Cara Membuka Situs yang terblokir di Internet

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Membuka Situs yang terblokir di Internet
BlogTutorial Komputer

Cara Membuka Situs yang terblokir di Internet

WarungKomputer.com-Indonesia merupakan salah satu negara dengan peraturan tentang Internet paling ketat yang ada di dunia. Banyak daftar situs-situs yang menjadi korban keganasan peraturan tersebut dan akhirnya tidak dapat diakses di Indonesia.

Namun, ternyata ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengakses situs-situs yang terblokir tersebut. Mau tau bagaimana caranya? Inilah Cara Membuka Situs yang terblokir di Internet

Cara Membuka Situs Yang Terblokir Di Android

1. Gunakan Alamat IP

cara-buka-situs-yang-diblokir8

Situs yang diblokir biasanya disimpan sebagai daftar URL, dalam beberapa kasus ada kemungkinan kita bisa mengakses menggunakan alamat IP situs tersebut.

Menggunakan IP adalah cara sederhana untuk mengakses situs diblokir di wilayah kamu. Namun, jika website telah menyembunyikan IP juga, maka tidak akan dapat diakses dengan metode ini.

Misal JalanTikus bisa diakses dengan http://209.58.000.000/. Untuk mengetahui IP Address sebuah website caranya masuk ke command prompt (Start > Run > ketik: cmd > Enter) dan ketik ping nama_situs.com lalu tekan enter. Maka akan muncul alamat IP situs tersebut.

2. Gunakan VPN

cara-buka-situs-yang-diblokir6

Cara mudah lainnya untuk membuka situs yang diblokir oleh google adalah dengan menggunakan layanan VPN. Memungkinkan kamu untuk melewati trafik internet melalui koneksi yang dienkripsi.

Jadi, kamu dapat berselancar di dunia maya dengan aman. Ada banyak layanan VPN yang bisa kamu pilih, salah satu yang terbaik adalah aplikasi Opera VPN di Android dan iOS.

3. Menggunakan SSH

cara-buka-situs-yang-diblokir5

Selain VPN, kamu juga dapat menggunkan SSH. SSH atau Secure Shell berfungsi sebagai jaringan yang melindungi pertukaran data dari ancaman virus.

SSH dan VPN berbeda tapi memiliki karakteristik yang mirip. Perbedaannya terletak pada penggunaan pihak ketiga untuk proses SSH Tunneling.

Jadi, dengan menggunkaan SSH ini, kamu tak hanya bebas berselancar di internet tapi juga terlindungi. Caranya mudah kok guys, kamu dapat menggunakannya di HP.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Daftar akun SSH di situs fastssh.com, lihat cara mendaftarkan akun ssh di sini.
  • Unduh aplikasi KPN Tunnel Revolution
  • Login akun SSH kamu di KPN Revolution dan klik start.

Kamu dapat melihat cara lebih lengkap dan terperinci di artikel Jaka yang satu ini:

4. Menggunakan server DNS

cara-buka-situs-yang-diblokir4

Cara selanjutnya adalah dengan menggunkakan server DNS. DNS sendiri merupakan singkatan dari Domain Name System, fungsinya untuk mengubah IP address menjadi domain address.

Nah, untuk memiliki koneksi internet yang maksimal kamu dapat menggunakan DNS 1.1.1.1. Server yang dibuat sebagai wadah yang memberikan pengguna kesempatan memiliki koneksi internet lebih cepat.

Cara ini dapat kamu lakukan di berbagai perangkat, entah itu PC atau Android sekalipun. Caranya pun mudah guys, dengan mengubah DNS server pada PC atau HP kamu dengan:

  • Preferred DNS server: 1.1.1.1
  • Alternate DNS server: 1.0.0.1

5. Menggunakan Web Proxy

Kamu juga dapat mengakses situs diblokir dengan menggunakan web proxy. Web proxy merupakan situs yang menyediakan akses internet melalui server pihak ketiga.

Jaka menggunakan proxysite.com jika ingin membuka situs yang diblokir. Caranya mudah kok, hanya masuk ke situs yang Jaka sebutkan lalu masukan alamat situs yang ingin kamu kunjungi seperti gambar di bawah ini.

cara-buka-situs-yang-diblokir-1

6. Menggunakan Extension VPN Chrome dan Mozilla

Selain menggunakan aplikasi VPN yang harus kamu install terlebih dahulu di PC atau HP, kamu juga dapat menggunakan VPN yang bisa kamu pasangkan ke browser kamu di Chrome atau Mozilla.

Extension VPN Chrome – Untuk Chrome kamu tinggal mencari Browsec dan pasang ke browser.

cara-buka-situs-yang-diblokir-2

Extension VPN Mozilla – Untuk Mozilla cari Anonymox dan pasangkan juga di browser kamu.

cara-buka-situs-yang-diblokir-3

7. Gunakan Browser Opera

Browser Opera menjadi browser pertama yang menyediakan built-in VPN. Opera juga menyediakan pilihan yang sesuai untuk mengaktifkan atau menonaktifkan langsung dari address bar Opera.

Selain bisa dipakai untuk mengakses situs-situs yang dibatasi secara regional, VPN diklaim bisa melindungi browser saat menggunakan internet di WiFi publik. Penggunaan VPN juga bisa membuat akses ke sebuah situs lebih aman.

Akhir Kata

Nah, itulahCara Membuka Situs yang terblokir di Internet oleh penyedia internet di Indonesia. Perlu diingat, walaupun JalanTikus memberikan trik untuk mengaksesnya, gunakanlah cara tersebut dengan bertanggung jawab ya guys!

SUMBER:
jalantikus.com

Tags: , , ,
Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

Tips Membeli Smartphone Android Gaming yang Murah
Cara Mereset Windows 8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu