Cara Menambah RAM Komputer dengan Flashdisk

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Menambah RAM Komputer dengan Flashdisk
BlogInformasi Teknologi

Cara Menambah RAM Komputer dengan Flashdisk | Warung Komputer. Flashdisk merupakan salah satu perangkat tambahan komputer yang sering kita gunakan untuk menyimpan dan melakukan transfer data dari satu komputer atau laptop ke komputer atau laptop lainnya. Ukuran yang praktis dan kapasias yang cukup besaruntuk menampung sejumlah file seperti video, audio, dan file lainnya menjadi faktor yang membuat flashdisk ini sangat laku di pasaran. Selain dimanfaatkan sebagai media penyimpanan dan transfer data, ternyata flashdisk juga bisa kalian manfaatkan untuk menambah RAM komputer secara virtual yang bisa sedikit meningkatkan peforma komputer kalian. Nah, bagaimana cara menambah ram dengan Flashdisk? langsung aja simak pembahasan kali ini dan jangan lupa siapkan flashdisk kalian.

Cara Menambah RAM Komputer

Cara Menambah RAM Komputer dengan Flashdisk

Langkah-langkahnya antara lain:

  • Untuk bisa memanfaatkan flashdisk bekas kalian sebagai RAM Virtual, pertama-tama kalian harus mengakses Advance System Settings pada My Computer.
Cara Menambah RAM Komputer
  • Jika sudah, selanjutnya kalian perlu memilih tab Advance, kemudian pada bagian Performance, pilih Settings.
Cara Menambah RAM Komputer
  • Selanjutnya kalian akan melihat jendela baru terbuka dan di sini kalian harus sekali lagi memilih Advance. Pada bagian ini, kalian akan melihat pilihan Virtual Memory di bagian bawah. Nah, pilih Change untuk mengakses pengaturan Virtual Memory.
Cara Menambah RAM Komputer
  • Jika sudah masuk pada pengaturan Virtual Memory, pertama-tama uncheck pilihan yang berada di bagian paling atas. Setelah itu, pastikan flashdisk kalian sudah terbaca dengan melihatnya pada tabel daftar drive.
Cara Menambah RAM Komputer
  • Pilih flash disk kalian dan atur ukuran RAM Virtual yang kalian inginkan. Sebagai catatan, pastikan ukuran RAM yang kalian masukkan tersebut tidak melebihi ukuran free space dari flashdisk kalian. Contoh, jika flashdisk kalian ukurannya 2 GB dan free space-nya hanya 1,7 GB, maka kalian hanya bisa memasukkan sebesar 1,7 GB sebagain Virtual RAM.
Cara Menambah RAM Komputer
  • Selain itu, untuk mencegah masalah pada flashdisk kalian, kurangi lagi ukuran 1,7 GB tersebut sebesar 10-20 MB.

  • Setelah selesai melakukan pengaturan, pilih Ok dan lakukan restart untuk menerapkan pengaturan tersebut.

Akhir Kata

Itulah tadi cara mengubah flashdisk menjadi RAM atau lebih tepatnya Virtual RAM, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Meskipun tidak secara signifikan, paling tidak cara menambah ram dengan flashdisk ini dapat memberikan sedikit peningkatan peforma pada komputer kalian untuk melakukan berbagai aktivitas ringan di komputer kalian.

Sumber: Jalan Tikus

Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.
blank

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

blank
Tutorial Setting Proxy Server Di Windows
blank
DRmare M4V Converter Windows

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu