Cara Mematikan TouchPad Laptop

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Mematikan TouchPad Laptop

Cara Mematikan TouchPad Laptop

WarungKomputer.com-Bagi kamu yang menggunakan mouse di laptop, seringkali touchpad / trackpad tidak langsung mati otomatis. Hal ini terkadang mengganggu karena jadi ada dua input untuk kursor. Untuk itu di artikel ini kami akan membagikan bagaimana Cara Mematikan TouchPad Laptop begitu mouse terpasang.

Cara Mematikan TouchPad Laptop

1. Mematikan Touchpad Laptop Melalui Tombol

Beberapa laptop telah dilengkapi dengan tombol untuk mematikan touchpad di keyboard. Misalnya saja di laptop Acer milik saya ada tombol untuk mematikan touchpad laptop dengan menekan Fn + F7. Kombinasi tombol yang sama juga bisa kamu gunakan untuk kembali mengaktifkan touchpad.

Perlu diketahui bahwa masing-masing laptop punya tombol untuk mematikan touchpad yang berbeda. Sebagai contoh Cara Mematikan TouchPad Laptop Asus tentu berbeda dengan cara mematikan touchpad di laptop Acer. Di sebagian besar laptop Asus, tombol fungsi untuk mematikan touchpad ada di F9. Jadi Cara Mematikan TouchPad di Laptop Asus bisa dilakukan dengan menekan Fn + F9. Silakan cek saja tombol mana yang memiliki logo icon menyerupai touchpad.

2. Mematikan Touchpad Laptop di Windows 10

Jika laptop kamu tidak dilengkapi tombol untuk mematikan touchpad, kamu bisa mematikannya melalui Settings Windows 10. Di Windows 10 kamu tinggal membuka Settings > Devices > Touchpad > lalu matikan opsi Leave touchpad on when a mouse is connected

Dengan begitu ketika mouse terpasang ke laptop, maka Windows 10 akan mematikan Touchpad secara otomatis.

3. Mematikan Touchpad Laptop di Windows 7 / 8.1 / 10

Selain menggunakan Settings, kamu juga bisa menggunakan Control Panel untuk mematikan touchpad laptop. Cara mematikan touchpad melalui Control Panel Windows ini bisa kamu aplikasikan di Windows 7 / 8.1 / 10.

Buka Control Panel > Hardware and Sound > dibawah opsi Device and Printers klik menu Mouse

Lihat tab yang terletak di sebelah paling kanan. Kini tergantung laptop kamu:

  • Untuk Synaptics Touchpad, buka tab Device Settings di paling kanan. Centang jika ada opsi Disable internal pointing device when external USB pointing device is attached. Dengan begitu ketika mouse terpasang maka Touchpad akan otomatis dimatikan. Tetapi jika kamu tidak menemukan opsi tersebut, maka yang bisa kamu lakukan adalah mematikan touchpad secara manual dengan klik Disable > Apply.
  • Untuk ELAN Touchpad, buka tab ELAN di paling kanan. Centang jika ada opsi Disable when external USB pointing device plug in. Dengan begitu ketika mouse terpasang maka Touchpad akan otomatis dimatikan. Tetapi jika kamu tidak menemukan opsi tersebut, maka yang bisa kamu lakukan adalah mematikan touchpad secara manual dengan klik Stop Device > Apply

Akhir Kata

Nah itulah Cara Mematikan TouchPad Laptop Asus, Acer, ataupun laptop Windows lainnya. Jika ada pertanyaan silakan disampaikan di kolom komentar.

SUMBER:
winpoin.com

, , ,
Previous Post
Cara Mematikan Sleep Otomatis di komputer
Next Post
Cara Mudah Memperkecil Ukuran File PDF

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Menu