Cara Ganti Background Foto dengan aplikasi Photoshop

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Ganti Background Foto dengan aplikasi Photoshop

Cara Ganti Background Foto dengan aplikasi Photoshop

WarungKomputer.com-Berbekal aplikasi Adobe Photoshop, saat ini kamu bisa melakukan berbagai kreasi mulai dari mengedit bahkan memanipulasi foto. Nah, ternyata banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi edit foto ini.

Makanya berikut kami hendak menjelaskan secara lengkap Cara Ganti Background Foto dengan aplikasi Photoshop khususnya buat kamu yang masih pemula, guys.

Cara Ganti Background Foto dengan aplikasi Photoshop

Dengan mengikuti tutorial Photoshop berikut, kamu diharapkan bisa mengganti background alias latar belakang foto sebebasnya sesuai dengan kreativitas kamu. Sebelumnya, jangan lupa untuk instal aplikasi Adobe Photoshop dulu ya.

Langkah Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Langkah – 1

Pertama kali tentu kamu harus membuka aplikasi Adobe Photoshop. Selanjutnya masukkan foto dengan menggunakan menu File – Open – Pilih Foto. Terakhir, klik Open untuk mulai mengedit foto di Photoshop.

Langkah 1 - Cara Mengganti Background Foto

Langkah – 2

Jangan lupa untuk mengubah layer Background menjadi Layer 0 dengan melakukan klik dua kali pada layer background. Jika muncul jendela New Layer, klik OK untuk melanjutkan proses.

Langkah 2 - Cara Mengganti Background Foto

Langkah – 3

Selanjutnya adalah langkah terpenting adalah melakukan seleksi foto. Pada toolbar, pilih Lasso Tool (shortcut tombol L) dan tahan hingga muncul tiga pilihan tool lainnya. Untuk memudahkan pekerjaan, Jaka sarankan untuk menggunakan Magnetic Lasso Tool.

Langkah 3 - Cara Mengganti Background Foto

Langkah – 4

Kamu bisa langsung melakukan seleksi pada objek yang hendak ditampilkan. Ikuti bagian pinggir pada foto hingga mengelilinginya. Saat melakukan seleksi, kamu bisa klik pada bagian tertentu untuk memberikan anchor point. Jika hendak menghapus anchor point yang salah, tekan tombil Delete.

Langkah 4 - Cara Mengganti Background Foto

Langkah – 5

Setelah selesai melakukan seleksi, akan muncul garis putus-putus yang bergerak. Langkah selanjutnya yang mesti dilakukan adalah membalik seleksi dengan klik menu Select – Inverse. Kemudian tinggal tekan tombol Delete guys.

Langkah 5 - Cara Mengganti Background Foto

Langkah – 6

Beginilah hasil background yang sudah terhapus dan menjadi transparan. Setelah itu kamu perlu menghilangkan garis seleksi dengan menekan tombol shortcut Ctrl + D.

Langkah 6 - Cara Mengganti Background Foto

Langkah – 7

Kemudian, barulah kamu memasukkan background alias latar belakang yang diperlukan. Klik dan drag file foto pada Windows Explorer ke jendela Adobe Photoshop yang sedang kamu buka.

Langkah 7 - Cara Mengganti Background Foto

Langkah – 8

Setelah itu, kamu tinggal mengatur ukuran background dengan melakukan perbesaran secara proporsional. Klik dan drag pada bagian ujung foto sambil menekan tombol Shift + Alt. Jika sudah, tinggal klik dua kali pada foto atau tekan ikon centang di bagian atas.

Langkah 8 - Cara Mengganti Background Foto

Langkah – 9

Oh iya, jika sudah dirasa pas, kamu tinggal memindahkan posisi layer background menjadi di bawah foto yang telah kamu seleksi. Pada jendela Layer, kamu tinggal klik dan drag ke bagian bawah. Jika dirasakan belum pas, kamu bisa menggeser posisi background sesuai dengan keinginanmu.

Langkah 9 - Cara Mengganti Background Foto

Langkah – 10

Terakhir, kamu bisa menyimpan foto hasil editan melalui menu File – Save As (shortcut Ctrl + Shift + S). Jangan lupa untuk mengganti tipe file pada kolom Save as type dan isi File Name. Selanjutnya tinggal tekan Save deh!

Langkah 10 - Cara Mengganti Background Foto

Hasil Tutorial Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Berikut adalah hasil yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti tutorial cara mengganti background foto seperti yang Jaka sudah jelaskan di atas. Jika kamu berlatih lagi, kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi kok!

Hasil Tutorial Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Akhir Kata

Nah, itulah Cara Ganti Background Foto dengan aplikasi Photoshop yang sudah kami jelaskan selengkapnya di atas. Menurutmu tutorial Photoshop seperti ini berguna dan perlu ditambah nggak, guys? Makanya jangan sungkan untuk berikan pendapatmu pada kolom komentar ya!

SUMBER:
jalantikus.com

, , ,
Previous Post
Cara Percepat Koneksi Internet di Android
Next Post
Cara Download Video Facebook di PC

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Menu