Cara Memilih Laptop Bekas yang Berkualitas

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Memilih Laptop Bekas yang Berkualitas

Cara Memilih Laptop Bekas yang Berkualitas

WarungKomputer.com-Laptop saat ini sudah menjadi kebutuhan dan sepertinya wajib dimiliki oleh siapa saja. Sebagai pendamping dalam melakukan aktivitas, tentu membeli laptop bekas menjadi pilihan utama buat kamu yang memiliki bujet terbatas.

Namun dalam memilih laptop bekas, kamu memerlukan trik khusus untuk mendapatkan Barang yang berkualitas. Alih-alih malah mendapatkan barang rusak dengan harga cukup mahal. Makanya berikut Jaka kasih tahu Cara Memilih Laptop Bekas yang Berkualitas biar kamu nggak nyesel guys!

Cara Memilih Laptop Bekas yang Berkualitas

 

Akhir Ka

1. Pilih Penjual Terpercaya dan Responsif

Pilih Penjual Terpercaya dan Responsif

Mencari laptop bekas memang lebih sulit dan tricky dibanding memilih smartphone bekas. Kamu harus lebih jeli dalam memilih penjual laptop bekas yang terpercaya dan punya track record yang bagus. Melihat testimoni pembeli bisa jadi langkah awal kamu guys.

Setelah kamu memilih penjual dan model laptop yang kamu cari, jangan lupa buat menanyakan ketersediaan barang yang kamu incar. Jangan lupa usahakan cari penjual yang responsif dalam membalas pesan dan pertanyaan dari pembeli.

2. Cek Spesifikasi dan Harga Laptop

Cek Spesifikasi dan Harga Laptop

Sangat penting bagi kamu untuk mengetahui spesifikasi dan harga rata-rata dari laptop bekas yang hendak kamu beli. Bandingkan spesifikasi dan harga yang kamu cari dengan deskripsi yang penjual sertakan dalam penjualan laptop.

Jadilah pembeli yang pintar. Pilih penjual yang menulis deskripsi produk secara jelas, baik itu spesifikasi serta plus dan minus dalam penjualan laptop bekas. Apabila kamu masih kurang paham, jangan ragu buat menanyakannya pada penjual.

3. Garansi dan Lama Penggunaan

Garansi dan Lama Penggunaan

Tips beli laptop bekas berikutnya adalah memastikan garansi laptop yang mau kamu beli apakah masih berlaku atau tidak. Namun dengan punya garansi resmi, resikonya harga yang kamu bayar terkadang tidak berbeda jauh dengan harga laptop dengan kondisi baru.

Dari sisi hardware, cek juga lama penggunaan laptop bekas. Pilihlah laptop bekas dengan rentang pemakaian yang cukup singkat, misal 2 hingga 4 bulan. Tanyakan juga penggunaan laptop sebelumnya, apakah hanya untuk pemakaian wajar atau gaming dan multimedia yang menguras kinerja ekstra.

4. Tanyakan Kelengkapan dan Bonus

Tanyakan Kelengkapan dan Bonus

Selain unit laptop bekas yang masih mulus, kamu juga harus memperhatikan kondisi kelengkapan atau aksesoris lain yang disertakan dalam penjualan. Pastikan semua aksesoris lengkap, seperti adapter charger, tas dan sebagainya.

Jika memungkinkan, tanyakan juga pada penjual apakah ada bonus dalam penjualan laptop bekas. Biasanya penjual laptop bekas akan menyertakan beberapa bonus seperti mouse, cooling pad, kontroler game atau aplikasi dan game.

5. Utamakan Cash On Delivery

Utamakan Cash On Delivery

Kamu yang hendak mengecek langsung kondisi barang, utamakan opsi Cash On Delivery (COD) saat proses pembelian. Pilih lokasi janjian yang aman dan dekat keramaian. Ajak juga teman kamu yang lebih mengerti laptop agar mudah dalam melakukan pengecekan.

Namun buat kamu yang sudah yakin dengan penjual dan spesifikasi laptop, kamu bisa memilih opsi pembayaran yang lebih aman. Selain transfer bank, kamu juga bisa menggunakan rekening bersama alias rekber. Berikan catatan packing ekstra, agar paket kamu aman saat proses ekspedisi.

6. Lakukan Pengecekan Kembali

Lakukan Pengecekan Kembali

Dengan melakukan Cash On Delivery, kamu dapat melakukan pengecekan secara langsung di hadapan penjual. Cek kondisi fisik seperti layar, tombol, dan port, kelengkapan laptop, serta semua fitur pada laptop bekas berfungsi dengan semestinya.

Bila kamu menemukan bagian yang tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan, coba tanyakan dan diskusikan dengan penjual. Kalau memang kecacatan cukup parah dan tidak bisa dinegosiasikan, barang tidak perlu diterima dan bisa kamu batalkan.

7. Jangan Lupa Beri Ulasan

Jangan Lupa Beri Ulasan

Terakhir kamu sebaiknya jangan lupa memberikan ulasan terhadap laptop bekas yang telah kamu beli. Untuk melakukannya kamu dapat dengan mudah menggunakan fitur-fitur yang biasanya sudah tersedia di beberapa e-commerce di Indonesia.

Berikan ulasan dengan jujur sesuai dengan kondisi barang, kesesuaian dengan deskprisi serta performa penjual dalam melayani kamu ya guys. Kamu sebagai pembeli senang, penjual laptop juga bakal senang dengan ulasan kamu.

Akhir Kata

Nah itu dia Cara Memilih Laptop Bekas yang Berkualitas. Pilihlah laptop bekas dengan spesifikasi dan kondisi yang cukup baik. Jangan lupa sesuaikan dengan budget kamu ya! Punya tambahan lain? Jangan lupa share sama Jaka pada kolom komentar ya!

SUMBER:
Jalantikus.com

, , ,
Previous Post
Cara Buka Smartphone yang Terkunci Oleh Factory Reset Protection
Next Post
Cara Mengembalikan Pesan Whatsapp yang Sudah di Hapus

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Menu