Cara Biar Laptop Tidak Cepat Rusak

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Biar Laptop Tidak Cepat Rusak
BlogTutorial Komputer

Cara Biar Laptop Tidak Cepat Rusak

WarungKomputer.com-Kamu pasti sering membuka artikel kami dong. bagi kamu yang mempunyai laptop kamu harus membaca artikel ini lebih lanjut agar laptop tidak cepat rusak.

Laptop biasanya digunakan untuk mengerjakan tugas dan lebih mudah dibawa kemana-mana daripada PC. Jaman sekarang ini sepertinya lebih banyak orang yang memilih menggunakan laptop ketimbang komputer karena mudah dibawa mobilisasi. Untuk para pengguna aktif laptop, berikut ini Cara Biar Laptop Tidak Cepat Rusak

Cara Biar Laptop Tidak Cepat Rusak

1. Jangan membebani laptop

Membebani laptop atau menaruh barang di atas laptop adalah suatu hal yang buruk. Hal itu akan membuat goresan pada layar laptop kamu. Sebaiknya perhatikan saat kamu menaruh barang, di bawahnya ada laptop atau tidak? Kamu juga harus berhati-hati saat duduk di sofa ataupun loncat ke atas kasur. Siapa tahu di situ ada laptop kan, jadi kamu harus menyimpan laptopmu dengan baik.

2. Jangan menaruh laptop di tempat yang sempit

Agar laptop tidak cepat rusak, kamu harus memberi tempat untuk laptop yang cukup besar. Karena tempat yang terlalu sempit akan menimbulkan tekanan yang merusak laptop. Sebaiknya saat memasukkan laptop jangan memaksakan kalau tempatnya tidak cukup. Bawalah barang-barang secukupnya saja.

3. Jangan menaruh laptop di suhu ekstrem

Perhatikan letak laptop kamu. Apakah ada di tempat panas atau dingin. Kamu sebaiknya menghindari suhu terlalu panas dan terlalu dingin. Karena ada komponen laptop yang dipengaruhi oleh suhu. Jangan ditaruh di sorotan langsung sinar matahari dan jangan meninggalkan laptop di mobil saat parkir di bawah terik matahari. Suhu yang direkomendasikan untuk laptop ialah 5-35 derajat Celcius. Ketinggian yang direkomendasikan untuk laptop bekerja adalah di bawah 2500 mdpl.

4. Menyimpan laptop dengan baik

Sebaiknya kamu perhatikan penyimpanan laptop kamu. Jika kamu akan menyimpan laptop dalam waktu lebih dari 1 minggu sebaiknya lepaskan baterai dan tempatkan baterai di tempat bersikulasi udara yang baik. Beri silikon gel agar tidak berjamur. Saat mau digunakan kembali, isi baterai lalu kosongkan lagi sampai 3 kali untuk mencegah laptop rusak.

5. Hindari medan magnet di dekat laptop

Jangan meletakkan barang barang yang memiliki medan magnet di dekat laptop. Misalnya speaker tanpa pelindung (Unshielded Speaker System) atau handphone. Jika kamu menggunakan hostpot portable di smartphone kamu paling tidak jarak antara laptop dengan HP sejauh 15cm.

6. Gunakan Stabilizer

Saat kamu menggunakan laptop tanpa baterai sebaiknya gunakanlah stabilizer atau penyetabil tegangan listrik. Hal ini juga bermaksud agar laptop kamu mendapatkan listrik yang stabil.

7. Mematikan dengan benar

 

 

Jangan mematikan laptop dengan paksa. Jangan sering sering mematikan laptop dengan melepas baterainya. Dan pastikan Harddisk sudah mati sebelum kamu mematikan laptop.

8. Hindari permukaan empuk

Jangan bermain laptop di permukaan yang terlalu empuk (sofa, kasur, tumpukan baju, dan lainnya) sehingga laptop kamu terlihat agak tenggelam. Hal itu akan menghambat sirkulasi pada laptop sehingga membuat laptop overheat.

9. Perhatikan engsel monitor

Jangan menutup laptop dengan terlalu keras, dan juga sebaliknya, jangan membuka laptop terlalu keras. Itu akan menyebabkan kerusakan pada engsel monitor.

10. Jangan membongkar laptop sendiri

Membongkar laptop sendiri adalah hal yang sangat bodoh. Kecuali kamu ahli terhadap hal itu. Sebaiknya perbaiki laptop di service center atau orang yang ahli mereparasi laptop. Jika kamu membongkar sendiri kamu akan mengalami hal fatal dan laptop kamu makin rusak.

SUMBER:
jalantikus.com

Tags: , , ,
Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

Cara Menggunakan Fitur Near Share Windows 10
Cara Memperbaiki Keyboard yang Tidak Berfungsi Di laptop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu