Cara Mahir di CMD untuk Pemula | Warung Komputer

Cara Mahir di CMD untuk Pemula

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Mahir di CMD untuk Pemula
BlogInformasi Teknologi

Cara Mahir di CMD untuk Pemula | Warung Komputer. Command Prompt Commands atau CMD merupakan layanan pada sistem operasi yang bisa kalian gunakan untuk menjalankan berbagai perintah dengan tujuan tertentu seperti menstabilkan koneksi internet, menjalankan aplikasi dan sebagainya.

Cara Mahir di CMD

Cara Mahir di CMD untuk Pemula

Nah, untuk orang awam, melihat seseorang mahir menggunakan CMD seakan menjadi sesuatu yang mengagumkan. Maukah kalian terlihat sebagai jagoan komputer di depan teman-teman atau mungkin gebetan atau bahkan pacar kalian? Simak pembahasan kali ini terkait sejumlah perintah CMD yang akan membuat kalian terlihat seperti seorang jagoan komputer.

1. Membuka Kalkulator

Cara Mahir di CMD

Untuk mengakses kalkulator tentunya kalian harus mencari aplikasi tersebut melalui Start MenuOkelah, cara tersebut memang tidak begitu merepotkan namun bagaimana jika ada cara yang lebih mudah? Bagaimana? Kalian hanya perlu mengetikkan perintah calc di CMD.

2. Membuka Pengaturan Advance User Account

Cara Mahir di CMD

Jika kalian ingin mengakses pengaturan user account, tentunya kalian harus masuk terlebih dahulu ke Control Panel yang mana akan memakan waktu sekitar 6-10 detik dan sedikit merepotkan. Okelah, sebenarnya tidak terlalu begitu merepotkan namun bagaimana jika ada cara yang lebih cepat? Bagaimana? Kalian hanya perlu mengetikkan netplwiz di CMD.

3. Mengakses Disk Management

Cara Mahir di CMD

Kalian juga bisa menggunakan CMD untuk mendapatkan akses lebih cepat ke fitur disk management dengan menggunakan perintah diskmgmt.msc. Disk management sendiri berfungsi untuk melakukan partisi, format, defragmentasi, dan lain sebagainya pada hard disk kalian.

4. Membuka Notepad

Cara Mahir di CMD

Jika kalian ingin membuat sejumlah catatan, tentunya kalian akan menggunakan notepadketimbang aplikasi Office yang akan memakan waktu lama untuk terbuka. Nah, agar lebih praktis kalian hisa menggunakan perintah notepad.

5. Membuka Sticky Notes

Cara Mahir di CMD

Ingin membuat catatan singkat yang bisa kalian lihat terus-menerus di desktop? Tentunya kalian akan memilih menggunakan Stick Notes yang bisa kalian akses lebih cepat dengan mengetiikan perintah stikynot di cmd.

6. Membuat Jaringan WLAN

Cara Mahir di CMD

Ingin bermain game menggunakan jaringan WLAN dengan teman kalian? Gampang, tinggal ketikkan perintah (netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=masukkan nama jaringan WLAN yang ingin kalian buat key=masukkan password untuk jaringan WLAN yang ingin kalian buat).

Sumber: Jalantikus

Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

Tips Mempercepat Google Crome
Tips Mengaktifkan Dark Mode di Microsoft Edge

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu