Cara Membedakan Powerbank Asli dengan yang Palsu

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Membedakan Powerbank Asli dengan yang Palsu

Cara Membedakan Powerbank Asli dengan yang Palsu

WarungKomputer.com-Masih hangat di internet kabar tentang pelarangan membawa powerbank ke dalam pesawat. Ini semua karena sebuah video yang beredar di mana ada powerbank yang terbakar di dalam kabin pesawat.

Nah, buat kamu yang ingin membeli powerbank, ada baiknya kita harus teliti dulu sebelum membeli. Karena, ternyata ada banyak powerbank palsu dan abal-abal yang beredar di pasaran lho. Selain merugikan kamu, membeli powerbank palsu dan abal-abal itu juga mengancam keamanan diri kamu lho.

Terus, bagaimana sih Cara Membedakan Powerbank Asli dengan yang Palsu? Yuk, langsung kita bahas.

Cara Membedakan Powerbank Asli dengan yang Palsu

1. Kapasitas yang Tidak Masuk Akal

Semakin berkembangnya zaman, pastinya para produsen powerbank juga akan menciptakan powerbank dengan teknologi yang semakin canggih, seperti kapasitas baterai powerbank itu sendiri. Namun, sampai sekarang kapasitas powerbank tidak ada yang lebih dari 30.000 mAh.

Maka dari itu, jika kamu melihat penjual yang menjual powerbank berkapasitas sampai 200.000 mAh, mending jangan percaya deh kalo itu powerbank asli. Kalo ada kapasitas yang segitu, itu mah bukan powerbank, tapi aki kering guys.

 

2. Harga yang Terlampau Murah

Siapa sih yang tidak akan tergiur dengan barang yang mempunyai harga murah? Tapi untuk urusan berbau baterai, jangan pernah main-main deh guys. Karena, baterai itu cukup berbahaya dan dapat memicu kebakaran hingga ledakan.

 

Jika kamu menemukan harga powerbank yang mempunyai kapasitas yang besar namun harganya sangat murah, sebaiknya kamu curigai terlebih dahulu. Jika yang menjual bukanlah toko resmi, mending kamu batalkan niat kamu untuk membelinya deh.

3. Berat Powerbank

Selain itu, kamu juga bisa menguji powerbank dengan cara menimbangnya. Jika powerbank yang ingin kamu beli mempunyai kapasitas yang besar namun beratnya sangat ringan, kamu perlu mencurigai powerbank tersebut

.

 

Logikanya, semakin besar kapasitas powerbank, maka semakin banyak juga baterai yang diperlukan oleh powerbank tersebut. Maka, semakin banyak baterai yang digunakan, berarti semakin berat juga powerbank tersebut.

4. Bahan Powerbank

Pastinya powerbank asli bakal mempunyai kualitas yang bagus, seperti terbuat dari bahan terbaik. Jika powerbank dibuat dengan bahan plastik, seharusnya dibuat dengan plastik yang tidak mudah pecah, dan jika powerbank dibuat dari bahan aluminium seharusnya tahan terhadap korosi dan tidak mudah karatan.

 

Selain itu, logo merek juga akan dicetak dengan terang dan dengan kualitas cetakan yang baik. Sehingga logo tersebut tidak mudah pudar dan juga tidak terkikis.

5. Garansi dan Review

Barang dan dibeli di gerai resmi pasti memiliki garansi resmi dari vendor powerbank tersebut. Jadi, ketika kamu membeli pastikan bertanya apakah powerbank tersebut memiliki garansi resmi dari vendor atau tidak.

 

Namun, jika kamu membeli powerbank tersebut secara online, ada baiknya kamu cek review barang tersebut terlebih dahulu. Jika banyak orang yang komplain dengan powerbank tersebut, lebih baik batalkan pembeliannya saja.

Akhir Kata

Nah, itulah Cara Membedakan Powerbank Asli dengan yang Palsu. Ada baiknya kamu selalu menghindari membeli powerbank palsu atau abal-abal ya guys. Karena, selain membahayakan smartphone-mu, powerbank palsu juga tidak ada jaminan keamanannya. Tentang bahaya powerbank palsu sendiri, akan kami bahas di lain kesempatan.

SUMBER:
jalantikus.com

, , ,
Previous Post
Cara Mengatasi Download yang Tertunda di Play Store
Next Post
Cara Merubah Kuota Chat Jadi Kuota Reguler

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Menu