Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Online dan Offline

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Online dan Offline

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Online dan Offline

WarungKomputer.com-PDF adalah bentuk atau format file yang biasa kamu terima dan bersifat penting, misalnya tugas kuliah, CV, atau berkas penting dari bos kamu. Sayangnya, ukuran file yang besar kadang menyulitkan kita baik untuk mengunduh, mengedit maupun mengirim kembali file tersebut.

Untuk mengatasi persoalan di atas, kali ini Jaka akan kasih tips bagaimana cara memperkecil ukuran file PDF. Selain memudahkan pekerjaan atau tugas kamu, cara-cara berikut juga bisa meringankan beban PC atau menghemat data internet.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Online dan Offline

Ada dua cara yang bisa kamu terapkan untuk mengubah ukuran file PDF kamu yang awalnya besar, menjadi lebih kecil. Kamu bisa melakukannya secara online ataupun offline sesuai dengan kondisi kamu saat itu (misal: ada tidaknya internet).

Adobe Reader 11.0.10
Apps Office & Business Tools Adobe Systems Inc
DOWNLOAD

Kamu enggak perlu takut file PDF yang tergolong penting akan jadi rusak atau mengalami crashketika diperkecil karena cara berikut sangatlah aman. Sama-sama bisa kamu terapkan dengan mudah, berikut ini cara memperkecil ukuran PDF baik secara online maupun offline.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Online

Cara pertama adalah dengan menggunakan bantuan sebuah situs yang berisi layanan kompres file PDF bernama Kompres PDF. Selanjutnya, kamu tinggal ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Kompres PDF pada halaman https://smallpdf.com/id/mengompres-pdf/

  • Setelah muncul tampilan seperti pada gambar di bawah, kamu bisa mengambil file PDF yang ingin kamu perkecil dengan klik Pilih file yang ada di dalam kotak merah.

  • Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Online dan Offline
  • Setelah memilih, file kamu akan diunggah ke situs tersebut dan secara otomatis akan dikompres dan diperkecil ukurannya. Contohnya, seperti pada gambar di bawah, file PDF yang ukuran awalnya 7,25 MB diperkecil menjadi 5,31 MB.
  • Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Online dan Offline
  • Jika belum puas, kamu bisa klik MULAI KEMBALI untuk mengompres ulang. Jika sudah, kamu bisa langsung download file tersebut dengan klik Unduh File Sekarang.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Offline

Cara kedua jika kamu lebih memilih melakukannya secara offline alias tanpa jaringan internet, maka kamu bisa menggunakan Microsoft Word untuk memperkecil ukuran file PDF yang kamu anggap terlalu besar. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka Microsoft Word yang ada di PC atau laptop kamu. Untuk bisa melakukan cara memperkecil ukuran PDF, kamu membutuhkan Microsoft Word versi 2013 atau di atasnya.

  • Buka file PDF yang ingin kamu kecilkan. File PDF tersebut otomatis akan di-convert ke dalam bentuk Word.

  • Setelah muncul, simpan kembali file tersebut dengan memilih Save As. Ubah format file kembali menjadi bentuk PDF, lalu pilih More options… seperti pada gambar di bawah ini.

  • Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Online dan Offline
  • Pilih Minimum size (publishing online) untuk mengecilkan ukuran file PDF sebelum klik Save.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Online dan Offline

Akhir Kata

Itulah Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Online dan Offline yang bisa kamu lakukan baik secara online maupun offline. Dengan begitu, kamu enggak perlu lagi kesulitan menangani file PDF ‘berbobot’ besar. Selamat mencoba!

SUMBER:
jalantikus.com

, , ,
Previous Post
Cara Mengenali Aplikasi Palsu di Playstore
Next Post
Cara Update Android OTA Tanpa Kehilangan Root

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel Terbaru

Kategori Artikel