

10. Tetap Awasi Selama Beberapa Hari

Jika smartphone kamu akhirnya berhasil kembali pada kondisi semula alias baik-baik saja, kamu tetap harus memperhatikannya dalam beberapa hari ke depan. Bukan mustahil efek kerusakan akibat terendam air baru muncul beberapa hari setelahnya. Tetap waspada dan lebih hati-hati dalam menggunakannya.

Itulah Cara Mengatasi HP Kemasukan Air yang kamu harus lakukan sebagai pertolongan pertama kala smartphone kemasukan air. Gak menjamin smartphone kamu akan 100% baik memang, tapi cara-cara di atas diyakini bisa meminimalisir risiko atau kerusakan yang lebih parah pada smartphone kamu. Tapi, jauh lebih baik jika kamu tetap mnenjaga smartphone dari bahaya terendam air ya!

SUMBER:
Jalantikus.com

Tags: , , , ,
Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

9 Tips Beli HP Android Bekas Murah Dengan Kualitas Oke
Cara Mudah Install Windows 10 Dengan Menggunakan Flashdisk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu