Apa itu Android One?

  1. Home
  2. Blog
  3. Apa itu Android One?
Blog

Apa itu Android One? I WarungKomputer

Apa itu Android One

Android One sebenarnya adalah program dari Google yang merangkul manufaktur untuk merilis smartphone dengan standar yang sudah ditentukan Google. Jadi kalo ada ponsel Android One, maka dipastikan hadir dengan pure Android experience, built-in dengan aplikasi Google, nggak ada bloatware dan duplicate apps dari manufaktur, nggak ada skin aneh-aneh, dan services aneh2 lain — kecuali yang memang sudah ditanamkan oleh Google.

Tujuannya adalah menghadirkan smartphone dengan experience Android sesuai dengan standard Google. Jadi semua ponsel Android One yang dirilis oleh manufaktur apapun bakal memiliki experience dan tampilan Android yang sama, begitu juga dengan aplikasi bawaannya.

Jadi jangan salah ya, Android One ini bukan versi dari Android seperti Android Oreo, Android Pie, dan sebagainya — tetapi merupakan sebutan bagi smartphone yang menghadirkan experience Android sesuai dengan standar Google di program Android One.

Kelebihan Android One

Lalu apa kelebihan Android One dibanding dengan custom Android besutan manufaktur lainnya?

Pertama tentu adalah experience dari Pure Android yang simple, cepat, nggak aneh-aneh. Dan karena experience yang cenderung sama, saat kamu beralih dari satu device Android One ke device Android One lain, pasti bakal langsung familiar.

Kedua adalah tidak adanya bloatware apps dan duplicate apps. Kalo kamu pernah beli ponsel Samsung misalnya, udah ada aplikasi Photos masih ada aplikasi Gallery, udah ada play store masih ada samsung store, dan seterusnya. Di Android One kamu gak bakal nemuin duplicate apps kayak gini, karena aplikasi bawaan hanyalah aplikasi dari Google, tanpa ditambah aplikasi buatan manufaktur lainnya. Jadi hape Android One cenderung bebas bloatware.

Ketiga adalah performa, karena dengan tampilan simple pure Android, minim bloatware, dan minim services yang aneh-aneh dari manufaktur, maka ponsel Android One bisa punya performa lebih baik daripada ponsel yang menggunakan ROM custom manufaktur yang optimasinya kurang begitu baik.

Keempat ada jaminan update yang lebih baik, meskipun pada prakteknya beberapa manufaktur Android One merilis update mayor yang lambat, tetapi Google menjamin ponsel Android One bakal rutin dapet security updates, sehingga dijamin lebih aman dari beberapa manufaktur yang mungkin malas merilis update.

Tetapi banyak kelebihan bukan berarti nggak ada kekurangan. Beberapa Android custom manufaktur seperti MIUI, Samsung Experience, dan yang lainnya punya fitur ekstra seperti duplicate apps, hidden apps, dll — yang mungkin nggak ada di Android One.

Nah itulah dia penjelasan tentang apa itu Android One, beserta kelebihan dan kekurangannya, semoga bermanfaat. Sampaikan aja di kolom komentar kalo kamu punya tambahan atau pertanyaan seputar Android One.

Sumber:

droidpoin

Tags:
Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

blank
4 Tips untuk Mengoptimalkan Android Oreo
blank
Xiaomi Mi A2 atau Realme 2 Pro?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu