Berikut Perbedaan Thunderbolt 3 dengan Port USB, Sama Tapi Beda

  1. Home
  2. Blog
  3. Berikut Perbedaan Thunderbolt 3 dengan Port USB, Sama Tapi Beda
BlogInformasi Teknologi

Berikut Perbedaan Thunderbolt 3 dengan Port USB, Sama Tapi Beda | Warung Komputer. Teknologi sudah berperan banyak dalam kehidupan manusia. Tentu perkembangannya memang terasa begitu besar.

Berikut Perbedaan Thunderbolt 3

Berikut Perbedaan Thunderbolt 3 dengan Port USB, Sama Tapi Beda

Teknologi sudah berperan banyak dalam kehidupan manusia. Tentu perkembangannya memang terasa begitu besar. Dari yang kita harus mengirim surat untuk berkomunikasi hingga menggunakan smartphone seperti sekarang ini. Tentu bisa jadi ketika di masa mendatang nanti smartphone sudah tak ada dan digantikan dengan teknologi terbaru yang lebih canggih. Ya, disadari atau tidak teknologi membawa perubahan besar. Tetapi kali ini bagian terkecil dari teknologi adalah thunderbolt 3 yang menggunakan bentuk dan desain sama persis dengan USB. Lalu apa bedanya?

Ada persamaan dan ada juga perbedaan yang dimiliki keduanya. Persamaan ini ada di dalam spesifikasi konektor yang sama. Sementara dari segi bedanya adalah fitur yang digunakan di dalamnya. Port USB dan thunderbolt 3 ini memang berbeda. Kalau kamu ingin tahu bagaimana perbedaan yang mencolok diantara kedua teknologi ini, coba perhatikan kecepatan transfer dari keduanya.

Berikut Perbedaan Thunderbolt 3

1. Kecepatan Transfer

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa salah satu fitur yang menjadi perbedaan dari UBS dengan thunderbolt 3 adalah kecepatan transfer. Kalau kamu ingin transfer data, kecepatan thunderbolt mencapai 10 Gbps. Sehingga kecepatan ini dinamakan super karena mampu mencapai sekitar 5 Gbps. Bisa membayangkan bagaimana kecepatan transfer thunderbolt 3 ini? Memang thunderbolt 3 merupakan konektor tercepat namun ada hal yang juga harus kamu tahu.

Masih ada beberapa fitur yang membedakan. Seperti port thunderbolt 3 yang mendukung adanya konektor USB-C dan juga semua perangkat USB-C lainnya. Tapi tak semua konektor memiliki desain khusus yang dibuat untuk teknologi thunderbolt 3. Memang serupa tapi sekali lagi, thunderbolt ini tak sama dengan port USB.

2. Spesifikasi

Thunderbolt menggunakan bentuk dan desain yang sama persis dengan USB. Tetapi hal ini tak menunjukkan bahwa mereka benar-benar sama. Kedua perangkat ini tentu saja memiliki perbedaan dari segi spesifikasi. Kalau USB-C memiliki spesifikasi konektor baru yang diperkirakan bisa menjadi standar industri baru dari USB tetapi thunderbolt tak begitu. Konektor USB-C bisa tersambung e port thunderbolt 3 tanpa butuh adanya colokan adapter.

Teknologi yang dimiliki keduanya ini berbeda. Maka dari itu tak semua bentuk dan desain yang sama memiliki teknologi ataupun spesifikasi sama persis. Baik itu thunderbolt 3 ataupun USB menggunakan teknologi yang berbeda.

Berikut Perbedaan Thunderbolt 3

3. Kabel Thunderbolt dan USB-C Berbeda

Ada satu hal lagi yang harus diketahui bahwa tak semua kabel thunderbolt 3 atau USB-C ini dibuat sama. Ada dua tipe kabel dari USB-C yaitu aktif dan pasif. Sementara harga kabel dari pasif ini dirasa lebih murah serta bisa mencapai transfer data yang mencapai 40 Gb/s kalau panjangnya 0.5 m. Bisa juga kuran dan 20 Gb/s kalau lebih dari 0.5 m. Kabel aktif ini bsia mencapai transfer data sampai 40 Gb/s dengan panjang sekitar 2 m.

Seperti yang banyak diperbincangkan bahwa thunderbolt 3 ini menawarkan tingkat koneksi yang lebih cepat dan sederhana. Baik untuk kantor ataupun rumah. Thunderbolt sendiri memiliki kemampuan dalam meningkatkan prduktivitas yang bisa menghubungkan beberapa layar ataupun perangkat melalui satu port yang ringkas. Juga bisa dengan menikmati grafis yang berkinerja tinggi di laptop yang tips dan ringan.

Belum lagi, thunderbolt juga diketahui memiliki rangkaian dari prosesor inter core generasi ke 8 atau prosesor intel core vPro. Memang, thunderbolt bisa lebih mengoptimalkan kinerja PC yang kamu miliki. Mereka para pembuat thunderbolt ini membuat perbedaan yang cukup mencolok dari USB. Adanya kecepatan hingga 8x lebih cepat daari USB 3.0. Mereka menyediakan bandwith video 4x lebih banyak jika dibandingkan dengan HDMI 1.4 yang membantu kita bekerja ataupun bermain menjadi lebih efisien. Kamu akan dipermudah dalam mengoneksikan satu kabel yang mudah pada layar, dock serta mengisi daya sistem.

Tak banyak yang tahu bagaimana thunderbolt 3 dan juga port USB ini berbeda dalam sebuah teknologi. Cara mudah untuk mengetahui perbedaannya adalah pada kecepatan transfer. Thunderbolt 3 dan port USB menjadi bagian dari perkembangan teknologi yang tak bisa dihindari. Kamu bisa mendapatkan performa mutakhir dari inti pusat data sampai pada tepi jaringan dengan produk terkemuka.

Sumber: ohayo.co.id

Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

Peningkatan Layanan Data Operator Saat Pemilu 2019
Asus Zenfone Live L2 Dirilis, Berikut Spesifikasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu