Cara Menambahkan RAM pada Laptop

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Menambahkan RAM pada Laptop

Cara Menambahkan RAM pada Laptop

WarungKomputer.com-Spesifikasi laptop yang paling banyak diperhatikan, yaitu RAM. RAM memiliki fungsi sebagai ruang penyimpanan sementara saat pemrosesan data.

Apakah kamu ingin menambah RAM laptop?

Jangan khawatir, enggak sulit kok Cara Menambahkan RAM pada Laptop. Karena kami akan membahasnya secara lengkap di artikel kali ini. Yuk simak selengkapnya!

Cara Menambahkan RAM pada Laptop

Cara Menambahkan RAM pada Laptop yang kami informasikan ke kamu ini, bisa juga dipakai apabila RAM kamu mengalami kerusakan dan kamu perlu melakukan penggantian. Tapi kalau RAM kamu nggak rusak, kamu bisa mendapatkan berbagai macam manfaat lain dengan menambah RAM.

Seperti contoh untuk mengaktifkan konfigurasi Dual Channel atau bahkan Quad Channel, membuat laptop kamu jadi lebih responsive dan bisa melakukan multi-tasking lebih banyak. Untuk melakukan itu semua, kamu bisa mengikuti langkah-langkah selengkapnya berikut:

Langkah-langkah Cara Menambahkan RAM pada Laptop

Langkah – 1

Hal pertama yang perlu kamu lakukan, tentu saja “Membeli RAM” terlebih dahulu. Kamu bisa membeli RAM baru atau pun bekas. Yang menjadi masalah adalah, kamu harus membeli RAM yang tepat agar cocok di laptop kamu.

Langkah – 2

Jika sudah membeli RAM, saatnya “Membongkar Laptop”. Dan terus terang saja, umumnya cara membongkar laptop itu berbeda-beda, tergantung jenis laptop apa yang kamu gunakan. Tapi kalau hanya untuk RAM, cara membongkarnya mudah kok. Untuk lebih pastinya, sebaiknya kamu membaca panduan berikut.

Langkah – 3

Jika sudah mendapatkan panduan membongkar laptop yang tepat, mulai bongkar laptop kamu hingga “Menemukan Slot RAM”. Kalau kamu masih enggak tahu seperti apa itu slot RAM, kamu bisa lihat gambar di bawah ini agar lebih jelas.

Langkah – 4

Jika sudah ketemu, mulai “Pasang RAM”. Pasang RAM dengan posisi miring sambil ditekan masuk. Pastikan semua bagian logam pin masuk ke dalam slot RAM. Pastikan juga tidak keras atau tidak ada bagian mengganjal.

Langkah – 5

Lanjutkan proses pasang RAM dengan menekan bagian RAM ke kunci RAM. Pastikan kedua kunci RAM mengeluarkan “Bunyi Klik” dan terpasang dengan baik. Kemudian kembali lagi, pastikan juga tidak keras atau tidak ada bagian mengganjal.

Langkah – 6

Jika sudah, “Rakit Laptop” kembali. Nyalakan dan pergunakan seperti biasa, selesai. Kamu telah menyelesaikan Cara Menambahkan RAM pada Laptop dari kami ini, mudah bukan?

Permasalahan Umum Saat Menambahkan RAM Laptop

Yang namanya rencana, memang tidak bisa selalu mulus, terkadang bisa saja ada masalah. Seperti saat melakukan Cara Menambahkan RAM pada Laptop dari kami ini. Rasanya sih semua sudah benar, eh tapi malah bisa saja kamu mendapati laptop kamu rusak, BSOD dan sejenisnya. benar begitu?

Kalau kamu mengalami masalah, tidak usah khawatir. Melalui artikel ini pula, kami akan membahas beberapa permasalahan yang biasa ditemui, dan tentu saja kami akan memberikan solusinya. Nah kira-kira masalah apa saja ya yang bisa ditemui, yuk simak!

1. Blue Screen of Death (BSOD)

Terus terang ini merupakan masalah yang cukup kompleks, karena memang penyebab BSOD (Blue Screen of Death) beragam. Salah satunya juga karena penambahan atau penggantian RAM ini. Apabila kamu menemui masalah ini, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  • Membongkar kembali lalu pasang perlahan, pastikan semuanya terpasang dengan baik.
  • Lepaskan RAM, lalu coba di laptop lain. Pastikan RAM berjalan dengan baik.
  • Lepaskan RAM, lalu coba bersihkan bagian pin RAM dengan penghapus. Terutama bagi kamu yang memakai RAM bekas.

2. Laptop Tidak Menyala dan Berbunyi Beep

Salah satu masalah yang sering dijumpai pula saat menambah RAM, yaitu malah membuat laptop tidak menyala dan berbunyi beep. Bunyi beep umumnya berbeda-beda, ada yang 4 kali atau 5 kali dan lain-lain tergantung dengan merek laptop. Lalu solusinya bagaimana?

  • Sama seperti sebelumnya. Lepaskan RAM, lalu cobalah di laptop lain.
  • Kamu juga bisa mencoba untuk membersihkan pin RAM dengan penghapus karet. Umumnya masalah ini terjadi karena RAM tidak terdeteksi atau rusak.

3. Konfigurasi Dual Channel Tidak Berjalan

Salah satu alasan menambah RAM, yaitu guna mengaktifkan konfigurasi Dual Channel. Dengan ini, maka RAM kamu akan punya channel bandwidth jauh lebih luas, dimana artinya bisa jauh lebih cepat dan responsif. Namun saat tambah RAM, kok malah Dual Channel-nya tidak aktif?

  • Biasanya hal ini terjadi pada laptop atau komputer yang memiliki 4 Slot RAM. Usahakan untuk memasang RAM tidak berdekatan, misal slot 1 dan slot 3. Pada gambar di atas, coba pasang RAM hanya pada slot berwarna merah.

Akhir Kata

Itulah dia Cara Menambahkan RAM pada Laptop. Secara garis besar, hampir enggak sulit sama sekali kok. Kuncinya adalah kamu mengetahui cara membongkar laptop kamu dengan benar. Selamat mencoba ya!

SUMBER:
jalantikus.com

, , ,
Previous Post
Cara Charge Baterai HP Dengan Cepat dan Benar
Next Post
Cara Kembalikan Pesan yang Terhapus di Android

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Menu